5 Rekomendasi Tempat Outbond di Jakarta dan Sekitarnya

Jakarta dikenal sebagai pusat bisnis yang dipenuhi dengan gedung-gedung bertingkat. Kota ini tak pernah terlepas dari kesibukan. Meski begitu, Jakarta dan sekitarnya juga memiliki tempat untuk berwisata, mulai dari alam hingga buatan, yang bisa didatangi keluarga. Buat orang yang senang melakukan kegiatan mengasyikkan, outbond bisa jadi pilihan yang tepat.

Kegiatan ini tidak hanya bisa melepas penat, tetapi juga belajar nilai-nilai positif. Di Jakarta dan sekitarnya terdapat beberapa lokasi outbond. Jadi, tak perlu jauh-jauh ke Bogor atau Sukabumi untuk melakukan kegiatan ini.

Berikut lima tempat outbond di Jakarta dan sekitarnya yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan sekolah anak.

1. Kampung Main Cipulir

Berada di daerah Jakarta Selatan, tempat ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi kegiatan libur anak yang tersisa beberapa hari lagi. Tempat ini berada di ruang terbuka hijau dengan fasilitas outbond seperti bermain air, mengendarai ATV, naik jembatan gantung, flying fox, perahu paddler, labirin, menunggang kuda, dan banyak games seru lainnya.

Karena lokasinya di tengah kota, tempat ini sering menjadi pilihan untuk kegiatan fieldtrip sekolah.

Jika penasaran, datangi tempat ini di Jl. Mesjid Cidodol No 1A Gg. H. Sairi RT 05 RW 012, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

2. Kampung Konservasi Rimbun

Jika ingin wisata kuliner sambil menikmati wisata alam, tempat ini bisa menjadi pilihan. Kampung Konservasi Rimbun berada di Jalan Haji JamatNomor 11, Kampung Jati, CiaterSerpongKota Tangerang Selatan.

Awalnya tempat ini dibangun sebagai tempat outbond dan camping ground. Namun, kini banyak pengalaman lain yang berkaitan dengan upaya konservasi, menanam dan memanen sayuran atau urban farming, hingga mengelola limbah.

3. Buni Ropes Camp

Seperti berada di pekarangan rumah, itulah yang terasa ketika berada di Buni Ropes Camp. Ini karena lokasinya memang di pekarangan rumah yang dijadikan lokasi outbound. Dengan areal seluas 1,3 hektare, tempat ini menyediakan High Ropes juga beberapa aktivitas outbound anak maupun dewasa. Sarana yang disediakan antara lain kolam renang, danau, serta camping ground.

Lokasi outbond ini berada di Jalan Ki Hajar Dewantara No. 6X, RT 01 / RW 05, Sawah Lama, Ciputat, Sawah Lama, Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

4. Bumi Perkemahan Ragunan

Kebun Binatang Ragunan tidak hanya berisi berbagai hewan, di sini juga terdapat area outbond. Namanya Bumi Perkemahan Ragunan. Berada di Jalan RM Harsono No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, tempat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk outbond bersama teman kerja atau keluarga. Jika ingin pengalaman yang lebih menantang, di sini juga bisa berkemah dan menikmati kesunyian malam di tengah kota.

5. Lubana Sengkol

Masih di Tangerang Selatan, Lubana Sengkol menjadi pilihan buat orang yang suka memancing tetapi ingin mengajak keluarga melakukan aktivitas yang asyik di luar ruangan. Tempat ini awalnya dibuat sebagai pemancingan, tapi berkembang menjadi tempat wisata yang lebih luas dengan berbagai fasilitas yang lengkap di dekat Sungai Cisadane. Berbatasan langsung dengan sungai membuat Lubana Sengkol menjadi salah satu tempat outbound yang menantang di sekitar Jakarta.

Menempati area seluas enam hectare, tempat ini menawarkan beberapa wahana outbound buat orang dewasa maupun anak-anak, mulai dari flying foxpaintball, kano, bebek gowes, highropes bridge, dan lain sebagainya. Lubana Sengkol berada di Kp. Sengkol Jalan Lingkar Selatan, Muncul, Setu, Tangerang Selatan.

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar