6 Makanan Pedas Khas Indonesia, Ayam Betutu dkk

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara ragam kuliner. Mulai hidangan bercita rasa manis sampai makanan pedas penggugah selera makan.

Selain seblak, pecal, dan rendang yang umum ditemui, berikut masakan-masakan pedas khas Indonesia lainnya:

1. Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan makanan pedas khas Bali berbahan baku utama daging ayam ataupun bebek. Hidangan berwarna kuning kemerahan ini dimasak menggunakan bumbu genep (rempah khas Bali), cabai, merica hitam dan putih, cengkeh, pala, ketumbar, tabiabun dan bangle.

2. Bubur Pedas Sambas

Bubur pedas sambas berasal dari Kalimantan, khususnya daerah Pontianak dan Singkawang. Untuk menghasilkan cita rasa pedas, beras lebih dulu disangrai bersama lada sebelum dimasak menjadi bubur. Dulunya, bubur pedas sambas hanya bisa dinikmati saat ada acara kerajaan, tetapi kini bisa dimakan kapan saja, karena sudah dijual di warung-warung makan.

3. Asam Pedas Tempoyak

Asam pedas tempoyak merupakan makanan khas Jambi yang terbuat dari fermentasi daging buah durian yang dimasak dengan sambal. Bumbu ini kemudian dicampur serai, cabai, kunyit, dan rempah lain untuk menjadi bumbu kuah ikan patin.

4. Ayam Taliwang

Di Lombok ada hidangan pedas bernama ayam taliwang baik dibakar atau digoreng. Cita rasa pedas masakan ini berasal dari campuran bawang merah besar dan kecil, serai, bumbu terasi, daun jeruk dan beberapa bumbu lain.

5. Balado

Berasal dari Sumatera Barat, balado merupakan masakan bercita rasa pedas berbahan baku utama telur, daging ayam maupun udang. Balado dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, dan umum dimasak menggunakan daun jeruk, lengkuas, terasi, serai, dan banyak cabai.

6. Rica-rica

Rica-rica adalah masakan pedas khas Manado, Sulawesi Utara. Berbahan baku ikan, ayam, daging sapi, ataupun telur, pengolahan rica-rica hampir mirip balado, dimasak dengan banyak cabai dan dicampur berbagai rempah lain.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar