Wisata Pantai yang Estetik dan Eksotis di NTT dari Labuan Bajo Hingga Pulau Sumba

Provinsi Nusa Tenggara satu dari 38 provinsi di Indonesia. Alam yang indah menjadikannya sebagai surga wisata di Nusantara.

Tersebar dari ujung barat Flores, Flores Timur, Pulau Lembata, Pulau Alor, Pulau Sumba, Pulau Sabu hingga ujung selatan Pulau Rote.

Alam yang kian cantik, eksotis dan estetik dalam bingkai foto hingga megah dalam rekaman video. Pantai-pantai di setiap wilayahnya penuh pesona.

Memilki keindahan yang terukir sempurna. Tak heran bila tempat-tempat tersebut menjadi tujuan wisata.�Berwisata ke pantai-pantai yang direkomendasikan ini menjadikan pengalaman liburan yang berkesan.

Tak sekadar untuk berburu foto yang estetik tetapi wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas yang menarik.

Hamparan garis pantai dengan ciri khasnya masing-masing tak membuatmu jemu untuk datang berulang kali. Berikut rekomendasi tempat wisata pantai di NTT yang bisa dikunjungi saat liburan:

1. Pink Beach Labuan Bajo

PANTAI- Pink Beach di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur. (TRIBUNFLORES.COM/HO-INDRA SEPTIAN AZHARI)

PANTAI- Pink Beach di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur. (TRIBUNFLORES.COM/HO-INDRA SEPTIAN AZHARI)© Disediakan oleh Tribun Flores

Pink Beach atau Pantai Pink di Labuan Bajo salah satu tempat wisata yang tak pernah sepih dengan kunjungan wisatawan.

Pantai Pink Labuan Bajo ini terletak di Pulau Komodo, Desa Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Pink Beach Labuan Bajo ini masuk dalam 7 Pink Beach yang ada di dunia. Tempat wisata ini menawarkan spot wisata instagramble dengan panorama pasir eksotik yaitu berwarna pink.

Hamparan pasir berwarna pink sepanjang pantai berasal dari butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan terumbu karang berwarna merah yang sudah mati bernama Foraminifera atau Foram.

2. Pantai Walakiri Sumba

Pantai Walakiri di Sumba Timur yang indah dan cantik saat matahari terbenam. Khas dengan mangrove yang unik menjadi hidup saat cahaya jingga matahari langi sore. Sementara hamparan pasir putihnya dihiasi jajaran pohon kelapa di bibir pantai.

Cenderung tenang, Pantai Walakiri berada tak jauh dari pusat Kota Waingapu. Sekitar 24 kilometer, pengunjung dapat menyewa motor atau mobil dari Waingapu menuju ke Walakiri.

Pantai ini ramai didatangi wisatawan lokal maupun mancanegara. Saat sore hari pantai ini sangat cantik dan banyak wisatawan memotret pesona Pantai Walakiri.

3. Pantai Oetune

Pantai Oetune terkenal dengan padang pasir seperti di gurun pasir Timur Tengah. Pantai ini berada di Kabupaten Timor Tengah memiliki kawasan pasir yang membentang luas di bibir pantai.

Pasir pantainya lembut dipadu dengan gulungan ombak yang tak begitu besar. Di sekitarnya jajaran pepohonan lontar dan pohon kasuari melengkapi padang pasir Pantai Oetune.

Lokasi Pantai Oetune berada di Desa Tufanu, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Rute menuju Pantai Oetune jika berangkat dari Kota Kupang dengan melajukan kendaraan melintasi jalur lintas selatan.

Membutuhkan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam perjalanan. Meskipun memerlukan waktu yang tak sebentar, namun panorama alam di sepanjang perajalanan tak akan membuatmu bosan.

Terdapat petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu menuju Pantai Oetune, lokasinya berada tak jauh dari Pantai Kolbano. Jam operasional Pantai Oetune dibuka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam penuh.

4. Pantai Bwanna

Pantai Bwanna di Sumba memiliki pasir pantai putih dengan tebing yang mengelilingi pantai. Pantai ini masih alami dan sangat bersih.

Daya tarik dari pantai ini adalah batu karang berdiri kokoh dan lubang besar setengah lingkaran berada di bibir pantai. Bagi yang ingin berburu foto estetik, Pantai Bwanna tidak mengecewakan.

5. Pantai Batu Biru Ende

PANTAI- Tempat wisata Pantai Batu Biru, di Kabupaten Ende. (TRIBUNFLORES.COM/HO-IG MELISA TUANAKOTTA)

PANTAI- Tempat wisata Pantai Batu Biru, di Kabupaten Ende. (TRIBUNFLORES.COM/HO-IG MELISA TUANAKOTTA)© Disediakan oleh Tribun Flores

Pantai Batu Biru, objek wisata pantai yang terletak di Penggajawa, Nangapanda, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pantai Batu Biru memiliki daya tarik berupa bongkahan batu yang terdapat di pesisir pantai.

Tak hanya hijau, batuan di pantai ini juga ada yang berwarna biru, ungu kuning, merah dan ada juga yang berlapis warna.

Banyak bentuk batuan yang bisa ditemukan di kawasan pantai ini, seperti bentuk segitiga, kotak, bundar, dan juga lonjong.

6. Pantai Koka

PANTAI KOKA-Pantai Koka satu dari serpihan surga tersembunyi dari Pulau Flores ini terletak di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. (TRIBUNFLORES.COM/HO-ARNAUD DUPREZ)

PANTAI KOKA-Pantai Koka satu dari serpihan surga tersembunyi dari Pulau Flores ini terletak di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. (TRIBUNFLORES.COM/HO-ARNAUD DUPREZ)© Disediakan oleh Tribun Flores

Pantai Koka satu dari serpihan surga tersembunyi dari Pulau Flores ini terletak di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Pesona Pantai Koka di Maumere, Kabupaten Sikka tidak perlu diragukan. Lanskap alamnya memuka wisatawan yang berkunjung. Tempat wisata ini salah satu destinasi favorit para wisatawan yang berlibur ke Pulau Flores.

Author: Ido Jour

Leave a Reply