4 Destinasi Wisata yang Cocok untuk Menyepi dari Kerumunan di Kala Pandemi

Pandemi COVID-19 telah mengubah pandangan destinasi liburan keren bagi sebagian orang di Indonesia. Dulu, berlibur di tempat ramai tidak masalah. Justru menjadi hal yang menyenangkan.

Namun, ketika kerumunan jadi hal terlarang selama pandemi COVID-19, kini masyarakat lebih memilih tempat sepi untuk melepas penat. Hal itu lantaran di tempat sepi, orang lebih merasa aman karena risiko penularan virus corona menjadi lebih kecil.

Berikut referensi empat destinasi wisata yang cocok untuk menghindari keramaian, dilansir Antara.

1. Bali

Ilustrasi milenial traveling ke Tegalalang, Bali Foto: Shutter Stock
Kumparan Ilustrasi milenial traveling ke Tegalalang, Bali Foto: Shutter Stock

Berdasarkan pencarian di biro perjalanan daring tiket.com, pulau Bali masih menjadi tempat berlibur idaman masyarakat Indonesia karena berada di nomor satu pencarian.

Pulau Dewata biasanya ramai oleh turis domestik dan mancanegara, namun pandemi membuat arus wisatawan asing betul-betul terhenti. Restoran dan hotel yang biasanya penuh orang kini sepi, terlebih pengelola juga harus menaati aturan untuk membatasi kapasitas maksimal.

Area Manager East Indonesia tiket.com Rajasa Oktavio Hadisoemarto, mengatakan pemesanan akomodasi di Bali paling pesat dibandingkan tempat lain di tengah pandemi COVID-19.

“Kalau di OTA (online travel agent) dilihat dari penjualan kamar, dari Bali ditutup untuk turis domestik, lalu dibuka per 1 Agustus sampai 31 November, peningkatan 6 kali lipat,” kata Rajasa.

Pemulihan pariwisata di Pulau Dewata, ujar dia, lebih cepat dari yang diperkirakan. Saat ini orang sudah mulai berani untuk berlibur selama protokol kesehatan betul-betul diterapkan.

2. Senggigi, Lombok Barat

Jika menurut kamu Bali masih relatif ramai, coba mampir ke pulau tetangga yang kondisinya lebih sepi, tepatnya dekat pantai Senggigi.

Pantai Senggigi adalah salah satu barometer pariwisata di Pulau Lombok. Setiap tahun, ada ratusan ribu orang mengunjungi pantai di wilayah Lombok Barat tersebut.

Gempa Lombok yang terjadi awal bulan Agustus 2018 lalu telah meruntuhkan keinginan para wisatawan, terutama wisatawan lokal untuk berwisata.

Ada berbagai penginapan yang tersedia di sana untuk beristirahat setelah asyik menikmati suasana di pantai, mendengarkan deburan ombak, atau bersantai setelah menyantap nasi panas dengan ayam Taliwang yang pedas serta plecing kangkung.

3. Gili Trawangan

Rinjani terlihat di sunrise di Gili Trawangan Foto: Ahmad Subaidi/ANTARA
Rinjani terlihat di sunrise di Gili Trawangan Foto: Ahmad Subaidi/ANTARA

Tempat wisata di Gili Trawangan menjadi destinasi favorit di Lombok. Gili Trawangan merupakan satu dari tiga pulau kecil (gili) yang berada di sebelah barat laut Lombok. Pulau ini menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati suasana pulau yang asri dan tenang.

Gili Trawangan bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin berlibur di tempat lebih sepi. Tempat wisata di Lombok Utara ini sudah mulai didatangi wisatawan setelah sempat ditutup akibat pandemi COVID-19.

Suasana di Gili Trawangan, Lombok, Kamis (21/2). Foto: Andari Novianti/kumparan
Suasana di Gili Trawangan, Lombok, Kamis (21/2). Foto: Andari Novianti/kumparan

Di Gili Trawangan kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menyelam, kulineran, menikmati cahaya matahari, atraksi kesenian, hingga bersepeda menyusuri pulau.

4. Sumba

Ilustrasi traveler terpesona keindahan Bukit Wairinding di Sumba Foto: Shutter Stock
Ilustrasi traveler terpesona keindahan Bukit Wairinding di Sumba Foto: Shutter Stock

Bukan rahasia lagi bahwa Sumba, Nusa Tenggara Timur, menyimpan keindahan alam yang sangat eksotis. Mulai dari padang savana yang membentang luas, langit biru yang cerah dan bersih, udara yang bebas polusi hingga air sungai yang jernih tak tercemar merupakan rangkaian keindahan yang ditawarkan oleh Sumba.

Panorama paripurna inilah yang selalu berhasil menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang dan berlibur ke Sumba. Sumba menjadi destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi di kala pandemi, buat kamu yang ingin berkunjung ke tempat yang sepi.

Tidak seperti penerbangan ke Bali, penerbangan ke Sumba jumlahnya lebih terbatas. Alhasil, jumlah pelancong yang datang pun tidak sebanyak wisatawan di Pulau Dewata.

Pulau yang keindahannya diperlihatkan di film “Pendekar Tongkat Emas” dan “Humba Dreams” ini juga bisa jadi pilihan untuk liburan yang lebih sepi.

sumber: kumparan

Bang Ferry
Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Leave a Reply