10 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Gratis, Cocok untuk Bersantai

Bandung menyuguhkan beragam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata beragam mulai dari wisata alam, wisata religi, hingga tempat wisata kekinian yang tentunya tidak boleh dilewatkan. Tak perlu khawatir jika tidak memiliki banyak uang, sebab di Bandung tersebar tempat wisata yang bisa dinikmati secara gratis alias tidak dikenakan biaya. Simak rekomendasi tempat wisata gratis di Bandung.

foto

foto© Disediakan oleh Tempo.co

Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Gratis

Destinasi gratis banyak dicari oleh para wisatawan saat rekreasi. Selain menghemat pengeluaran, keuntungan memilih tempat wisata gratis adalah wisatawan bisa mengalihkan budget untuk keperluan lain, seperti sewa hotel, kulineran hingga membeli oleh-oleh. Nah di Bandung, ada banyak tempat wisata gratis yang bisa di akses publik secara bebas. Merangkum berbagai sumber, berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung yang bebas biaya.

1. Alun-Alun Bandung

Saat berwisata ke Bandung, rasanya kurang lengkap apabila tidak mengunjungi alun-alun kotanya. Dengan hamparan rumput sintetis yang hijau, pengunjung dapat berkeliling sambil mencicipi berbagai kuliner dan jajanan di sekitar kawasan alun-alun.

Khusus malam minggu, ada pasar malam yang menghadirkan berbagai wahana menarik. Alun-Alun Bandung berlokasi di pusat kota, tepatnya di Jl. Asia Afrika, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

2. Taman Balai Kota Bandung

Rekomendasi tempat wisata gratis di Bandung kedua ada Taman Balai Kota. Bangunan Balai Kota Bandung dahulunya bernama Gemeente Huis. Sudah ada sejak zaman Belanda, gedung balai kota ini menjadi salah satu bangunan tertua paling ikonik di kota Bandung. Selain digunakan sebagai pusat pemerintahan, balai kota bandung juga kerap dijadikan area pertunjukan dan juga destinasi wisata.

Taman Balai Kota Bandung terletak di Jl. Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Buka setiap hari selama 24 jam.

3. Jalan Braga

Jalan Braga adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Bandung. Semenjak penataannya di era Wali Kota Ridwan Kamil, banyak wisatawan yang berkunjung mendatangi kawasan Jalan Braga. Di area Jalan Braga, banyak destinasi wisata yang bisa dicoba mulai dari pameran seni, spot foto unik, hingga beragam destinasi wisata kuliner yang tak patut dilewatkan.

4. Museum Konferensi Asia Afrika

Salah satu museum di kota Bandung yang bisa dijadikan tujuan wisata adalah Museum Konferensi Asia Afrika. Agar dapat masuk ke Museum Konferensi Asia Afrika, wisatawan tak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Kecuali, jika berkepentingan mengadakan acara prewedding, syuting film, dan sejenisnya.

Museum Konferensi Asia Afrika berlokasi di Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Buka tiap hari Selasa, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

5. Museum Gedung Sate

Museum Gedung Sate merupakan gedung tua peninggalan masa penjajahan. Meskipun saat ini digunakan sebagai komplek perkantoran pemprov Jawa Barat, Museum Gedung Sate populer di kalangan para wisatawan. Tempat ini sangat cocok menjadi destinasi liburan bersama teman dekat maupun keluarga tercinta.

Lokasi Museum Gedung Sate adalah di Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Buka setiap hari kecuali hari Senin.

6. Taman Film

Jika sedang mencari tempat wisata keluarga di Bandung, bisa berkunjung ke Taman Film. Di kawasan taman ramah lingkungan ini, buah hati bisa bermain sembari menikmati udara segar. Tiket masuk Taman Film gratis, pengunjung cukup mengeluarkan receh untuk membayar parkir.

Taman film terletak di bawah jembatan Pasupati, lebih tepatnya di Jl. Layang Pasupati, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Buka setiap hari selama 24 jam.

7. Taman Hutan Babakan Siliwangi

Taman Hutan Babakan Siliwangi, salah satu destinasi wisata alam paling recomended di Bandung. Kawasan hijau terbuka ini juga dikenal dengan Forest Walk Babakan Siliwangi. Dengan hamparan pemandangan hijau yang mempesona, pengunjung bebas bersantai sekaligus berkeliling hutan. Taman Hutan Babakan Siliwangi berlokasi di Jl. Tamansari No.90, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

8. Bukit Teletubbies Cicalengka

Bukit Teletubbies juga termasuk wisata alam di Bandung yang bisa diakses secara gratis. Dari atas bukit, pengunjung akan disuguhkan pemandangan atmosfer kota Bandung. Keindahan momen sunset dari atas bukit juga sangat epic untuk diabadikan kamera. Berlokasi di Tanjungwangi, Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

9. Masjid Pusdai

Wisata religi di Bandung yang bisa menjadi referensi adalah Masjid Pusdai. Selain shalat berjamaah, ada beragam jenis kegiatan ibadah yang diselenggarakan di Masjid Pusdai.Untuk masuk ke dalam masjid tidak dipungut biaya sepeserpun. Masjid Pusdai berlokasi di Jl. Diponegoro No.63, Cihaurgeulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat

10. Sanghyang Tikoro

Sanghyang Tikoro bisa dibilang hidden gem-nya kota Bandung. Letaknya yang berada di tengah hutan, menjadikannya kawasan wisata sangat asri. Daya tarik utama tempat ini ialah keberadaan goa purbakala unik dari tebing bebatuan karst. Air sungai mengalir deras di antara bebatuan goa. Terletak di Jl. PLTA Saguling, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata gratis di Bandung. Saat pas untuk mengisi momen liburan maupun akhir pekan.

sumber: tempo.co

Author: Gabs Art

Leave a Reply