10 Kuliner Khas Bangka Belitung, Ada Mi hingga Soto

Bangka Belitung terkenal dengan kekayaan lautnya yang indah. Jika kamu akan atau sedang mengunjungi daerah tersebut, jangan lewatkan juga untuk menikmati aneka kuliner khas.

Ada banyak cita rasa makanan dan minuman menggugah selera yang hanya bisa kamu temukan di Bangka Belitung. Simak rekomendasi kuliner khas Bangka yang wajib kamu coba berikut ini.

 

1. Teritip

Teritip merupakan sejenis siput laut yang biasanya dimasak melalui beberapa proses fermentasi menggunakan garam dan gula aren.

Kamu bisa menemui olahan teritip dengan irisan cabai, bawang merah, dan terasi.

2. Soto Belitung

Sama halnya dengan beberapa daerah di Indonesia, Bangka Belitung juga memiliki soto khasnya. Terbuat dari kuah santan yang gurih. Sebagai isiannya ada potongan kentang dan wortel.

3. Dudul agar

Tak hanya menu makanan mengenyangkan, kuliner khas Bangka Belitung yang selanjutnya ini termasuk dessert manis.

Biasanya, dudul agar digulung dan dibungkus plastik yang rapi dan cantik.

4. Nasi gemok

Nasi gemok khas Bangka Belitung dihidangkan dengan irisan cumi yang empuk.

Untuk nasinya, beras berkualitas baik dicuci bersih kemudian dicampurkan dengan santan kental. Selain dihidangkan dengan cumi, nasi gemok juga bisa dihidangkan dengan ikan asin.

5. Berego

Berego merupakan hidangan mirip lontong. Hanya saja, makanan khas Bangka Belitung yang satu ini terbuat dari tepung beras atau tepung sagu.

Biasanya berego dihidangkan dengan kuah sayur dan telur rebus.

6. Kupi belitong

Jangan lewatkan juga minuman khas Bangka Belitung yaitu kupi belitong. Minuman yang satu ini cocok dinikmati saat malam yang dingin.

Ada campuran kopi dan susu kental manis yang cocok untuk teman nongkrong dengan sepotong pisang goreng.

7. Mi koba

Mi koba bisa kamu temui di daerah Bangka Tengah. Ciri khas dari mi koba ini sendiri manis gurih. Ada penggunaan ikan tenggiri yang menambah gizi pada seporti mi koba.

8. Pantiaw

Pantiaw adalah makanan khas Bangka yang terbuat dari tepung gandum dan beras. Bentuknya mirip dengan mi gepeng, tetapi teksturnya lebih kenyal dan biasanya dihidangkan dengan irisan daun bawang, bawnag goreng, dan daging cincang.

9. Tai fu sui

Tai fu sui juga merupakan minuman khas Bangka Belitung yang populer. Bahan utama dari minuman ini adalah kacang kedelai. Biasanya, dihidangkan dan dinikmati dalam keadaan hangat.

10. Es Ayong

Es ayong merupakan kuliner khas Bangka yang sudah ada sejak tahun 1970an. Ada serutan es batu yang membuatnya segar dingin.

Sebagai isiannya, ada cincau, cendol, kolang-kaling, kacang merah dan parutan kelapa muda.

sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Leave a Comment