14 Oleh-Oleh Khas Pati Mulai dari Camilan hingga Batik Bakaran

 Pati merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Kudus, Jepara, dan Laut Jawa. Oleh karenanya, tidak jarang banyak wisatawan dari luar kota yang melewati kota ini untuk sampai di kota tujuan. Sebagai wisatawan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba oleh-oleh khas Pati untuk diberikan pada saudara. Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Pati Oblong

Pati oblong adalah oleh-oleh kaos khas Pati. Namun tidak hanya kaos saja, ada beberapa produk lain seperti tas, gantungan kunci, sandal, hingga topi. Keunikan semua produk Pati Oblong ini yaitu desain tulisannya yang menggunakan dialek khas Pati.

2. Tape Gembong

Tape gembong merupakan salah satu makanan khas Pati yang bisa Anda bawa pulang. Hidangan ini terbuat dari bahan singkong yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan makanan bernama tape dengan tekstur yang lembut dan cita rasa yang manis.

3. Bandeng Presto Juwana

Bandeng Presto Juwana bisa menjadi oleh-oleh khas Pati untuk dibawa pulang. Nah, makanan dari ikan bandeng yang satu ini bisa diperoleh di daerah Juwana, yang merupakan pusat industri bandeng. Kelezatan bandeng asal Juwana ini menjadi populer dan berhasil mendominasi pasar bandeng presto Jawa Tengah, bahkan juga di Indonesia.

4. Gethuk Runting

Gethuk Runting. Foto: tic.patikab,go,id.

Ada juga makanan Gethuk Runting sebagai oleh-oleh khas Pati. Cita rasa gethuk ini manis, pulen, empuk namun sedikit lengket. Umumnya juga disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya dan serundeng. Gethuk ini juga bisa ditambah dengan celupan gula merah yang kemudian dibungkus dengan daun pisang.

5. Kue Moho

Kue moho merupakan termasuk kue khas Pati dengan tampilan mirip seperti bakpao. Makanan ini biasanya dihidangkan pada saat Imlek dan terbuat dari tepung, tape, gula pasir dan diberi pewarna makanan merah muda di bagian atasnya.

6. Jeruk Pamelo

Jika melihat secara sekilas, mungkin Anda akan mengira jeruk ini sama dengan jeruk Bali. Namun jeruk pamelo dari segi rasa, bentuk dan harganya berbeda dengan jeruk Bali. Bahkan banyak menyebut bahwa jeruk pamelo termasuk oleh-oleh khas Pati yang sayang jika dilewatkan.

7. Lepet Jagung

Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari jagung sebagai bahan utamanya. Jagung tersebut dihaluskan kemudian dicampur dengan beberapa bahan lainnya. Rasanya yang manis sangat cocok dihidangkan dengan teh.

Lepet jagung. Foto: Wikipedia.

8. Kelapa Kopyor

Kelapa kopyor adalah makanan khas Pati yang terbuat dari kelapa biasa namun mengalami kelainan saat pertumbuhannya. Buah kopyor sangat cocok dinikmati ketika cuaca panas karena cukup menyegarkan. Selain sebagai minuman, oleh-oleh khas Pati ini juga bisa digunakan sebagai bahan kue kering atau basah.

9. Carang Madu

Di daerah Pati, salah satu camilan tradisional yang banyak tersaji adalah carang madu yang gurih dan renyah. Cita rasanya yang manis membuat makanan satu ini banyak disukai anak-anak. Camilan ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan rempah dan santan kemudian digoreng. Kemudian di bagian atasnya diberi gula merah sebagai rasa manisnya.

10. Gethuk Lupis

Gethuk lupis sebenarnya adalah dua makanan yang berbeda namun seringkali disajikan menjadi satu. Gethuk sendiri adalah hidangan yang terbuat dari ketela pohon. Sedangkan lupis terbuat dari beras ketan yang dibungkus menyerupai lontong. keduanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah cair.

11. Telur Lurik

Oleh-oleh khas Pati yang satu ini sayang bila dilewatkan karena tampilannya yang cukup unik. Makanan ini sebenarnya adalah telur asin, namun yang membuatnya menarik adalah tampilannya yang lurik atau seperti batik. Jadi, akan sangat cocok diberikan sebagai buah tangan.

12. Kerupuk Ampo

Oleh-oleh khas Pati yang cukup unik adalah kerupuk ampo. Bahan yang digunakan juga tak biasa, yaitu dari tanah liat yang diserut, namun masih bisa dikonsumsi. Adapun proses pembuatan, juga masih tradisional sehingga terbilang sebagai camilan langka.

13. Kerupuk Daging

Kerupuk daging juga merupakan makanan khas Pati yang cocok sebagai buah tangan. Kerupuk ini tidak hanya cocok untuk dijadikan sebagai camilan, tapi juga lauk pendamping nasi. Bahan dasar pembuatnya yaitu daging ayam atau sapi yang diberi bumbu dan dilumuri dengan tepung, setelah itu digoreng hingga teksturnya menjadi renyah.

14. Batik Bakaran

Batik Bakaran. Foto: patikab.go.id.

Oleh-oleh khas Pati tidak hanya dalam bentuk makanan saja melainkan juga barang, seperti batik Bakaran. Di daerah Pati terdapat Desa Bakaran yang menjadi sentra pembuatan batik ini. Uniknya, keterampilan dalam membuat batik ini selalu diajarkan secara turun temurun. Anda bisa membawa kain batik khas Pati ini sebagai oleh-oleh karena motifnya yang juga unik dan berbeda dengan batik daerah lain.

sumber: tempo.co

Author: Bang Ido

I like travel

Tinggalkan komentar