6 Jenis Durian Unggul yang Banyak Disukai

Durian merupakan komoditas perkebunan yang nilai jualnya tinggi. Buah ini memiliki daging yang lembut dengan aroma khas yang cukup menyengat.

Di Indonesia, ada banyak jenis durian unggul dengan karakteristik yang berbeda-beda. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (6/5/2023), berikut jenis-jenis durian unggul yang mudah dijumpai di Indonesia.

1. Durian bawor

Berbicara mengenai durian unggul, tidak lengkap rasanya jika belum mengulas tentang durian bawor. Durian yang berasal dari Banyumas ini memiliki ukuran yang besar, daging tebal, dan rasa yang menggiurkan seperti durian montong.

Tak hanya itu, buah durian bawor juga bisa matang dalam waktu yang relatif lebih singkat. Sayangnya, buah ini tidak tahan serangan hama maupun penyakit sehingga perlu perawatan ekstra saat membudidayakannya.

2. Durian pelangi

Jenis durian ini berasal dari Manokwari. Sesuai dengan namanya, keunikan buah ini ada pada warna dagingnya yang warna warni.

Daging buahnya memiliki gradasi warna putih, merah, dan kuning menyerupai pelangi. Selain warnanya yang cantik, rasa buah ini juga enak. Ukurannya pun cukup besar dengan daging buah yang tebal.

3. Durian petruk

Durian unggul ini berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Durian ini cocok ditanam di lahan dataran rendah.

Keunggulan durian petruk yaitu rasanya yang enak dan produktivitasnya tinggi. Akan tetapi, tanaman durian petruk perlu perawatan ekstra karena mudah terserang hama dan penyakit.

4. Durian musang king

Jenis durian ini berasal dari Malaysia namun cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah durian ini memiliki biji pipih dan daging tebal.

Rasa dagingnya juga enak. Biasanya buah ini akan masak sempurna setelah diperam 2 hingga 4 hari. Uniknya, buah durian ini memiliki kulit berwarna oranye seperti kunyit. Harganya cukup mahal, sehingga menjadi salah satu jenis durian yang prospektif untuk dikembangkan.

5. Durian montong

Durian ini terkenal dengan ukurannya yang besar. Bahkan, bobot buah ini bisa menjadi 6 hingga 10 kg.

Daging buahnya juga tebal dan rasanya manis. Durian montong menjadi salah satu varietas durian yang banyak dibudidayakan.

6. Durian merah banyuwangi

Durian merah banyuwangi termasuk jenis durian yang cepat berbuah. Sesuai dengan namanya, warna daging buah ini merah pekat.

Tak hanya itu, daging buahnya juga tebal dan enak. Durian ini memiliki prospek bisnis yang menjanjikan karena memiliki peminat yang banyak dan harganya relatif mahal.

 

 

sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar