6 Wisata Sejarah di Kuningan, Ada Situs yang Berusia 2.000 Tahun

Tempat Wisata Sejarah di Kuningan

Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, terkenal dengan keindahan alamnya. Selain wisata alam, wisatawan juga bisa menjumpai tempat wisata sejarah di Kuningan.

Berikut beberapa tempat wisata sejarah di Kuningan:

1. Gedung Perundingan Linggarjati

Gedung ini merupakan saksi penting peristiwa bersejarah, yaitu Perundingan Linggarjati. Salah satu hasil Perundingan Linggarjati adalah terbentuknya Republik Indonesia Serikat (RIS).

2. Museum Situs Purbakala Cipari

Museum ini menyimpan koleksi artefak kuno peninggalan zaman megalitikum atau zaman batu, seperti kubur batu, menhir, batu kapak, gelang batu, gerabah, dan sebagainya.

3. Cibulan Obyek Wisata Cibulan

Cibulan merupakan obyek wisata tertua di Kuningan. Di sini, Anda bisa berenang dan berfoto bersama ikan dewa, ikan endemik dengan ukuran besar yang diyakini sakral oleh masyarakat setempat.

4. Petilasan Prabu Siliwangi

Di dalam kawasan obyek wisata Cibulan, ada lokasi yang diyakini sebagai petilasan Raja Pajajaran, Prabu Siliwangi. Tempat itu adalah tujuh sumur atau mata air, yang dikenal sebagai Situs Tujuh Sumur.

5. Situs Lingga

Situs Lingga diperkirakan berusia sekitar 2.000 tahun, dan merupakan salah satu tempat berkumpulnya raja-raja tatar Pasundan untuk menanyakan waktu (hari, bulan, dan tahun).

6. Gedung Sjahrir

Bangunan bersejarah ini digunakan sebagai tempat menginap delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Sutan Sjahrir saat Perundingan Linggarjati.

Tempat wisata sejarah di Kuningan ini menawarkan wisata edukatif dan menarik bagi wisatawan yang ingin mempelajari sejarah dan budaya Kuningan.

Tips:

  • Sebelum mengunjungi tempat wisata sejarah di Kuningan, ada baiknya mencari informasi terlebih dahulu tentang jam buka, harga tiket masuk, dan aturan yang berlaku.
  • Gunakan pakaian yang sopan dan nyaman saat mengunjungi tempat wisata religi.
  • Jagalah kebersihan dan kelestarian tempat wisata sejarah.

Semoga bermanfaat!

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar