6 Wisata Pantai Dekat Bandung

Saat berlibur ke Bandung, wisata yang terlintas seringkali identik dengan perbukitan dan pegunungan. Walau dikelilingi perbukitan, ada beberapa daerah dekat Bandung yang memiliki pesona pantai yang indah. Berikut ini rekomendasi pantai dekat Bandung yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga atau teman-teman kesayangan Anda:

1. Pantai Sayang Heulang

Selatan Jawa Barat dekat Bandung ada Pantai Sayang Heulang. Tepatnya di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jika arah Anda dari pusat Kota Garut, berarti harus menempuh sekitar 87 kilometer. Banyak aktivitas seru yang sangat mengesankan di sini. Ada fasilitas perahu wisata untuk susur pantai. Bagi penggemar camping, bisa melakukannya Pantai Sayang Heulang dengan syarat izin pengelola terlebih dahulu. Selanjutnya, di pagi atau sore hari adalah waktu yang tepat untuk voli di pasir putih pantai ini.

Menurut pengamatan para wisatawan, Pantai Sayang Heulang disebut mirip dengan pantai Parangkusumo, Bantul, DI Yogyakarta. Bahkan, karena memang bentangannya seperti gurun dengan jembatan yang membentang panjang, Pantai Sayang Heulang dijuluki sebagai Sahara van Garut.

2. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna Banten di dekat Bandung adalah rekomendasi pantai yang cukup memfasilitasi Anda dengan aktivitas perairan yang lebih dekat dengan alam. Salah satunya, pantai Sawarna ini ramah bagi para peselancar. Pagi, siang, sore, atau pun malam, kunjungan Anda tetap diterima di Sawarna karena menerapkan akses 24 jam. Meski sudah naik kelas hingga mancanegara Pantai Sawarna hanya menarik harga Rp5 ribu. Namun, kemungkinan besar belum termasuk parkir mobil atau motor Anda. Ada hal yang menarik lagi. Desa Sawarna juga dikelilingi oleh pegunungan, goa-goa, sungai, dan rangkaian pantai pasir putih.

3. Pantai Karang Bandung

Karang Bandung Beach sudah banyak disebut-sebut sebagai pantai area Bandung yang wajib dikunjungi. Alasannya karena lautan ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Jadi, istilah pantai perawan pun cocok untuk menggambarkan Karang Bandung Beach. Tepatnya di pulau narapidana Nusakambangan, Cilacap, Jawa tengah. Untuk bersantai di sini memang butuh menempuh jalan yang lama karena termasuk pantai pulau terpencil Nusakambangan. Fasilitas pantai pun masih gratis karena belum ada pengelolaan resmi. Namun, Anda tetap bisa menikmati perahu layar Pantai Karang Bandung.

4. Pantai Santolo

Selanjutnya, pantai yang juga dekat dengan kota Bandung adalah pantai Santolo. Cukup dekat karena masih area Kabupaten Garut. Berkunjung ke sini, Anda akan menikmati sebuah nostalgia dari bangunan-bangunan bersejarah kolonial Belanda dan hijaunya kaki Gunung Papandayan. Jika berangkat dati Bandung melintasi Ciwidey-Cidaun, perjalanan sekitar 4 jam untuk mencapainya. Pantai Santolo sebenranya menjadi sentral para nelayan tradisional. Apalagi, terdapat dermaga kapal ikan Pameungpeuk.

5. Pantai Tanjung Layar

Bagi Anda yang ingin hunting foto yang unik, Anda bisa berkunjung ke Pantai Tanjung Layar. Tanjung Layar memiliki beberapa spot foto yang unik dan cocok untuk keperluan latar fotografi anda. Lokasi pantai ini ialah Sawarna, Bayah, Lebak, Banten Jawa Barat. Untuk mencapai lokasi wisata bahari ini Anda tidak harus melewati jalan yang terjal.

Panorama pantai ini tidak seperti wisata bahari pada umumnya. Ujung Layar tidak hanya didominasi oleh pasir putih, tetapi juga beragam bentuk batu karang yang membuatnya semakin menarik bagi para pengunjung. Harga tiket masuk pantai sangatlah murah yaitu hanya lima ribu rupiah saja. Selain itu pantai ini juga memiliki jam buka selama 24 jam.

6. Pantai Ciantir

Wisata pantai terdekat dari daerah Bandung berikutnya yang bisa masuk dalam list kamu adalah Pantai Ciantir. Anda pun bisa menemukan Pantai Ciantir ini tepatnya di Jl. Cikawung, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Memiliki bentang garis pantai yang panjang, Pantai Ciantir tidak terlalu banyak bebatuan. Buat Anda yang ingin sekadar bermain pasir pantai atau berenang, wisata pantai yang satu ini rasanya bisa menjadi tujuan yang tepat. Pantai Ciantir juga kerap menarik perhatian wisatawan asing untuk berselancar karena ombaknya yang besar di bulan-bulan tertentu. Anda pun bisa melihat banyak pepohonan alami yang tumbuh di sekitaran pantai sehingga membuat suasana pantai masih sangat asri.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply