5 Wisata Air di Salatiga, Banyak Tempat Berenang Alami dan Jernih

Kota Salatiga di Provinsi Jawa Tengah ternyata memiliki banyak tempat wisata menarik. Ada sejumlah tempat wisata asyik di sana. Kebanyakan yang terkenal adalah tempat wisata airnya.

Berikut ini Kompas.com akan memberikan rekomendasi tempat wisata air di Salatiga, cocok sekali dijadikan tempat menenangkan diri ataupun main air.

 

1. Kolam Renang Kalitaman

Tempat wisata air ini bisa dibilang cukup populer bagi masyarakat Salatiga dan sudah sering dijadikan sebagai tempat menggelar event olahraga.

Kolam Renang Kalitaman ini punya kelebihan yang membuat pengunjungnya tak pernah sepi, yaitu arinya berasal berasal dari sumber air alami. Saat berenang, wisatawan  bisa merasakan kesegaran dan kebersihan airnya.

Anggota Yonif 411/Pandawa mengikuti lomba renang di Kalitaman.

Anggota Yonif 411/Pandawa mengikuti lomba renang di Kalitaman.

 

Kelebihan lainnya adalah, airnya keluar dari dasar kolam, sehingga membuatnya airnya selalu tampak jernih.

 

Jam buka tempat ini adalah pukul 05.00 WIB sampai 17.00 WIB dan tutup di hari Kamis. Biaya masuknya sekitar Rp 5.000 per orang. Kolam Renang Kalitaman berlokasi di Jalan Kalitaman Nomor 3, RW.Kalitaman, Salatiga, Sidorejo, Kota Salatiga.

2. Air Terjun Joko Tingkir

Berbeda dari air terjun kebanyakan, Air Terjun Joko Tingkir terlihat lebih kecil. Namun, lokasinya yang ada di kawasan asri menjadi nilai plus bagi wisatawan.

Saat musim penghujan, aliran airnya lebih indah dan bagus. Bahkan yang biasanya hanya muncul satu aliran, bisa menjadi tiga air terjun.

 

Lokasinya ada di Jalan Sitalang, Krajan, Kauman Kidul, Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Belum ada pengelola resmi, jadi masuknya gratis dan bisa dikunjungi kapan saja dan jam berapa pun.

3. Sumber Air Senjoyo

Ingin berenang maupun bermain air di kolam yang masih tampak alami, datang ke Sumber Air Senjoyo merupakan pilihan yang tepat.

Sebagai sumber air alami, tempat ini sangat asri dan indah, kolamnya juga bersih dan berisi ikan-ikan. Selain, bisa berenang bersama ikan-ikan, wisatawan juga bisa melihat bebatuan dengan ukiran kuno.

Sumber Air Senjoyo

Sumber Air Senjoyo

 

Dari ukiran kuno itu, Sumber Air Senjoyo dipercaya merupakan tempat pemandian para raja pada masa lalu.

Melansir dari dlh.semarangkab.go.id, lantaran sumber airnya tak pernah mengering. PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kota Salatiga memakainya sebagai sumber air bagi warga sekitar.

 

Bagi yang ingin datang, lokasinya ada di Jalan Senjoyo IV, Desa Tegalwaton, Tengaran, Semarang, berada di desa yang ada di ujung Kota Salatiga.

4. Mata Air Benoyo

Wisata air lainnya yang bisa dikunjungi oleh wisatawan saat sedang berada di Salatiga adalah Mata Air Benoyo. Tempat wisata yang dibuka selama 24 jam ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan masih terus dilestarikan hingga sekarang.

Airnya masih jernih dan biasanya warga sekitar memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari. Sayangnya, setelah di sekitar Mata Air Benoyo dilakukan pembangunan, debit airnya makin kecil.

 

Lokasinya ada di Kutowinangun Kidul, Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah dan di pinggir sungainya ada dekorasi bertemakan ikan yang bisa dijadikan tempat foto.

5. Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo tidak berada di Kota Salatiga. Namun, lokasinya cukup dekat sekitar setengah jam dengan kendaraan. Tempat wisata alam ini punya fasilitas lengkap. Ada jembatan gantung hingga kolam renang dengan area bermain.

Meski begitu, untuk akses menuju air terjun hanya bisa dilalui dengan jalan kaki. Aliran air terjunnya termasuk musiman karena saat kemarau tampak kering. Aliran air terjun paling bagus setelah hujan.

Lokasinya ada di Dukuh, Kopeng, Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dan bisa dikunjungi pukul 05.00 WIB sampai 19.00 WIB.

 

sumber: kompas.com

Author: Ido Insight

Leave a Reply