7 Patung Tertinggi di Indonesia, Mengagumkan dan Menarik Dikunjungi

Patung menjadi karya seni yang sering menjadi ikon di suatu daerah. Di negara kita juga terdapat beberapa bangunan yang tergolong sebagai patung tertinggi di Indonesia. Biasanya patung tersebut dibangun untuk mengingat peristiwa sejarah atau keperluan lain termasuk bentuk rasa syukur terhadap Tuhan.

Patung merupakan bangunan dengan daya tarik tersendiri, sehingga sering menjadi destinasi wisata. Selain bernilai seni, ukuran, dan ketinggian patung juga membuat banyak orang tertarik untuk datang berkunjung. Pada kesempatan kali ini,  katadata.co.id merangkum tujuh patung tertinggi di Indonesia, berikut daftarnya.

Daftar Patung Tertinggi di Indonesia

1. Garuda Wisnu Kencana, Bali

Patung tertinggi di Indonesia yang pertama yaitu Garuda Wisnu Kencana (GWK) dengan ketinggian 121 meter dan sayap yang melebar 64 meter. Patung ini merupakan perwujudan dari Dewa Wisnu sedang mengendarai burung garuda. Maka dari itu, patung ini bernama Garuda Wisnu Kencanya.

Letak patung ini ada di Bukit Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Patung digagas oleh I Nyoman Nuarta ini dibangun selama 28 tahun.

Di kurun waktu tersebut, pembangunan GWK sempat terhenti saat krisis moneter di tahun 1998. Pembangunan tersebut juga sempat mengalami kendala karena sebagian besar pemuka agama Hinda di Bali menolak patung besar ini. Mereka menganggap bahwa patung ini bisa mengganggu keseimbangan spiritual pulau Bali dan kurang etis untuk tempat wisata.

Walaupun demikian pembangaun tetap dilanjutkan hingga akhirnya masyarakat Bali beranggapan bahwa kehadiran GWK bisa membuat semakin banyak orang yang datang ke daerah mereka.

2. Monumen Jalesveva Jayamahe, Jawa Timur

Patung tertinggi lainnya yang ada di Indonesia yaitu Monumen Jalesveva Jayamahe di Kota Surabaya, Jawa Timur. Patung ini memiliki tinggi mencapai 60,6 meter. Monumen ini menggambarkan prajurit TNI AL yang mengenakan seragam lengkap.

Monumen Jalesveva Jayamahe didirikan pada tahun 1993 oleh Pimpinan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Maritim Indonesia, lalu dilanjutkan oleh Laksamana TNI Muhamad Arifin dan dirancang oleh I Nyoman Nuarta.

Monumen ini tidak hanya menjadi bangunan ikonik namun juga menjadi mercusuar untuk kapal yang ada di sekitar lokasi tersebut.

3. Patung Yesus Memberkati, Sulawesi Utara

Kita mungkin mengenal patung Yesus tertinggi di dunia yang ada di Brazil, namun ternyata di Indonesia ada juga patung Yesus yang sangat tinggi. Di Manado, Sulawesi Utara terdapat Patung Yesus Memberkati dengan tinggi 50 meter.

Patung ini dibangun dengan kemiringan 20 derajat yang menghadap Kota Manado. Sehingga bentuknya cukup unik. Seperti namanya, patung ini bermakna bahwa Yesus sedang memberkati kota tersebut. Jika ingin mencapai patung ini, Anda harus melewati 200 anak tangga yang memiliki 14 titik pemberhentian.

4. Patung Maria Bunda Segala Bangsa, Nusa Tenggara Timur

Patung tertinggi di Indonesia lainnya ada di Nusa Tenggara Timur tepatnya di Maurmere. Patung ini memiliki tinggai 46 meter. Patung tinggi ini menjadi ikon kota tersebut. Bangunan ini berdiri di atas bukit yang hijau sehingga pemandangannya semakin menawan. Di depan patung ini ada kursi kayu yang biasanya dijadikan sebagai tempat duduk orang-orang yang hendak beribadah.

5. Patung Yesus Burake, Sulawesi Selatan

Patung Yesus lainnya yang juga masuk dalam daftar patung tertinggi di Indonesia yaitu Patung Yesus Burake yang ada di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Patung ini mempunyai tinggi 45 meter dengan bahan coran perunggu. Uniknya patung ini berada di bukit dengan tinggi 1.700.

Patung Yesus ini menjadi daya tarik setiap orang yang datang ke daerah tersebut. Pemandangan di sekitar patung ini juga sangat indah sehingga menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

6. Patung Bunda Maria Assumpta, Jawa Tengah

Patung Bunda Maria Assumpta juga menjadi patung tertinggi yang ada di Indonesia. Patung Bunda Maria Assumpta ada di kompleks wisata religi Gua Maria Kerep, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Patung dibuat oleh seniman asli Ambrawa dengan ketinggian 42 meter. Patung tinggi ini menghadap ke timur, yang bermakna bahwa Bunda Maria selalu menyinari apapun dan siapapun. Disekitar patung tersebut juga ada tujuh pancaran sinar yang bermakna Sapta Duka Bunda Maria.

7. Patung Kwan Sing Tee Koen, Jawa Timur

Patung tertinggi di Indonesia lainnya ada di Tuban, Jawa Timur. Patung tersebut bernama Patung Kwan Sing Tee Koen. Patung ini memiliki ketinggian 30,4 meter. Patung ini didirkan saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kelenteng Kwan Sing Bio ke 1857 tahun.

Sebagai informasi, Kwang Sing Tee merupakan ksatria bagi masyarakat Cina. Ia diketahui memiliki kejujuran dan tidak pernah ingkar janji. Sehingga masyarakat Cina dan keturunanya yang ada di Indonesia menjadikannya sebagai teladan.

Itulah tujuh patung tertinggi di Indonesia yang mengagumkan dan menarik untuk dikunjungi. Selain ke tujuh patung tersebut, di Indonesia masih banyak patung atau monumen lain yang tak kalah menarik.

 

sumber: katadata.co.id

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply