7 Rekomendasi Wisata Alam di Malang yang Menarik Dikunjungi

Memasuki waktu liburan panjang, wisata alam di Malang bisa Anda pertimbangkan. Kabupaten Malang telah menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jawa Timur. Selain wisata buatan, ada juga sejumlah wisata alam yang indah.

Destinasi wisatanya cukup lengkap mulai dari air terjun yang asri, pantai pasir putih, perbukitan dan kebun teh Beberapa destinasi wisata alam di Malang Jawa Timur tersebut bisa membuat lelah dan rasa penat Anda hilang seketika.

Hal-hal yang Perlu Disiapkan saat Liburan ke Wisata Alam

Berada di sekitar alam yang luas, tubuh dan pikiran tentunya perlu disiapkan sematang mungkin, terutama fisik. Pengunjung biasanya disarankan untuk melakukan riset cuaca terlebih dahuu. Berikut hal-hal yang perlu disiapkan saat liburan ke wisata alam di Malang:

1. Waktu

Waktu menentukan apakah wisata kita akan berjalan baik atau tidak. Banyak orang memilih wisata di akhir pekan padahal itu bisa menimbulkan kemacetan di tempat atau jalan menuju ke lokasi wisata. Akan lebih baik jika memilih waktu saat orang sibuk bekerja dengan mengambil cuti dari perusahaan.

2. Kesehatan

Jangan sampai pergi berwisata dalam keadaan sakit. Sebab rasanya akan kurang apabila kita menikmati wisata dalam keadaan sakit. Pastikan tubuh dalam kondisi fit, jika perlu rajinlah mengonsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh saat pergi berwisata.

3. Kondisi Cuaca

Cuaca menjadi hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat pergi berwisata. Sebaiknya hindari pergi ke tempat wisata apabila ombak sedang pasang dan anginnya kencang. Penting bagi kita untuk mengecek perkiraan cuaca di suatu tempat saat dikunjungi.

4. Uang

Apabila uang yang kita miliki jumlahnya sedikit atau hanya cukup untuk makan sebaiknya menunda rencana pergi berwisata. Sebab akan banyak pengeluaran tidak terduga saat pergi ke lokasi wisata. Bekerjalah dengan giat agar menghasilkan banyak uang dan bisa pergi berwisata.

Rekomendasi Wisata Alam di Malang

Malang dikenal sebagai penghasil apel terbesar di Indonesia, memiliki rasa buah manis dengan kualitas terbaik. Berikut 7 rekomendasi wisata alam terbaik di Malang:

1. Coban Rais

Air Terjun Coban Rais (Dolandolen.com)

Pilihan wisata air terjun di Malang ada Coban Rais. Air Terjun Coban Rais memiliki tinggi 20 meter, terletak di Dusun Desel, Desa Oro-oro, Kecamatan Batu, Malang. Letaknya sekitar hutan lebat sehingga pemandangannya masih terlihat asri.

Perjalanan menuju air terjun Coban Rais cukup menantang sehingga wisatawan dihimbau untuk berhati-hati. Dulu Coban Rais bernama Coban Sabrangan karena perjalanan menuju ke lokasinya harus menyebrangi 14 sungai. Untuk masuk ke Coban Rais, pengunjung harus membayar tiket masuk Rp 12.500.

2. Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo (Regional.kompas.com)

Coban Rondo dalam bahasa Jawa memiliki arti air terjun, rondo memiliki arti janda. Legenda awal Coban Rondo berasal dari istri Raden Baron, Dewi Anjarwati yang disukai oleh Joko Lelono. Perkelahian yang terjadi antara suami dan Joko Lelono karena perebutan cinta yang membuat keduanya tewas.

Dewi Anjrwati pun menjadi Janda. Lokasi wisata Coban Rais jaraknya sekitar 31 km dari pusat kota Malang. Lokasi tepatnya ada di Kecamatan Pujin, Kabupaten Malang. Harga tiket masuk Coban Rondo mulai dari Rp 35.000 – Rp 40.000.

3. Bukit Teletubies Batu

Bukit Teletubbies Batu Malang (Hargatiket.net)

Bukit teletubbies merupakan wisata alam di Malang gratis dalam bentuk perbukitan. Gunung Bromo memiliki pemandangan yang tidak kalah menarik dengan Bukit Teletubbies yang ada di sekitar kawasan Gunung Bromo.

Bukit Teletubbies Batu serupa hamparan bukit yang ditutup oleh rumput warna hijau. Bukit ini memiliki pemandangan pegunungan Arjuno yang indah. Cocok untuk melepas penat sambil piknik menggelar tikar dan membawa bekal. Lokasinya ada di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

4. Bukit Nirwana

Bukit Nirwana (Travel.tribunnews.com)

 

Bukit Nirwana merupakan wisata alam di Malang yang ada di dataran tinggi, sekitar perbukitan. Bukit Nirwana memberikan pengalaman wisata di atas bukit. Pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang indah dengan dikelilingi sepuluh gunung sambil menikmati panorama sunset dan sunrise.

Wisawatan bisa berkemah di Nirwana Camp menggunakan tenda sambil menyalakan api unggun. Bukitnya terletak di Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Malang. Untuk menuju ke Bukit Nirwana bisa ditempuh dalam waktu 30 menit menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

5. Mata Air Sumber Sirah

Sumber Sirah Malang (Sikidang.com)

Mata air sumber sirah bisa Anda pertimbangkan sebagai lokasi wisata alam di Malang yang lokasinya ada di Patuk Utara, Kecamatan Gondanglegi, Malang. Mata airnya dikenal jernih sehingga pengunjung bisa melakukan snorkeling agar bisa menikmati pemandangan bawah air tersebut.

Untuk menuju ke mata air Sumber Sirah, pengunjung harus berhati-hati karena memiliki kontur kedalaman yang berbeda mulai dari 0,8 hingga 1,5 meter, di sarankan tidak melompat saat memasuki mata air. Mata air satu ini dikelilingi oleh pohon-pohon rindang sehingga bisa membuat suasana damai, sejuk dan nyaman.

6. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna Malang (Citragardencitymalang.ciputra.biz)

Pantai Tiga Warna memiliki air laut yang memiliki gradasi tiga warna yaitu hijau, biru dan cokelat kemerahan. Gradasi di pantai Tiga Warna bisa menciptakan pemandangan luar biasa bagi pengunjung. Lokasinya ada di jalan Sendang Biru, Sumbermanjing, Malang. Harga tiket masuk ke Pantai Tiga Warna tahun 2023 termasuk murah yaitu hanya Rp 10.000 saja.

Gradasi yang dihasilkan oleh pantai Tiga Warna berasal dari pembiasan cahaya matahari dan plankton di pantai tersebut. Pantai Tiga Warna dikenal sebagai kawasan rehabilitas dan konservasi mangrove, hutan lindung dan terumbu karang. Pengunjung juga bisa bermain snorkeling di Pantai Tiga Warna ini karena ombaknya cenderung tenang.

7. Taman Selecta

Taman Selecta (Suryamalang.tribunnews.com)

Taman Selecta merupakan tempat wisata di Malang yang lagi hits untuk liburan keluarga. Memiliki konsep agrowisata, Taman Selecta selalu ramai dengan wisatawan setiap harinya. Untuk menuju ke lokasinya, wisata alam Taman Selceta ada di Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuk Taman Selecta 2023 cukup murah mulai dari Rp 38.000.

7 rekomendasi wisata alam di Malang yang murah di atas bisa Anda pertimbangkan sebagai destinasi liburan di akhir pekan. Namun sebelum pergi berwisata sebaiknya perhatikan hal-hal yang perlu disiapkan saat pergi liburan ke lokasi wisata alam.

sumber: katadata

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply