3 Pantai di Maluku yang Populer, Ada yang Pasirnya Terhalus di Asia Tenggara

Sejumlah pantai di Maluku menjadi populer di kalangan wisatawan mancanegara (wisman), terutama dari negara-negara di Asia Tenggara. Pantai-pantai ini umumnya berpasir putih.

“Ada tiga pantai unggulan kami yang memang menarik wisatawan ASEAN berkunjung ke sana. Dan tiga pantai itu sudah cukup terkenal dengan keindahannya masing-masing,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Maluku, Meykal Pontoh, dilansir dari Antara, Sabtu (3/6/2023).

 

Adapun tiga pantai yang dimaksud adalah, sebagai berikut:

Pantai di Maluku yang populer

1. Pantai Liang

Pada tahun 2022, Pantai Liang di Kabupaten Maluku Tengah dikunjungi hingga 133.364 orang.

Dikenal juga sebagai Pantai Hunimua, pantai ini pernah dinobatkan sebagai pantai terindah di Indonesia pada tahun 1990 oleh United Nations Development Programme (UNDP), sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (20/7/2022).

Walau letaknya cukup jauh dari Bandara Internasonal Pattimura yaitu sekitar 48 kilometer (km), namun daya tariknya sayang dilewatkan karena berupa hamparan pasir putih dan perairan jernih.

2. Pantai Ngurbloat

Bila ingin berburu pemandangan matahari terbenam (sunset) di Maluku Tenggara, Pantai Ngurbloat jadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi.

Selain pemandangan yang ditawarkan, daya tarik pantai ini ada di pasirnya. Pasir di pantai ini disebut sebagai pasir terhalus di Asia Tenggara oleh National Geographic, dilansir dari Kompas.com, Kamis (24/9/2020).

Selain menikmati pasirnya yang halus, wisatawan juga bisa berenang dan menyelam di sejumlah pulau kecil di sekitarnya.

Adapun pada tahun 2021, tercatat ada 99.731 orang yang mengunjungi Pantai Ngurbloat.

3. Pantai Jikumerasa

Terletak di Kabupaten Buru, Pantai Jikumerasa atau Jiku Merasa dikunjungi oleh 9.492 orang pada tahun 2021. Jaraknya sekitar 13 km dari Bandara Namlea.

Di pantai ini, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan tiga warna yang berpadu, yakni putih, hijau toska, dan biru, khususnya ketika matahari berada tepat di atas kepala.

Dikutip dari laman Direktori Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), pantai ini juga cocok dikunjungi oleh peselancar.

Author: Bang Ido

I like travel

Tinggalkan komentar