5 Tempat Nikmati Sunset di Gunungkidul, Ada Pantai Wediombo

Fenomena matahari terbenam alias sunset merupakan sesuatu yang indah dan dicari-cari banyak orang. Kamu juga bisa mampir ke salah satu tempat melihat sunset di Gunungkidul, Daerah istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mengagumi keindahannya.

Matahari terbenam sempurna di atas lautan dilihat dari Bukit Paralayang Watugupit, Minggu (19/1/2020). Destinasi ini menjadi salah satu tempat melihat sunset di Gunungkidul, DIY.

Matahari terbenam sempurna di atas lautan dilihat dari Bukit Paralayang Watugupit, Minggu (19/1/2020). Destinasi ini menjadi salah satu tempat melihat sunset di Gunungkidul, DIY

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Gunungkidul, Arif Aldian, memberikan beberapa rekomendasi tempat melihat sunset atau matahari terbenam di tempat yang dijuluki sebagai Bumi Handayani ini.

“Bukit Paralayang, Pantai Kesirat, Pantai Wediombo, Pantai Jungwok, dan Pantai Pok Tunggal itu beberapa alternatifnya untuk melihat sunset,” kata Arif saat dihubungi Kompas.com, Senin (05/09/2022).

 

Jika tertarik berkunjung ke Gunungkidul dan berburu sunset, sebenarnya ada banyak ragam pilihan tempat, apalagi wisata alam di Gunungkidul didominasi pantai.

Agar tidak terlalu bingung, berikut beberapa tempat melihat sunset di Gunungkidul yang bisa kamu singgahi, seperti direkomendasikan oleh Dispar Kabupaten Gunungkidul.

Tempat melihat sunset di Gunungkidul

1. Bukit Paralayang Watugupit

Menjelang Matahari Terbenam di Bukit Paralayang Watugupit, Yogyakarta, Minggu (19/1/2020). Destinasi ini menjadi salah satu tempat melihat sunset di Gunungkidul, DIY.

Menjelang Matahari Terbenam di Bukit Paralayang Watugupit, Yogyakarta, Minggu (19/1/2020). Destinasi ini menjadi salah satu tempat melihat sunset di Gunungkidul

Bukit Paralayang Watugupit merupakan salah satu tempat melihat sunset di Gunungkidul yang cukup populer. Di sana, pengunjung bisa menyaksikan momen matahari sore berwarna jingga yang perlahan ditelan cakrawala barat.

Kamu bisa menikmati momen tersebut dari atas ketinggian di tepi laut. Garis pantai yang panjang, birunya langit, ombak berkejaran, hingga matahari sore menjadi kombinasi sempurna.

Jika ingin menyaksikan sunset di Bukit Paralayang Watugupit, sebaiknya datang sebelum pukul 17.00 WIB. Sebab, terpaan sinar matahari terbenam muncul sekitar pukul 17.50 WIB, dikutip dari Kompas.com (1/31/2020).

Saat di sini, jangan lupa memotret proses kembalinya matahari dengan kamera ponsel, DSLR, atau bahkan mengambil timelapse dengan meletakkan kamera di atas tripod.

Obyek wisata ini berlokasi di Dusun Watugupit, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul.

Dari Kota Yogyakarta, jaraknya adalah sekitar 32 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

2. Pantai Kesirat

Matahari terbenam di Pantai Kesirat, Gunungkidul. Destinasi ini menjadi salah satu tempat melihat sunset di Gunungkidul, DIY.

Matahari terbenam di Pantai Kesirat, Gunungkidul. Destinasi ini menjadi salah satu tempat melihat sunset di Gunungkidul, DIY

Selanjutnya, ada Pantai Kesirat atau Tanjung Kesirat yang menjadi salah satu tempat melihat sunset di Gunungkidul.

Dikutip dari Kompas.com, ini karena sebagian perairannya dikelilingi tebing-tebing setinggi 40 meter, yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati matahari terbenam tanpa berebut spot paling nyaman.

Sayangnya, wisatawan tidak bisa menikmati matahari terbenam sambil bermain air, sebab tempat wisata ini tidak memiliki bibir pantai.

 

Namun tidak perlu bersedih karena ada spot panorama berupa pohon besar di pinggir tebing yang hampir menjorok ke laut. Kamu bisa duduk-duduk di bawah pohon sambil menikmati hembusan angin segar dan panorama yang indah.

Pantai Kesirat berlokasi di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

3. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo, salah satu tempat melihat sunset di Gunungkidul, DIY.

Dikutip dari Kompas.com (1/15/2022), diduga Pantai Wediombo merupakan bekas kawah gunung berapi di masa lalu yang tenggelam ke bawah permukaan laut.

Bentuk teluknya menyerupai setengah lingkaran, serta pantainya menghadap ke arah barat. Sehingga, bisa dipastikan memiliki panorama matahari tenggelam yang sempurna.

Dikutip dari Tribun Jogja, waktu terbaik mengunjungi Pantai Wediombo adalah pada sore hari, karena kamu akan mendapatkan pemandangan alam menawan dari sunset yang bisa disaksikan dari bibir pantai.

Lokasi Pantai Wediombo berada di Desa Balong, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Dari pusat kota, jaraknya sekitar 70 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu dua jam.

4. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok, salah satu tempat melihat sunset di Gunungkidul, DIY.

Pantai Jungwok memiliki hamparan pasir putih dengan air laut jernih dan pemandangan karang-karang besar sebagai pemecah ombak, seperti dikutip Kompas.com (12/10/2017).

Jauhnya jarak ke Pantai Jungwok bisa jadi membuat pantai ini kurang populer dibandingkan pantai lainnya di daerah selatan Yogyakarta. Namun, sisi baiknya adalah kamu bisa menikmati tempat yang masih sepi, bersih, dan alami.

Pantai Jungwok terkenal dengan keunggulannya berupa panorama matahari terbit dan matahari tenggelam.

Jika ingin melihat matahari terbit, wisatawan bisa berkunjung lebih awal. Kalau menginginkan fenomena matahari tenggelam, sebaiknya berkunjung mulai pukul 4 atau 5 sore.

Momen-momen sunrise dan sunset bisa disaksikan dari pinggir pantai ataupun di atas Bukit Manjung.

5. Pantai Pok Tunggal

Senja di Pantai Pok Tunggal. Destinasi ini menjadi salah satu tempat melihat sunset di Gunungkidul, DIY.

Senja di Pantai Pok Tunggal. Destinasi ini menjadi salah satu tempat melihat sunset di Gunungkidul

Pantai Pok Tunggal cukup populer di antara deretan pantai lainnya di Kabupaten Gunungkidul. Pantai yang berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus ini memiliki hamparan pasir putih dan alam yang menawan.

Dikutip dari Kompas.com, salah satu momen terbaik untuk menikmati Pantai Pok Tunggal adalah saat matahari terbenam. Sekitar pukul 17.15 WIB, kamu bisa bersiap-siap mengambil gambar matahari yang mulai terbenam.

Suasana temaram saat langit berubah menjadi jingga bisa kamu nikmati sambil melihat kegiatan warga di sore hari, seperti nelayan yang siap-siap melaut.

Selain itu, senja akan terasa semakin nikmat bila ditemani es kelapa muda. Saat senja tiba, biasanya pantai menjadi surut dan karang-karang di laut dapat terlihat jelas dari bibir pantai.

Pantai ini sendiri memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga siapapun bisa bermain air di pinggir pantainya.

sumber: kompas.com

Author: Gabs Art

Tinggalkan komentar