5 Kuliner Unik Khas Kabupaten Lumajang

Kabupaten Lumajang di Jawa Timur ternyata punya banyak kuliner unik dan lezat! Selain Sego Kelor yang pernah memenangkan penghargaan, berikut 5 makanan khas Lumajang yang wajib dicoba:

1. Kreco

Kreco adalah menu sarapan favorit warga sekitar Danau Klakah (Ranu Klakah). Kreco sejenis keong kecil yang hidup di danau dengan cara menempel di tebing. Biasanya dicari warga pada malam hari menggunakan jaring atau perangkap dari daun kelapa.

Kreco dimasak dengan cara direbus selama 15 menit lalu dimasak lagi dengan bumbu kuah kunci. Kreco mentah bisa ditemui di penjual makanan di tepi Danau Klakah dengan harga Rp 12.000 per kilogram.

2. Sego Kelor

Sego Kelor adalah nasi berwarna hijau yang berasal dari ekstrak daun kelor, yang kaya nutrisi. Sego Kelor disajikan dengan berbagai lauk seperti sambal, kering tempe, tumis pare, perkedel kentang, daging suwir, dan timun.

Sego Kelor pernah menjadi juara dalam kategori Video Profil Kuliner Terbaik di Festival Makanan Khas Jawa Timur 2022.

3. Bledus

Bledus terbuat dari jagung pipilan yang direndam semalaman lalu dikukus. Setelah dikukus, Bledus diberi tambahan garam dan parutan kelapa untuk menambah rasa gurih. Bledus cocok dijadikan cemilan karena mengenyangkan.

4. Rujak Ote

Rujak Ote berasal dari daerah Sumberwulu dan istimewanya menggunakan bahan rebung bambu muda yang banyak tumbuh di sekitar Gunung Wayang. Selain rebung, Rujak Ote juga dicampur dengan buah-buahan dan bumbu petis seperti rujak pada umumnya.

5. Tape Pisang

Lumajang dikenal sebagai penghasil pisang berkualitas. Oleh karena itu, tape singkong yang biasa ditemukan di daerah lain, di Lumajang diganti dengan tape pisang. Proses fermentasi pisang menghasilkan cita rasa manis legit dengan tekstur yang lembut. Tape Pisang bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh.

Jadi, kalau wisata ke Lumajang jangan lupa cicipi kuliner unik dan lezat ini ya!

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar