11 Tempat Kuliner di Kota Batu dan Malang yang Enak dengan Pemandangan Indah

Batu merupakan kota di Provinsi Jawa Timur yang menempuh jarak 1 jam 30 menit dari Malang. Kota Batu memiliki berbagai tempat wisata menarik seperti Batu Secret Zoo, Batu Love Garden, Taman Rekreasi Selecta, Coban Rondo, Air Terjun Coban Talun dan lainnya. Sebab itu pula banyak tempat kuliner hingga cafe-cafe menarik yang wajib dikunjungi wisatawan.

Begitu juga di Malang, yang terdiri dari kabupaten dan kota. Dua wilayah ini memiliki objek wisata alam menarik antara lain di Coban Rais, Pantai Balekambang, dan Pantai Mbehi.

Menatap keindahan tiga kota di Malang Raya yang dikenal dengan hawa dingin dan sejuk, sambil menikmati hidangan favorit, pastinya sangat luar biasa menyenangkan. Ada berbagai macam destinasi wisata dan tempat kuliner populer yang bisa dikunjungi bersama dengan teman-teman ataupun keluarga. Untuk itu, mari simak 11 tempat kuliner Batu dan Malang berikut ini.

1. Warung Kuliner (Wakul)

Warung kuliner memiliki berbagai fasilitas yang nyaman seperti tempat lesehan, tempat duduk menggunakan kursi, kolam ikan, tempat bermain anak-anak dan lainnya. Selain itu, Wakul ini menyediakan berbagai macam menu sambal pedas seperti sambal seperti sambal terasi, sambal matah, sambal bawang, sambal petai, sambal mangga, dan masih banyak jenis sambal lain. Tempat kuliner ini berada di Jl. Ir. Soekarno, Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur dan buka setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB.

2. Pos Ketan Legenda – 1967

Ketan Legenda di Batu Malang berdiri sejak 1967 yang memiliki lebih dari 10 varian menu ketan seperti rasa durian, keju, meses, pisang, nangka, susu kedelai, gula merah, dan lainnya. Tempat kuliner ini berada di Jl. Kartini No.6, Ngaglik, Sisir, Kecamatan Batu, Malang, Jawa Timur dan buka setiap hari pukul 10.00-00.00 WIB.

3. Warung Sate Hotplet Batu

Restoran keluarga yang wajib di kunjungi saat berada di Batu Malang yakni Warung Sate Hotplet Batu dengan rasa yang enak dan pelayanan yang super ramah. Tempat makan ini berada di Jl. Patimura No.40, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur dan buka setiap hari pukul 08.00-21.00 WIB.

4. Warung Bethania Batu

Warung bethania batu lokasinya dekat dengan alun-alun kota, memiliki harga standar dan tempatnya sangat cocok dijadikan destinasi kulineran sepuasnya. Tempat kuliner ini berada di Jl. Diponegoro No.103, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur dan buka setiap hari pukul 10.30-22.00 WIB.

5. Pupuk Bawang

Pupuk bawang merupakan tempat kuliner yang menghadap langsung ke kebun seledri. Menawarkan keindahan kebun seledri, gunung, dan kelap-kelip lampu perumahan penduduk membuat tempat ini wajib dikunjungi wisatawan. Pupuk bawang berada di Jl. Panglima Sudirman No.116, Pesanggrahan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur dan buka setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB.

6. Wisata Warung Wareg

Tempat kuliner selanjutnya menyediakan makanan tradisional berupa olahan gurame beraneka ragam, mulai dari gurame bakar hingga gurame asam manis. Wisata warung wareg ini berada di Jl. Raya Dieng No.9, Sidomulyo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur dan buka setiap hari pada pukul 10.00-20.30 WIB.

7. Omah Kitir Cafe

Omah kitir cafe merupakan tempat kuliner populer di Batu Malang karena memiliki bandungan ala Belanda yang masih sangat asri dan khas. Ada berbagai menu lezat yang bisa dicoba mulai dari pasta, pizza, steak, pancake, sandwich dan lainnya, Tempat kuliner ini berada di Jl. Ridwan No.1, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur dan buka setiap hari pukul 12.00-21.00 WIB.

8. Waroeng Lesehan Pring Pethuk

Tempat kuliner di Batu Malang yang memiliki kolam pancing, wisata berkuda, dan kebun binatang ini berada di waroeng lesehan pring pethuk. Tempat ini berada di Jl. Cemara Kipas No.Dalam, Sidomulyo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur yang buka setiap hari senin hingga jumat pukul 11.00-19.00 WIB dan sabtu serta minggu pukul 09.00-20.00 WIB.

9. Warung Sidik Batu

Bagi pecinta makanan berkuah, sudah semestinya mengunjungi warung sidik batu yang memiliki menu hidangan soto ayam, soto daging, gudeg, kare, krengsengan, kikil, ayam bumbu dan lainnya. Tempat kuliner ini berada di Jl. Agus Salim, Temas, Kec. Batu, Malang, Jawa Timur dan buka setiap hari pukul 07.00-18.30 WIB.

10. Toko Oen

Toko Oen merupakan restoran yang berdiri sejak 1930, bangunan cagar budaya ini selalu dirawat karena mengusung tema klasik khas Belanda. Toko Oen berada di Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur yang buka pukul 08.00-20.00 WIB.

11. Warung Sambal Bawang Mbok Djayus

Berlibur ke Kota Batu memang tidak boleh ketinggalan untuk kulineran di warung sambal bawang mbok Djayus yang memiliki beragam menu sambal rumahan seperti sambal bawang, sambal terasi, sambal matah, sambal mangga, sambal petai, sambal bledek, dan beragam sambal lainnya yang dipadukan dengan makanan sederhana khas rumahan mulai dari ayam, gorengan, ampela, dan ikan pindang. Tempat kuliner ini berada di Jl. Candi Sewu No.,6, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur yang buka setiap hari mulai pukul 11.00-04.00 WIB.

Nah itu dia 12 tempat kuliner Batu dan Malang legendaris yang harus dicoba wisatawan mulai dari warung kuliner, pos ketan legenda 1967, hingga depot sate landak bu Ria yang menggugah selera.

Sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Leave a Comment