7 Tips Dapat Tiket Pesawat Murah, Cari Waktu yang Tepat untuk Memesan

Honeymoon atau bulan madu merupakan momen berharga bagi pengantin baru. Pasalnya, pada momen inilah mereka dapat melepas penat setelah berjibaku dengan persiapan serta prosesi pernikahan yang menyita waktu, tenaga, dan pikiran.

Saat bulan madu, pengantin baru dapat bersantai dan menikmati keindahan destinasi tujuan sembari membuat perencanaan keluarga. Momen ini pun bisa menjadi kenangan indah sebelum kembali ke kesibukan masing-masing, seperti bekerja.

Agar momen honeymoon tambah romantis dan spesial, Kompas.com sudah merangkum empat destinasi bulan madu #DiIndonesiaAja yang memiliki pesona keindahan panorama alam dan kekayaan budaya untuk kamu pengantin baru.

1. Bintan, Kepulauan Riau

Pulau Bintan di Kepulauan Riau (Kepri) merupakan salah satu rekomendasi jujukan bagi pengantin baru untuk berbulan madu. Pulau terbesar di Kepri ini menawarkan panorama alam eksotis dengan berbagai destinasi wisata menarik.

 

Birunya laut, hamparan pasir putih, serta deretan pohon kelapa jadi suguhan pemandangan yang apik. Pantai berair jernih dengan suasana tenang jadi tempat ideal untuk quality time bersama pasangan.

Berbagai resor, restoran, hingga private beach bernuansa romantis tersebar di Pulau Bintan. Mulai dari resor yang dikelola warga lokal hingga yang berstandar internasional pun tersedia di sana. Salah satunya, Banyan Tree Bintan.

Untuk diketahui, Banyan Tree Bintan merupakan bagian dari Banyan Tree Group, brand hospitality asal Singapura yang juga memiliki resor mewah di Maldives.

Pulau Bintan di Kepri menyuguhkan panorama laut biru berair jernih dengan batuan granit. Deretan pohon kelapa jadi suguhan pemandangan yang apik.

Pulau Bintan di Kepri menyuguhkan panorama laut biru berair jernih dengan batuan granit. Deretan pohon kelapa jadi suguhan pemandangan yang apik.

Resor tersebut sudah mengantongi sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Dengan demikian, pengantin baru bisa nyaman berbulan madu di resor ini pada masa pandemi.

 

Berlokasi di tepi bukit, nuansa Banyan Tree Bintan terasa eksklusif sehingga cocok untuk berbulan madu. Setiap vila dikelilingi pohon-pohon tinggi layaknya tengah berada di hutan hujan tropis.

Vila tersebut semakin terasa mewah dengan kehadiran kolam renang pribadi. Tersedia pula fasilitas jacuzzi yang dapat dinikmati di area vila untuk menyaksikan matahari terbenam.

Pulau Beralas Pasir, Bintan, Kepri

Pulau Beralas Pasir, Bintan, Kepri

 

Sementara itu, bagi pasangan yang mendambakan konsep honeymoon di alam terbuka yang tenang, menginap di Pulau Beralas Pasir bisa menjadi pilihan tepat. Meski tak berpenghuni, pengelola telah menyediakan sejumlah penginapan di pulau itu untuk ditinggali.

Alternatif lain, kamu dan pasangan dapat mendirikan tenda pada area-area yang telah ditentukan di pulau tersebut. Dengan konsep kemah di tepi pantai ditemani deburan ombak, pengalaman bulan madu kamu pun akan semakin berkesan.

 

2. Ubud, Bali

Destinasi bulan madu yang banyak diimpikan pengantin baru adalah kawasan Ubud, Bali. Suasana magis nan romantis yang ditawarkan Ubud memang menjadi daya tarik tersendiri.

Dengan hawa sejuk, resor-resor di Ubud menyuguhkan panorama alami, seperti sawah, sungai, dan hutan. Pemandangan seperti ini merupakan ciri khas autentik Ubud. Tak heran, wisatawan lokal ataupun mancanegara kerap memasukkan Ubud sebagai bucket list impian untuk berbulan madu.

Kedamaian dan sejuknya udara di Ubud membuat siapa pun yang melancong ke sini enggan cepat pulang. Keindahan Ubud tercermin pada hutannya yang rimbun, bukit-bukit indah, dan tentunya hamparan sawah yang sangat rapi bernama sawah terasering.

Kedamaian dan sejuknya udara di Ubud membuat siapa pun yang melancong ke sini enggan cepat pulang. Keindahan Ubud tercermin pada hutannya yang rimbun, bukit-bukit indah, dan tentunya hamparan sawah yang sangat rapi bernama sawah terasering.

 

Salah satu resor yang cocok untuk bulan madu dan sudah mengantongi sertifikasi CHSE adalah Kaamala Resort Ubud. Resor ini menawarkan kamar yang dikelilingi miniatur hutan tropis khas Ubud sehingga menambah suasana romantis.

Setiap kamar didesain dengan konsep terbuka dikelilingi sawah terasering. Kombinasi konsep modern, tradisional, dan alam menjadikan suasana resor terasa asri dan nyaman untuk ditinggali.

 

Kamu pun bisa mengajak pasangan untuk memanjakan diri dengan menikmati fasilitas spa yang disediakan pihak resor.

Jangan lewatkan juga untuk menikmati candle light dinner yang ditawarkan resor atau vila mewah di Ubud dengan pemandangan sungai atau sawah menakjubkan.

Jika bosan, kamu dan pasangan pun bisa menikmati deretan kafe bernuansa romantis dengan kesan tradisional di berbagai sudut di Ubud. Dengan begitu, pengalaman bulan madu semakin terasa sempurna.

Pantai Gili Meno, Lombok, NTB

Pantai Gili Meno, Lombok, NTB

 

3. Lombok, Nusa Tenggara Barat

Salah satu tempat romantis untuk berbulan madu bersama pasangan selanjutnya adalah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pasalnya, Lombok menghadirkan berbagai destinasi wisata lengkap dengan lanskap alam yang indah, mulai dari pantai hingga pegunungan.

 

Jika ingin mencari tempat yang tenang, Gili Meno bisa jadi pilihan. Berbeda dengan gili (pulau kecil) lain yang ada di Lombok, Gili Meno memiliki suasana yang lebih privat sehingga cocok untuk honeymoon.

Gili Meno terletak di Desa Gili Indah, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Untuk tiba di sana, pengunjung dapat menggunakan perahu ataupun kapal cepat melalui Pelabuhan Bangsal.

Kemudian, dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri keindahan suasana perkampungan khas Lombok. Pemandangan di sana bisa semakin menambah keromantisan pasangan selama liburan.

Alternatif lain, pengunjung dapat menyewa sepeda atau menumpang transportasi tradisional Lombok, yakni Cidomo.

 

Seperti halnya di Gili Trawangan, Gili Meno juga memiliki beragam aktivitas liburan yang menarik. Sebut saja, snorkeling, diving, berenang, melihat penyu di habitat asli, hingga menikmati pasir putih di sepanjang pesisir. Wisatawan pun dapat berkeliling pulau dengan berkuda.

Tempat menarik lain sebagai jujukan berbulan madu di Lombok adalah Pantai Pink di Lombok Timur. Pantai ini menyuguhkan suasana pesisir yang indah dengan pasir berwarna pink atau merah muda.

Liburan di Pantai Pink dapat membuat pasangan lebih santai sembari merasakan pengalaman bulan madu dengan privasi yang lebih. Di pantai ini juga tersedia cottage yang nyaman untuk ditinggali sekaligus menjadi spot sempurna untuk menikmati sunrise dan sunset.

 

Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi bulan madu favorit para wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara.

Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi bulan madu favorit para wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara.

 

4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Kota di ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), ini juga bisa jadi destinasi pilihan untuk berbulan madu.

 

Perairan jernih dengan gradasi biru hijau toska dan barisan bukit Kepulauan Komodo menjadi pemandangan khas Labuan Bajo. Keindahan langitnya di kala senja pun tak boleh dilewatkan.

Tak heran, sepetak surga di timur Indonesia tersebut berhasil memikat wisatawan untuk bertandang dan datang lagi.

Di Labuan Bajo, kamu dapat menyewa kapal pinisi untuk mengitari pulau-pulau di sekitar perairan, baik secara share trip maupun private charter. Pengalaman bermalam di kapal pinisi dengan fasilitas mewah bikin honeymoon makin berkesan.

Berbagai resor dan hotel juga tersedia di sana untuk menikmati momen bulan madu romantis di Labuan Bajo.

 

Selain itu, Anda juga bisa mengajak pasangan mengeksplorasi budaya lokal di Kampung Budaya Compang To’e Melo. Di desa wisata ini, wisatawan bisa menyaksikan tarian khas Manggarai, mencicipi kuliner lokal, mengikuti aktivitas warga, seta belajar budaya setempat.

Itulah empat destinasi bernuansa romantis yang cocok untuk honeymoon pengantin baru #DiIndonesiaAja.

Namun, sebelum pergi berbulan madu, pastikan destinasi dan penginapan yang dipilih sudah tersertifikasi CHSE. Untuk mengetahuinya, kamu dapat mengunjungi laman indonesia.travel.

Tak hanya itu, kamu dan pasangan juga harus sudah divaksin. Selain melindungi diri dan orang terdekat dari Covid-19, vaksinasi merupakan syarat utama untuk bepergian menikmati panorama indah #WonderfulIndonesia.

 

Jika berkesempatan mendapatkan vaksin booster Covid-19, segeralah mengunjungi sentra vaksinasi. Dengan demikian, imunitas terhadap Covid-19 semakin kuat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, berbagai hal telah dicapai sepanjang 2021 dalam upaya membangkitkan dan mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Salah satunya adalah peningkatan kunjungan wisatawan nusantara ke Bali.

Pada 2021, Kemenparekraf telah menggenjot sertifikasi CHSE terhadap pelaku industri parekraf. Total, sebanyak 6.700 industri telah tersertifikasi CHSE pada tahun lalu.

Selain sertifikasi CHSE, Kemenparekraf juga menyiapkan strategi pengembangan destinasi pariwisata agar memiliki outstanding value proposition dan berdaya saing. Hal ini bisa didapat dengan menjunjung lokalitas, inklusivitas, dan prinsip berkelanjutan. Dengan demikian, ekosistem pariwisata yang terintegrasi dapat diwujudkan dan dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

 

Terkait perluasan lapangan kerja, Menparekraf mendorong berbagai pihak, utamanya pemerintah daerah, untuk mengoptimalkan sektor parekraf di setiap daerah. Menparekraf pun menyatakan siap mendukung secara penuh pengembangan destinasi serta desa wisata.

“Mudah-mudahan, (optimalisasi sektor parekraf dan desa wisata) juga menjadi kebangkitan ekonomi Indonesia yang membangun kesejahteraan untuk masyarakat,” kata Menparekraf seperti dikutip dari laman Kemenparekraf.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi seputar pariwisata dan berbagai produk ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja, kamu bisa mengikuti akun Instagram @pesonaid_travel. Selain informasi terkini, kamu bisa pula mengikuti program berhadiah Pesona Punya Kuis (PUKIS) dengan total hadiah senilai jutaan rupiah yang digelar Kemenparekraf.

Cara mengikutinya cukup mudah, yakni dengan menjawab satu pertanyaan yang diberikan melalui akun Instagram tersebut, dan tag tiga orang teman.

 

Sumber: kompas.com

Ido Insight
Author: Ido Insight

Leave a Reply