7 Tempat Wisata Romantis di Indonesia, Cocok untuk Rayakan Valentine

Hari kasih sayang atau Valentine tahun ini akan jatuh pada hari Senin, 14 Februari 2022. Menyambut hari Valentine, kamu dan orang terkasih bisa merayakannya di tempat yang spesial.

Tak perlu jauh-jauh, pilihan tempat merayakan Valentine bisa kamu temukan di berbagai daerah di Indonesia.

Ada beragam tempat romantis dan menarik untuk merayakan hari kasih sayang di dalam negeri.

 

Berikut tujuh destinasi wisata romantis di Indonesia yang cocok untuk jadi tempat merayakan Valentine.

1. Bintan, Kepulauan Riau

Lanskap Bintan di atas (Indonesia Travel)

Lanskap Bintan di atas (Indonesia Travel)

 

Pulau Bintan merupakan salah satu rekomendasi tempat romantis karena memiliki berbagai tempat wisata alam.

Pantai dengan pasir putih menjadi tempat yang cocok untuk quality time bersama pasangan, sambil melihat pemandangan laut.

Tak hanya itu, berbagai resor atau hotel yang dilengkapi restoran dan pantai pribadi juga tersedia di tempat ini.

Wisatawan bisa dimanjakan dengan berbagai fasilitas dari penginapan bintang lima, mulai dari spa hingga hiburan malam.

 

2. Lombok, Nusa Tenggara Barat

Pantai Gili Meno, Lombok, NTB

Pantai Gili Meno, Lombok, NTB

 

Lombok menawarkan berbagai tempat wisata dengan lanskap alam yang sayang dilewatkan, mulai dari pantai hingga pegunungan.

Ada beberapa tempat romantis yang menjadi rekomendasi, salah satunya adalah Gili Meno. Kamu dan pasangan bisa naik perahu atau kapal cepat melalui Pelabuhan Bangsal untuk menuju ke tempat itu.

Sama seperti Gili Trawangan, Gili Meno memiliki beragam aktivitas liburan yang bisa dicoba. Seperti snorkelingdiving, berenang, melihat penyu, berkuda keliling pantai, atau menikmati pasir putih.

Tempat romantis lainnya adalah Pantai Pink di Lombok Timur. Liburan di Pantai Pink dapat membuat pasangan bisa bersantai dengan privasi yang tetap terjaga.

 

3. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Ilustrasi pasangan yang tengah honeymoon di Labuan Bajo, NTT

Ilustrasi pasangan yang tengah honeymoon di Labuan Bajo, NTT

Labuan Bajo, yang belakangan ini semakin populer, menawarkan panorama perairan bergradasi biru hijau toska dan perbukitan.

Kamu bisa menyewa kapal pinisi untuk mengelilingi pulau-pulau, dengan fasilitas penginapan.

Tak hanya itu, ada budaya setempat yang bisa dieksplorasi di Kampung Budaya Compang To’e Melo. Beberapa kegiatannya, seperti menyaksikan tarian khas Manggarai, mencoba kuliner setempat, dan mengikuti aktivitas warga.

 

4. Ubud, Bali

Panorama persawahan di Desa Ubud, Bali.

Panorama persawahan di Desa Ubud, Bali.

Pulau Dewata merupakan salah satu destinasi wisata romantis yang populer di kalangan wisatawan Nusantara maupun mancanegara.

Pemandangan alam, variasi tempat wisata, budaya, aneka ragam kuliner, hingga berbagai pilihan akomodasi menjadi alasan Bali cocok sebagai tempat merayakan Valentine.

Kamu dan pasanganmu bisa coba berkunjung ke salah satu daerah yang terkenal romantis dan tenang, salah satunya Ubud.

Terdapat beberapa pilihan tempat wisata, di antaranya persawahan di Tegalalang, Monkey Forest, air terjun dan arung jeram, museum seni, dan pasar seni.

 

5. Yogyakarta

Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Pantai Parangtritis, Yogyakarta

 

Yogyakarta memiliki beragam pilihan wisata, mulai dari pegunungan hingga kota.

Beberapa hutan pinus dapat kamu datangi, di antaranya Hutan Pinus Mangunan dan Puncak Becici.

Kamu dan pasangan bisa piknik ditemani rindangnya pepohonan pinus. Bahkan kamu juga bisa berkemah, outbound, dan mencoba wisata off-road dengan jeep khusus.

Untuk wisata pantai, ada banyak juga pilihannya. Beberapa di antaranya Pantai Parangtritis, Parangkusumo, Depok, dan Goa Cemara.

Bersama pasangan, kamu dapat melakukan snorkeling, naik delman atau ATV di tepi pantai, kulineran, sampai foto-foto di spot Instagramable.

 

6. Lembang, Jawa Barat

Orchid Forest Cikole bisa menjadi alternatif tempat wisata Lembang jika kamu berlibur ke Bandung.

Orchid Forest Cikole bisa menjadi alternatif tempat wisata Lembang jika kamu berlibur ke Bandung.

 

Lembang di Kabupaten Bandung Barat memiliki sejumlah wisata alam dan penginapan dengan suasana romantis yang cocok untuk hari Valentine.

Kamu dan pasanganmu bisa mengunjungi salah satu penginapan di daerah Lembang. Dengan variasi yang beragam, kamu bisa milih menginap di hotel, vila, resor, atau bahkan glamping (glamour camping) dengan fasilitas lengkap.

Kemudian, ada beberapa tempat wisata romantis yang bisa kamu kunjungi selama di Lembang.

Seperti piknik di tengah hutan pinus Orchid Forest Cikole, berfoto-foto di Kebun Begonia Lembang, melihat Bandung dari ketinggian di Puncak Bintang, atau wisata ke Lembang Park & Zoo.

 

7. Pulau Seribu, Jakarta

Pengunjung bersepeda menyusuri Jembatan Cinta di Pulau Tidung, Sabtu (14/3/2015). Keindahan pantai di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini.

Pengunjung bersepeda menyusuri Jembatan Cinta di Pulau Tidung, Sabtu (14/3/2015). Keindahan pantai di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini.

 

Jika kamu ada di Jakarta dan ingin mencari sensasi wisata yang berbeda namun tidak terlalu jauh, kamu bisa mengunjungi Kepulauan Seribu.

Beberapa pulau sudah dilengkapi dengan penginapan, sehingga kamu bisa bersantai selama beberapa hari.

Selanjutnya, kamu bisa melakukan aktivitas lainnya, antara lain bermain di pantai, foto-foto, menyantap barbeku, snorkelingdiving, naik kapal, atau bermain banana boat dan jetski.

Pulau-pulau yang menjadi rekomendasi bagi wisatawan, di antaranya Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Pramuka, dan Pulau Kelapa.

 

 

Sumber: kompas.com

Ido Insight
Author: Ido Insight

Leave a Reply