5 Makanan Terbaik di Dunia 2024 versi Taste Atlas

Dalam dunia kuliner, setiap negara memiliki kekayaan dan keanekaragaman makanan yang menggugah selera. Dari hidangan tradisional yang telah ada selama berabad-abad hingga inovasi kreatif yang baru muncul, setiap negara memiliki keunikan dan kelezatan makanan tersendiri. Taste Atlas, situs panduan daring perjalanan dan makanan tradisional, telah merilis daftar lima makanan terbaik di dunia versi mereka untuk tahun 2024. Berikut adalah makanan-makanan tersebut:

1. Pizza Napoletana

Pizza Napoletana adalah salah satu kreasi kuliner paling simbolis dari Italia. Dibuat dengan bahan sederhana, pizza ini hanya memiliki dua variasi, yaitu marinara dan margherita. Marinara menggunakan saus tomat, bawang putih, dan oregano sebagai toppingnya. Sementara itu, margherita menggunakan saus tomat, mozzarella, dan daun kemangi yang menciptakan kombinasi lezat serta warna yang mencerminkan bendera Italia.

2. Picanha

Picanha adalah potongan daging sapi segar yang sangat populer dan dihargai tinggi di Brasil. Di Amerika Serikat, hidangan ini dikenal dengan sebutan sirloin cap, sedangkan di Inggris disebut rump cap. Picanha menggunakan daging yang terletak di sisi belakang hewan, di atas pantat. Dagingnya dipanggang terlebih dahulu, lalu diiris dengan tusuk sate. Potongan daging ini memiliki sedikit lemak, sehingga perlu dimasak dengan sempurna agar tidak terlalu alot. Di Brasil, setiap churrasco pasti memiliki picanha, dan semua churrascarias terbaik menyajikan picanha di menu mereka.

3. Guotie

Guotie adalah variasi pangsit jiaozi Tiongkok yang digoreng. Isiannya terdiri dari daging babi cincang, kubis Cina, daun bawang, jahe, arak beras, dan minyak biji wijen. Proses persiapan guotie memberikan tekstur pangsit yang renyah di luar dan lembut di dalam. Ketika digoreng, sedikit cairan ditambahkan ke dalam wajan, kemudian ditutup untuk menciptakan efek kukus pada sisa pangsit dan isinya. Guotie sangat populer di Tiongkok dan menjadi hidangan yang disukai oleh banyak orang di seluruh dunia.

4. Shashlik

Shashlik adalah sebutan untuk barbekyu tradisional dari Asia Tengah dan Barat. Hidangan ini terdiri dari potongan daging yang diasinkan, ditusuk, dan dipanggang, seperti daging domba, sapi, atau babi. Biasanya, daging ini dipadukan dengan potongan sayuran seperti paprika, bawang bombay, jamur, atau tomat. Dagingnya direndam semalaman dalam cuka, bumbu, rempah-rempah, dan anggur kering sebelum dipanggang. Shashlik memiliki cita rasa yang kaya dan menjadi hidangan yang sangat populer di berbagai negara di seluruh dunia.

5. Roti Canai

Roti canai adalah roti pipih goreng tradisional yang berasal dari India. Saat ini, roti canai juga banyak dibuat dan disajikan di Malaysia, Indonesia, Brunei, dan Thailand. Adonan roti canai dilipat berkali-kali sehingga hasil akhirnya memiliki tekstur berlapis, bagian dalam yang lembut, dan lapisan luar yang renyah. Lemak yang paling umum digunakan dalam roti canai adalah ghee, mentega tradisional India. Roti canai biasanya disajikan dengan kuah kari atau daging sebagai pelengkapnya.

Inilah lima makanan terbaik di dunia versi Taste Atlas untuk tahun 2024. Setiap hidangan memiliki keunikan dan kelezatan yang membuatnya layak mendapat tempat di daftar ini. Jika Anda berkesempatan, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba makanan-makanan ini ketika Anda berada di negara asalnya atau ketika Anda berkunjung ke restoran yang menyajikannya. Selamat menikmati!

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar