7 Tempat Wisata Dekat Ragunan, Bisa buat Liburan Keluarga

Kebun Binatang Ragunan menjadi salah satu destinasi wisata paling diminati oleh warga Jakarta dan sekitarnya.

Namun, selain ke sana, ada beberapa tempat wisata dekat Ragunan yang juga bisa kamu kunjungi saat berada di kawasan Jakarta Selatan.

Berikut ini sejumlah tempat wisata dekat Ragunan yang bisa kamu kunjungi untuk liburan bersama keluarga, kerabat, atau bahkan sendirian, seperti dirangkum Kompas.com:

1. Taman Spathodea

Taman Spathodea di Jalan Raya Kebagusan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Foto diambil Jumat (16/3/2018).

Taman Spathodea di Jalan Raya Kebagusan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Foto diambil Jumat (16/3/2018).

Salah satu tempat wisata dekat Ragunan adalah Taman Spathodea, yang berjarak kurang lebih 1,2 kilometer (km).

Pengunjung yang datang bisa menikmati keindahan taman dan angin sepoi-sepoinya, atau berolahraga.

Fasilitasnya cukup lengkap ada lintasan jogging, outdoor gym, taman bermain untuk anak-anak, toilet, dan parkiran, seperti dikutip dari Tourist Information Center.

Taman Spathodea buka pukul 05.00-17.00 WIB. Lokasinya ada di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan.

2. Taman Dadap Merah

Taman Dadap Merah.

Taman Dadap Merah.

Taman dengan luas sekitar dua hektar ini sudah ada sejak 2012 lalu dan biasa digunakan masyarakat untuk bersantai atau olahraga.

Di sana, ada sebuah danau, lintasan jogging, serta area bermain anak yang bisa dinikmati pengunjung setiap harinya.

Kebanyakan pengunjung datang ke Taman Dadap Merah saat pagi dan sore hari untuk berolahraga, dikutip dari situs Direktorat Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan.

Alamatanya ada di Jalan Kebagusan Dalam, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Taman ini adalah salah satu tempat wisata dekat Ragunan, yang jaraknya hanya sekitar 2,2 km.

Taman Dadap Merah bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 06.00 sampai dengan 18.00 WIB.

3. Taman Tabebuya

Dekat dari Taman Taman Spathodea ada Taman Tabebuya, yang sangat cocok digunakan sebagai tempat liburan bersama keluarga.

Untuk itu, kamu yang mencari tempat wisata dekat Ragunan juga bisa mengunjungi destinasi ini.

Di Taman Tabebuya, para pengunjung bisa jalan-jalan, berolahraga, mau pun bermain.

Terdapat taman dengan kolam teratai dan hamparan rumput hijau yang luas. Luas tamannya mencapai 9.626 meter persegi dan banyak ditumbuhi dengan Pohon Tabebuya yang berasal dari Brazil, seperti dikutip dari Jakarta Tourism.

Keunikan Pohon Tabebuya terletak pada bagian bunganya yang berwarna merah muda, mirip seperti bunga Sakura saat bermekaran. Biasanya bunganya akan mekar pada akhir musim penghujan.

Jika ingin menikmati keindahan tamannya bisa berkunjung dari pukul 07.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Jaraknya dari Kebun Raya Ragunan kurang lebih 2,7 km. Alamat Taman Tabebuya ada di Jalan Moh Kahfi 1, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

4. Setu Babakan

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (17/10/2021).

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (17/10/2021).

Setu Babakan adalah salah satu kawasan perkampungan yang ditetapkan sebagai lokasi pelestarian budaya Betawi berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jakarta.

Berdasarkan situs resminya, di tempat ini pengunjung bisa melihat, mengamati, berinteraksi, dan merasakan kebudayaan Betawi secara langsung.

Selain rumah-rumah adat khas Betawi, pengunjung juga bisa melihat pergelaran seni musik, tari, hingga teater tradisional.

Tempat ini juga sejuk karena banyak ditumbuhi pepohonan rimbun, pas sekali buat dijadikan lokasi jalan-jalan bersama keluarga atau sekadar bersantai.

Dari Kebun Raya Ragunan menuju ke Setu Babakan jaraknya sekitar 4,5 km. Setu Babakan berlokasi di Jalan RM. Kahfi II, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

5. Museum di Tengah Kebun

Pendopo di Museum di Tengah Kebun, Kemang, Jakarta selatan.

Pendopo di Museum di Tengah Kebun, Kemang, Jakarta selatan.

Lokasi Museum di Tengah Kebun cukup tersembunyi dari hiruk pikuk Kota Jakarta. Jaraknya dari Kebun Raya Ragunan sekitar 5,3 km.

Sesuai dengan namanya, museum ini berada di tengah kebun yang luas dan indah.

Selain bisa melihat koleksi benda antik, pengunjung juga dapat menghirup udara segar dari tanaman dan pohon yang tumbuh, dikutip dari Kompas.com (26/05/2022).

Alamat Museum di Tengah Kebun berada di Jalan Kemang Timur Nomor 66, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Museum milik pribadi ini hanya bisa dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu. Jika berencana berkunjung, usahakan membuat reservasi minimal dua hari sebelum waktu kunjungan.

Ada dua sesi kunjungan yang bisa dipilih, yakni pagi pukul 09.30 hingga 11.30 WIB atau siang di Pukul 12.30 sampai 14.30 WIB.

6. Museum Layang-layang

Museum Layang-layang juga bisa menjadi pilihan jika kamu sedang mencari tempat wisata dekat Ragunan, karena jarak dua destinasi tersebut hanya sekitar 5,3 km.

Melansir Tribun Jakarta (25/11/2022), sebagai Museum Layang-layang pertama di Indonesia, koleksinya cukup banyak mencapai 500 buah. Koleksi layang-layang tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut laman Instagramnya, harga tiket Museum Layang-layang untuk dewasa adalah Rp 25.000, sedangkan anak-anak dikenai biaya Rp 20.000.

Lokasinya ada di Jalan H. Kamang Nomor 38, Cilandak, Jakarta Selatan. Buka pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB.

7. Museum Satriamandala

Pengunjung dapat menikmati 74 diorama dan koleksi benda-benda bersejarah di Museum Satria Mandala, Jakarta, Selasa (4/10/2017)

Pengunjung dapat menikmati 74 diorama dan koleksi benda-benda bersejarah di Museum Satria Mandala, Jakarta, Selasa (4/10/2017)

Museum Satriamandala juga dapat menjadi pilihan tempat wisata dekat Ragunan. Jaraknya sekitar 9,2 km.

Dulunya, tempat ini dikenal sebagai Wisma Yaso, yaitu kediaman Ratna Sari Dewi Soekarno.

Sebelum di makamkan di Blitar, Jawa Timur, Soekarno juga sempat disemayamkan di tempat yang beralamat di Jalan Jenderal Gatot Subroto Nomor 14, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan ini.

Dikutip dari situs Museum Indonesia, koleksi di museum ini adalah benda-benda bersejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari 1945 hingga sekarang.

Koleksinya seperti aneka senjata berat maupun ringan, atribut ketentaraan,serta panji-panji dan lambang-lambang di lingkungan TNI.

Ada juga kendaraan perang seperti tank dan panser, serta beragam jenis pesawat terbang peninggalan masa lalu.

Salah satunya adalah pesawat Cureng yang pernah diterbangkan oleh Agustinus Adisutjipto dan tandu yang digunakan Panglima Besar Jenderal Sudriman saat bergerilya melawan penjajah.

Harga tiket masuknya Rp 2.000 per orang. Tempat ini buka pukul 09.00-14.30 WIB. Namun, museum ini tutup pada hari Senin dan hari besar.

sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar