5 Rekomendasi Wedang Ronde di Jakarta untuk Penghangat Tubuh Saat Hujan

Wedang ronde merupakan minuman tradisional yang melegenda. Ini terdiri dari air jahe yang diisi beragam isian.

Minuman tradisional yang berasal dari Tiongkok sempurna untuk camilan tengah malam atau selama musim dingin. Rasa jahenya bisa membuat tubuh ikut hangat.

Isian dalam wedang ronde biasanya terdiri dari rondo (bola tepung ketan dengan kacang tanah), kolang-kaling, agar-agar, roti tawar dan kacang tanah. Nuansa lembut dipadu dengan renyahnya kacang menjadikan ronde wedang sebagai destinasi kuliner semua kalangan di kala musim hujan.

 

 

Berikut rekomendasi wedang jahe di Jakarta:

 

1. Wedang Ronde Pecenongan

Wedang ronde ini berada di pusat kota Jakarta, tepatnya di kawasan Pecenongan yang banyak terdapat jajanan khas. Tempatnya agak sempit, tapi tempat ini populer di Jakarta Pusat.

Menu penyajiannya sama dengan kebanyakan penjual wedang ronde dan pilihan kuahnya gula merah atau gula putih. Jika dirasa kuah jahenya kurang pedas, pengunjung dapat menambahkan lagi kuahnya.

Alamat: Jalan Pecenongan Nomor 17B, Pecenongan, Jakarta Pusat

 

2. Wedang Ronde Andri Gajah Mada

Seperti namanya, Stan Wedang Bundar Andri terletak di kawasan Gajah Mada, Jakarta Barat. Berupa ruko tenda sederhana, lokasi tepatnya di depan Mega Motor. Meski begitu, tempat ini cukup ramai di malam hari.

Seporsi wedang ronde di sini dilengkapi dengan onde besar dan kecil. Onde besar berisi bubur kacang, tapi yang kecil tidak berisi apa-apa. Pengunjung bisa memilih dua jenis saus, yaitu saus gula merah dan saus gula putih serta dapat menambahkan susu kental manis jika dirasa perlu.

Alamat: Jalan Gajah Mada (Depan Mega Motor), Gajah Mada, Jakarta Barat

 

3. Wedang Ronde 63

Bagi yang tinggal di Cipayung, Jakarta Timur, ada wedang ronde di daerah ini, yakni Wedang Rondo 63. Warung ini adalah warung kuliner wedang ronde yang relatif baru, tetapi wedangnya enak dan lokasinya nyaman.

Buka dari pukul 18.30 hingga 23.00 WIB, tersedia wedang ronde dengan varian isian dan endenya yang lengkap. Ada isi kacang, maru polos, roti tawar, sagu mutiara dan biji selasih lengkap. Air jahe dan gula yang direbus dengan pandan sehingga memberikan aroma yang harum.

Alamat: Jalan Raya Cipayung, Gg. Irma 1, Jakarta Timur

 

4. Wedang Ronde Bandung Eby

Di kawasan Sunter juga terdapat Wedang Ronde Eby dari Bandung. Lokasinya dekat BCA Sunter Danau, dan jam buka dari pukul 18.00 WIB. Tempat penjualannya juga sederhana berupa warung, namun pilihannya cukup banyak.

Ada dua variasi onde yang besar dengan kacang dan yang kecil tanpa isian. Sausnya pun beragam pilihan, antara lain gula merah, gula putih dan kopi kuah bulat. Saus jahe beraroma tetapi tidak terlalu pedas.

Alamat: Jalan Agung Tengah IV, Sunter, Jakarta Utara.

 

5. Waroeng Djahe

Di daerah Tebet, ada tempat berburu minuman wedang berbumbu jahe yang dijamin enak. Nama tempat tersebut adalah Waroeng Djahe by Ronde Jahe Gardujati yang pusatnya ada di Bandung. Ketenaran dan lezatnya ronde ala Gardujati Bandung akhirnya sampai membuat mereka buka cabang di Jakarta.

Pilihan rondenya banyak. Dari mulai ronde kecil tanpa isi, ronde besar isi kacang tanah hingga ronde isi durian. Pilihan kuahnya antara lain dari gula manis tanpa jahe, dengan jahe, hingga kuah soya atau susu kedelai dan kembang tahu.

Alamat: Jalan Tebet Timur Dalam II Nomor 38C, Tebet, Jakarta Selatan

Wedang ronde ini bisa menjadi salah satu pilihan camilan yang cocok disantap kala musim hujan seperti sekarang. Selain menghangatkan, minuman ini berkhasiat untuk tubuh.

 

sumber: tempo.co

Author: Bang Ido

I like travel

Leave a Reply