Wisata Kuliner Seru di Semarang dan Solo saat Liburan Akhir Tahun

Saat liburan akhir tahun, tak lengkap jalan-jalan tanpa menikmati kuliner khas dari kota yang kamu kunjungi. Seperti saat berada di Semarang dan Solo misalnya, di daerah ini tentu punya banyak makanan khasnya.

Semarang dan Solo merupakan daerah yang menyimpan suguhan kombinasi kuliner yang unik, karena memadukan keindahan sejarah dan kearifan lokal. Nah berikut ini adalah rekomendasi kuliner legendaris yang ada di Jawa Tengah seperti dilansir Pesona Indonesia:

1. Soto Bokoran

Soto ayam yang berada di Semarang ini sudah ada sejak 1949. Kamu bisa mengunjunginya di Jl. Plampitan No. 55 Kota Semarang.

Soto ini memiliki citrasa gurih dan manis. Menariknya, kuah sotonya merupakan racikan yang salah satunya menggunakan kuah sate.

2. Nasi Gudeg Mbak Tum

Masih di sekitaran Kota Semarang, kamu bisa mengunjungi Nasi Gudeg racikannya Mbak Tum. Menu andalan di sini adalah gudeg kopyor yang lembut, serta lontong opor yang gurih di kuahnya.

Warung ini berdiri sejak 1991 dan berada di Jl. Peterongan. Sementara Nasi Gudeg Mbak Tum juga punya cabang di Jalan Majapahit dan Purwodadi.

3. Nasi Gandul Mbak Tini

Berjualan sejak 1993, Nasi Gandul Mbak Tini terkenal karena ada jeroan sapi, seperti babat, iso, paru hingga telur sebagai lauknya.

Nasi Gandul merupakan makanan khas Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tapi dijajakan di Jl MT. Haryono Wonodri, Semarang Selatan.

4. Nasi Liwet Mbok Mami-Mbak Kus

Setelah puas menjelajahi kuliner di Semarang, waktunya merapat ke Solo. Di sini ada Nasi Liwet Mbok Mami-Mbak Kus yang menjadi tujuan kuliner yang wajib kamu kunjungi.

Nasi Liwet Mbok Mami-Mbak Kus berada di Jl. Dr. Rajiman, Sondakan, Laweyan Solo. Warungnya buka dari jam 8 malam hingga jam 1 dini hari WIB.

5. Sate Kambing & Tengkleng Pak Manto

Sate Kambing Tengkleng Pak Manto merupakan pioner Tengkleng di Kota Solo. Sebab memiliki menu khas, Tengkleng Rica.

Sate Kambing Tengkleng Pak Manto sudah berdiri sejak 1990. Awalnya sebuah kedai kecil di Pasar Kembang Surakarta. Kemudian pindah ke Jalan Honggowoso nomo 36, yang kini menjadi destinasi wisata kuliner favorit di Solo.

sumber: medcom.id

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar