7 Makanan Khas NTT yang Memanjakan Lidah, Ada Kolo hingga Karmanaci

Nusa Tenggara Timur (NTT) terdiri dari beberapa pulau besar seperti Flores, Sumba, Timor, dan Alor, serta beberapa pulau kecil lainnya. Provinsi NTT bukan hanya dikenal dengan keindahan alamnya, seperti Labuan Bajo, tetapi juga memikat lidah dengan ragam kuliner lezat. Dari hidangan tradisional hingga kreasi unik. Dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 makanan khas NTT yang patut dicoba:

1.Kolo

Kolo, sebuah hidangan nasi bakar khas Manggarai, menawarkan pengalaman kuliner yang unik. Dalam bahasa setempat, “tapa kolo” berarti nasi bambu yang dibakar. Hidangan ini sering disajikan pada upacara sakral dan dibuat dengan memasukkan beras yang dicampur dengan bumbu ke dalam bambu, lalu dibakar di atas bara api.

2. Catemak Jagung

Catemak Jagung terbuat dari bahan-bahan alami dan sering dihidangkan sebagai makanan penutup. Rasanya yang asin dan gurih membuatnya menjadi favorit. Menggunakan jagung, kacang tanah, kacang hijau, dan kadang-kadang labu, catemak cagung direbus dengan bumbu-bumbu yang memberikan cita rasa istimewa.

3.Kue Alu Ndene

Kue Alu Ndene yang berasal dari Ende, Flores ini terbuat dari ubi nuabosi. Proses pembuatannya melibatkan air perasan ubi yang diendapkan dan dieringkan, menghasilkan tepung yang disebut alu. Tepung alu dicampur dengan kelapa parut dan garam, kemudian dipipihkan dengan tempurung kelapa dan dituang dengan gula merah.

4. Rumpu Rampe

Rumpu Rampe, makanan khas Maumere, adalah tumisan yang menggabungkan daun pepaya dan bunga pepaya dengan bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan cabe rawit. Meskipun mungkin memiliki rasa pahit, kombinasi bumbu yang terampil menciptakan sensasi nikmat yang tak terlupakan.

5.Sei Sapi

Sei Sapi berasal dari Pulau Rote. Ini adalah hidangan daging tipis yang dipotong memanjang dan dihasilkan melalui proses pengasapan. Awalnya menggunakan daging buruan seperti rusa dan babi hutan, namun sekarang dapat disesuaikan dengan daging sapi. Penggunaan arang dan kayu tanaman kosambi dalam proses pengasapan memberikan aroma dan sensasi unik.

6. Ikan Kuah Belimbing

Ikan Kuah Belimbing terbuat dari ikan tongkol yang dimasak seperti sop dengan tambahan bumbu-bumbu spesial dan irisan tipis buah belimbing. Kombinasi unik ini memberikan cita rasa yang menyegarkan dan lezat.

7. Karmanaci

Karmanaci terdiri dari daging sapi cincang yang ditumis dengan bumbu-bumbu khas. Sebelum ditumis, daging direbus dengan rempah, garam, gula, dan bumbu lain untuk memberikan cita rasa yang kaya dan lezat.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply