7 Kebun Binatang Terbesar di Dunia

 Kebun binatang yang memiliki satwa dan wahana anak-anak sudah biasa ditemukan di Indonesia. Namun, apa jadinya jika Anda mengalami kunjungan di kebun binatang yang dilengkapi kereta gantung bagi wisatawan. Itu pengalaman yang pasti Anda tunggu-tunggu, bukan? Berbeda dari biasanya, 7 kebun binatang terbesar di dunia berikut ini patut dikunjungi segera!

1. Berlin Zoo Jerman

Saat perang dunia II tiba sekitar abad ke-19 yang lalu, orang-orang Jerman dengan sejarah terkelam seperti holocaust masih memikirkan bagaimana menyelamatkan hewan. Kemudian, dibangunlah Berlin Zoo sebagai margasatwa umum yang berdiri di tanah sangat luas sekitar 90 hektar. Berbagai satwa manca negara bisa Anda temukan di sini, khususnya beruang kutub yang bisa juga Anda nikmati keseruan atraksi darinya. Tiket masuk Berlin Zoo ditetapkan sekitar US$19 dengan aneka ragam fasilitas yang sesuai harga.

2. The Wilds Safari Park Ohio

Kebun binatang terbesar di dunia The Wilds Safari Park berlokasi di 14000 International Rd, Cumberland, Ohio, Amerika Serikat. Taman safari ini berdiri kokoh dan sangat luas bagi para satwa dengan luas 4 ribu hektar. Bukan hanya sekadar kebun binatang biasa. The Wilds Safari Park menyediakan area hiking. Jika Anda tidak cukup puas untuk berinteraksi dengan cheetah, jerapah, badak putih, dan satwa liar lainnya, maka cobalah bersantai dengan memancing ikan. Tidak perlu takut letih juga karena Anda akan dimanjakan dengan bus safari di sini.

3. Henry Doorly Zoo Omaha

Masih area Amerika, Henry Doorly Zoo pun masuk peringkat kebun binatang terbesar di dunia. Berada di Kota Omaha, negara Nebraska, Amerika Serikat. Kebun binatang Omaha ini memiliki gurun pasir indoor dengan kubah kaca terbesar di dunia. Meskipun luas lahannya tidak semegah The Wilds Safari Park Ohio, Henry Doorly Zoo sangat menarik perhatian wisatawan dunia. Tercatat sekitar 17 ribu hewan dengan 962 spesiesnya sudah berlindung di sini.

4. Toronto Zoo Kanada

Kanada juga mampu bersaing dengan hadirnya kebun binatang terbesar yang menggeser kebun serupa. Sebut saja Toronto Zoo yang memiliki total satwa mencapai 16 ribuan dengan 491 spesies. Untuk kenyamanan satwa, mereka membangun Toronto Zoo di tanah 287 hektar. Satwa-satwa di sini berhabitat asli dari banyak geografis seperti asli Kanada, Afrika, Indo-Malaya, dan lain-lain.

5. Chester Zoo, Inggris

Kebun binatang terbesar di Inggris disebut Chester Zoo atau Kebun Binatang Chester. Chester Zoo tercatat telah merawat lebih dari 35 ribu satwa dengan beberapa tempat penangkarannya. Satwa yang paling terpenting bagi dunia adalah badak hitam yang terawat tenang di sini. Tiket masuk kawasan Chester Zoo ditaksir senilai US$22. Selain Indonesia, Chester Park Zoo juga menjadi habitat kedua bagi komodo.

6. Taman Zoologi Sri Venkateswara India

Kebun binatang terbesar di dunia pertama jatuh pada Taman Zoologi Sri Venkateswara di Tirupati, India yang sudah ada sejak 1987. Macan tutul raksasa yang mencapai berat 143 kilogram akan Anda temukan di Sri Venkateswara ini. Tercatat kurang lebih terdapat 100 spesies aneka burung yang memang sengaja dijadikan edukasi. Berbicara luas lahan kebun binatang terbesar pertama di dunia, Taman Zoologi Sri Venkateswara mengalahkan The Wilds Safari Park Ohio pada angka 5.532 hektar.

7. Taman Zoologi Nasional Pretoria

Kebun binatang terbesar di dunia dilengkapi dengan bangunan megah Taman Zoologi Nasional di Pretoria, Afrika Selatan atau National Zoological Gardens of Africa. Luasnya memang hanya 210 hektar, tetapi hal menakjubkan dari kebun binatang Pretoria ini adalah tetap menjaga habitat asli yang dikelilingi oleh Sungai Apies sekaligus dengan kecuraman bukit yang memisahkan dataran datar. Anda juga memiliki kesempatan mempelajari satwa dengan mendaftarkan diri di program Zoo Camps atau Sunset Zoo Safari. Lalu, menaiki kereta gantung wisatawan.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar