10 Air Terjun Incaran Wisatawan di Bali, dari yang Tertinggi hingga yang Terindah

Air Terjun Nungnung, Badung

Air terjun Nungnung memiliki ketinggian 50 meter, menjadikannya salah satu air terjun tertinggi di Bali. Terletak di Banjar Nungnung Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, air terjun ini tetap mempertahankan keasrian alamnya meskipun banyak dikunjungi wisatawan.

Air Terjun Kanto Lampo, Gianyar

Air terjun Kanto Lampo terkenal dengan bentuknya yang unik seperti undakan-undakan bertingkat. Terletak di Jalan Kaliasem Banjar Kelod Kangin, Beng, Gianyar, air terjun ini menarik banyak wisatawan karena terlihat seperti lapisan tirai putih yang sangat instagrammable.

Air Terjun Tukad Cepung, Bangli

Air terjun Tukad Cepung berbeda dari air terjun pada umumnya karena terletak di dalam gua atau ngarai. Terletak di Jalan Tembuku, Kabupaten Bangli, pengunjung harus berjalan melalui jalur trekking penuh pepohonan dan jalan setapak selama sekitar 20 menit untuk mencapai air terjun setinggi 15 meter ini.

Air Terjun Banyumala, Buleleng

Air terjun Banyumala, juga dikenal sebagai air terjun Kembar, memiliki dua air terjun yang berdampingan. Terletak sekitar 10 menit dari Bedugul, air terjun ini membutuhkan perjalanan melalui jalur tersembunyi di balik bukit yang curam. Namun, keindahan pemandangan dan keasrian alam di sekitarnya membuat air terjun ini patut dikunjungi.

Air Terjun Leke-Leke, Tabanan

Air terjun Leke-Leke terletak di Banjar Kerobokan, Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Dikelilingi oleh vegetasi rimbun, air terjun ini cocok untuk siapa pun yang mencari lokasi wisata yang menenangkan. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah di bawah jam 12 siang, ketika matahari tidak terlalu terik dan suasana air terjun menjadi tenang, nyaman, dan menyegarkan.

Air Terjun Tegenungan, Gianyar

Air terjun Tegenungan terletak di tengah-tengah semak-semak, pepohonan rindang, dan pohon kelapa. Terletak sekitar 30 menit ke arah selatan Ubud, air terjun ini juga dikenal sebagai air terjun Kemenuh karena lokasinya di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Air Terjun Gitgit, Singaraja

Air terjun Gitgit terletak di Bali Utara, sehingga perjalanan menuju air terjun ini cukup jauh. Dengan ketinggian 48 meter, air terjun Gitgit merupakan salah satu air terjun tertinggi di Bali. Keunikan air terjun ini adalah arus airnya yang terbagi menjadi dua kolom karena terbelah oleh batu tebing.

Air Terjun Aling-Aling, Sambangan

Air terjun Aling-Aling memungkinkan pengunjungnya untuk berseluncur di air terjun setinggi 35 meter ini. Terletak di desa Sambangan, sekitar 22 menit dari air terjun Gitgit, air terjun ini memiliki debit air yang deras dan kolam sedalam sekitar 4 meter di bawahnya.

Air Terjun Sekumpul, Buleleng

Air terjun Sekumpul terdiri dari tujuh air terjun tinggi yang berkumpul di satu tempat. Terletak di Bebetin, Sawan, Kabupaten Buleleng, perjalanan menuju air terjun ini cukup sulit karena jalur yang licin dan harus menyeberangi sungai. Disarankan untuk meminta bantuan dari pemandu lokal agar perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.

Air Terjun Goa Reng Reng, Gianyar

Air terjun Goa Reng Reng terletak dekat dengan Goa Reng Reng. Meskipun masih belum banyak dikunjungi wisatawan, air terjun ini menawarkan lubang di bawahnya yang bisa digunakan untuk berendam. Konon, di dalam Goa Reng Reng yang tersembunyi terdapat mata air yang diyakini tidak akan pernah kering, bahkan saat musim kemarau. Airnya dianggap suci dan sering digunakan untuk membersihkan diri atau melakukan ritual adat.

Jika Anda mencari pengalaman alam yang menakjubkan di Bali, mengunjungi air terjun adalah pilihan yang tepat. Dari air terjun tertinggi hingga yang terindah, pulau ini menawarkan keindahan alam yang tak terlupakan. Nikmati keelokan alam Pulau Dewata dan temukan ketenangan di tengah pesona air terjunnya.

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar