10 Tempat Wisata di Jakarta yang Murah dan Seru untuk Jalan-jalan

Berbicara soal Jakarta pasti erat kaitannya dengan kemacetan dan gedung-gedung pencakar langit. Tapi di balik itu, Jakarta menyimpan beragam destinasi tempat wisata yang bisa dijadikan sebagai tujuan untuk mengisi waktu libur Anda.

Banyaknya tempat wisata di Jakarta membuat Anda tak melulu harus ke luar kota untuk sekedar menikmati suasana liburan. Ada beberapa pilihan tempat wisata di di Jakarta yang bisa dinikmati dan menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Tempat wisata di Jakarta punya beragam destinasi yang tersedia, mulai dari wahana hiburan, alam, taman, pantai, tempat bersejarah hingga tempat belanja. Destinasi tersebut juga tersebar di beberapa wilayah di Jakarta sehingga bisa disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal terdekat.

Tempat Wisata di Jakarta

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Jakarta yang bisa dijadikan pilhan untuk mengisi liburan atau melepas penat.

1. Wisata Alam Mangrove PIK

Taman wisata alam mangrove ini berada di Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK). Di sini terdapat ekosistem bakau yang mejadi habitat beragam jenis burung air. Selain menjadi tempat wisata, taman wisata ini berfungsi sebagai sarana pelestarian bakau. Harga tiketnya pun sangat terjangkau. Untuk orang dewasa dikenakan biaya Rp 25.000 sedangkan anak-anak Rp 10.000.

2. Hutan Kota GBK

Pengunjung bersantai sambil menikmati pemandangan gedung bertingkat di Hutan Kota GBK

Tempat wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin melepas penat dari keramaian Jakarta. Hutan kota ini merupakan wisata alam yang berada tepat di jantung Ibu Kota Jakarta. Suasana yang sejuk disertai pepohonan rindang biasa dimanfaatkan masyarakat untuk bersantai atau berolahraga ringan.

3. Taman Suropati

Taman ini berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Taman Suropati menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang bisa Anda nikmati untuk sekedar melepas penat dari hiruk pikuk keramaian Jakarta. Di taman ini Anda akan disuguhkan pemandangan tanaman-tanaman yang terpelihara dengan baik serta air mancur yang berada tepat di tengah taman.

4. Monumen Nasional (Monas)

Kurang lengkap rasanya apabila Anda wisata ke Jakarta tanpa berkunjung ke Monumen Nasional atau biasa disebut Monas. Monumen ini merupakan landmark dari Kota Jakarta sekaligus tempat bersejarah yang punya banyak arti. Di sini Anda bisa menemukan relief sejarah Indonesia, ruang Kemerdekaan dan bisa naik ke puncak tugu Monas untuk melihat pemandangan Jakarta.

5. Kampung Ondel-Ondel

Kampung Ondel-Ondel berada di Jalan Kembang Pacar, Jakarta Pusat. Tempat wisata ini merupakan rumah bagi komunitas seniman dan penampil ondel-ondel legendaris, yaitu Sanggar Betawi Mamit CS. Di sini Anda bisa melihat proses pembuatan ondel-ondel sambil mencicipu jajanan khas Betawi seperti dodol Betawi dan juga kerak telor.

6. Jakarta International Velodrom

Jakarta International Velodrome (Sumber: shutterstock.com)

Suasana Bagi Anda yang gemar berolahraga, tempat wisata di Jakarta yang satu ini bisa menjadi pilihan menarik. Jakarta International Velodrom berlokasi di Kawasan Pemuda Rawamangun. Di sini Anda bisa berwisata sekaligus olahraga di arena outdoor. Arena tersebut dapat digunakan untuk berbagai kegiatan olahraga seperti voli, bulu tangkis, futsal dan jogging.

7. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau Dufan yang berada di Kawasan Ancol, Jakarta Utara menjadi salah satu destinasi wisata paling favorit bagi masyarakat. Di sini Anda bisa menaiki beragam jenis wahana permainan, mulai dari yang santai hingga memacu adrenalin.

8. Sarinah

Sarinah merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta yang bersejarah. Sarinah menjadi pusat perbelanjaan pertama yang ada di Indonesia. Kini, Sarinah telah direvitalisasi dan hadir dengan wajah baru yang kekinian. Bukan hanya sebagai tempat belanja, Sarinah juga berfungsi sebagai area perkantoran, area kuliner serta ruang budaya.

9. Kota Tua

10 Tempat Wisata di Jakarta yang Murah dan Seru untuk Jalan-jalan© Disediakan oleh Tempo.coSejumlah warga berada di kawasan Kota Tua, Jakarta, Ahad, 25 Desember 2022. Libur Hari Raya Natal dimanfaatkan warga untuk berwisata di sejumlah lokasi Kota Tua seperti Museum Sejarah jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, hingga Museum Bank Indonesia. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini bisa dibilang menjadi destinasi wisata ikonik Ibu Kota. Kota Tua merupakan kawasan peninggalan zaman kolonial Belanda. Tentu, disini terdapat banyak sekali bangunan-bangunan peninggalan Belanda. Bukan hanya dikunjungi wisatawan lokal, Kota Tua juga jadi rujukan para wisatawan mancanegara.

10. Masjid Istiqlal

Jakarta juga menyuguhkan destinasi wisata religi bagi masyarakat, salah satunya adalah Masjid Istiqlal. Masjid ini berada di Jakarta Pusat dan merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid Istiqlal letaknya bersebelahan dengan Gereja Katedral. Letak keduanya yang saling bersebrangan merupakan simbol toleransi agama di Indonesia.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply