5 Geopark Terindah di Indonesia

Saat ini, Indonesia memiliki beberapa geopark yang telah masuk dalam jajaran UNESCO Global Geopark (UGG). Berikut 5 geopark terindah di Indonesia yang telah dirangkum dari laman Kemenparekraf.go.id:

  1. Geopark Gunung Rinjani:Terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, geopark ini menawarkan kombinasi keanekaragaman hayati, geologi, dan budaya yang indah. Pengunjung dapat mendaki Gunung Rinjani, melihat Danau Segara Anak, dan menjelajahi desa-desa tradisional Suku Sasak.
    Image of Geopark Gunung Rinjani, Lombok
  2. Geopark Danau Toba:Terletak di Sumatra Utara, geopark ini merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Pengunjung dapat menikmati pemandangan danau yang indah, mengunjungi Pulau Samosir, dan mempelajari budaya Batak.
    Image of Geopark Danau Toba, Sumatra Utara
  3. Geopark Ijen:Terletak di Jawa Timur, geopark ini terkenal dengan fenomena api biru di Kawah Ijen. Pengunjung juga dapat mendaki Gunung Ijen, mengunjungi Air Terjun Jagir, dan mempelajari budaya masyarakat Osing.
    Image of Geopark Ijen, Jawa Timur
  4. Geopark Raja Ampat:Terletak di Papua Barat, geopark ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang luar biasa. Pengunjung dapat menyelam, snorkeling, atau melihat burung Cendrawasih di Raja Ampat.
    Image of Geopark Raja Ampat, Papua Barat
  5. Geopark Batur:Terletak di Bali, geopark ini memiliki kaldera Gunung Batur yang indah. Pengunjung dapat mendaki Gunung Batur, melihat Danau Batur, dan mengunjungi desa-desa tradisional Bali.
    Image of Geopark Batur, Bali

Selain 5 geopark di atas, masih banyak geopark indah lainnya di Indonesia yang patut dikunjungi.

Jika Anda tertarik untuk menjelajahi keindahan alam dan budaya Indonesia, maka geopark adalah pilihan yang tepat.

Sebelum mengunjungi geopark, pastikan untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dan menjaga kelestarian alam.

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar