7 Tempat Makan Dekat Stasiun Sudirman

 Stasiun Sudirman termasuk stasiun kereta yang lingkungannya terpencar banyak para pedagang kaki lima hingga restoran mewah. Mulai dari olahan mie, gorengan, dan menu-menu yang bisa Anda nikmati untuk sarapan hingga makan malam. Jadi, jika Anda turun dari kereta di Stasiun Sudirman saat perut keroncongan, tidak perlu overthinking mau makan di mana. Banyak kuliner di sekitar Stasiun Sudirman dengan harga terjangkau yang bia Anda coba seperti rekomendasi berikut ini.

1. Restoran Ikan Tude Manado

Makanan khas nusantara seperti Manado adalah tempat makan terdekat dari Stasiun Sudirman yang bisa Anda kunjungi. Meski nama restorannya spesifik pada ikan tude atau ikan kembung Manado, tetapi restoran Ikan Tude Manado juga menyediakan olahan daging ayam dengan bumbu khas Manado, Sulawesi Utara. Menu ikan lain yang ditawarkan oleh restoran 2 lantai ini antara lain, ikan cakalang, tuna, dan goropa (kerapu). Lalu, tidak ketinggalan juga sambal dabu-dabu Manado dan olahan sayurannya.

2. Bubur Ayam Sunda

Bubur ayam enaknya dinikmati pagi atau sore hari dengan sajian yang paling hangat. Lalu, tak ketinggalan pula topping seperti ayam surir, kaldu ayam kuning, kacang kedelai, hingga kerupuk yang menemani bubur putih ini.

Di dekat stasiun Sudirman, Anda bisa berkunjung ke warung Bubur Ayam Sunda terdekat. Ramainya suasana stasiun, enaknya diobati dengan sambal bubur ayam. Lalu, tambahkan sate-sate khas seperti telur puyuh. Sajian ini dibanderol mulai Rp 12.000 hingga Rp 18.000. Bubur Ayam Sunda buka pada pukul 06.00-12.00 WIB. Lalu dilanjutkan lagi buka pada pukul 16.00 hingga pukul 22.00 WIB. Bubur Ayam Sunda ini ada di Jalan Kendal Nomor 22, Menteng, Jakarta Pusat.

3. Mie Keriting Luwes

Mie Keriting Luwes persis di seberang pintu keluar Stasiun Sudirman, Jakarta. Meski tempatnya sederhana, rasa mie keriting dan baksonya tidak bisa Anda lewati begitu saja. Terutama jika siang hari, warung ini hampir membludak karena saking banyaknya pembeli.

Menu-menu Mie Keriting Luwes antara lain, mie ayam biasa, mie ayam bakso pangsit, mie ayam jamur, mie yamin, hingga mie bakso. Lalu, bakso kuah, bakso telur, serta bakso beranak yang super pedas bisa Anda beli di sini.

4. Steamboat Sukiyaki Barbeque

Barbeque sudah menjadi andalan kaum kekinian untuk menikmati tongkrongan. Anda juga bisa melakukannya jika sedang berada di area Stasiun Sudirman. Tepatnya, di Steamboat Sukiyaki Barbeque yang ada di Jalan Purwodadi Nomor 44 Menteng RT.9/RW.6, Dukuh Atas, Menteng, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat. Masih area dekat stasiun MRT Dukuh Atas, kok! Rstoran ini menyediakan menu daging panggang maupun steamboat yang dimarinasi dengan kecap inggeris. Masalah harga, Anda bisa membayarnya mulai Rp 40.000.

5. Kopinet

Lokasi Kopinet tepat di depan The City Tower, Jalan Blora Nomor 726, RT 2, RW 6, Dukuh Atas, Menteng, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat. Sesuai namanya, Kopinet menyediakan aneka kopi. Namun, berbagai makanan khas nusantara seperti soto Betawi dan sop buntut juga bisa dininmagi di sini. Harganya sangat bersaing, hanya mulai Rp 10.000 hingga Rp 85.000.

6. Kopi Mantuul

Masih tentang kopi. Di Stasiun Sudirman Anda juga akan menemukan Kopi Mantuul. Berdasarkan tingkat kelarisan, menu paket nasi, sayur, dan lauk adalah menu paling laris di sini. Memang cocok sembari Anda menunggu kereta tujuan datang! Buktikan sendiri saja dengan berkunjung ke Kopi Mantuul di Jalan Jenderal Sudirman Kavling 21, Jakarta.

7. Bihun Gorengan

Terakhir, Stasiun Sudirman juga memiliki penjual olahan gorengan dari bihun yang sekarang mangkal di depan pasar Blora. Gorengan yang per porsinya dijual Rp 8.000 ini enaknya dinikmati dengan sambal kacang yang pedas. Selain itu, Stasiun Sudirman memiliki penjual dim sum dan seblak khas Bandung yang juga ramai pembeli. Seporsi dimsum dihargai mulai Rp 14.000 dan seblak dihargai mulai dari Rp 10.000.

 

 

Sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply