7 Toko Roti Legendaris di Yogyakarta, Ada yang Buka Sejak 1930an

Selain menikmati aneka kuliner khas nan legendaris di Yogyakarta, lengkapi juga dengan mengunjungi sederet tempat jual roti terkenal di Yogyakarta yang sudah buka sejak puluhan tahun yang lalu.

Sederet toko roti Yogyakarta yang satu ini masih mempertahankan cara masak, bahan, hingga kualitas yang sama. Mari nostalgia sejenak dengan mengunjungi beberapa toko roti jogja terkenal berikut ini.

1. Toko Djoen

Toko Djoen berlokasi di Jalan Margo Mulyo Nomor 78, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Buka dari pukul 11.00-21.00 WIB.

Toko roti Yogyakarta yang satu ini sudah ada sejak tahun 1930an. Salah satu jenis roti andalan yang masih dibuat hingga hari ini adalah roti rempah khas Belanda atau Onbitjkoek, roti sobek polos, roti rol polos, dan roti semir.

2. Trubus Bakery

Trubus Bakery berada di Jalan Poncowinatan Nomor 67, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka dari pukul 07.00-12.00 WIB.

Toko roti legendaris Jogja yang selanjutnya ini sudah ada sejak tahun 1958. Nama trubus dari toko ini diambil dari nama nenek sang pemilik yang sudah menjajakan roti sejak dulu.

Ada aneka menu roti jadul hingga camilan khas seperti Lumpia dan Kroket dengan harga mulai dari Rp 6.000. Selain menjajakan roti, jajanan pasar, atau kue, Trubus Bakery juga menjual masakan dalam kemasan dengan harga mulai dari Rp 10.000.

3. Toko Roti Jakarta

Toko Roti Jakarta berlokasi di Jalan Jlagran Lor Nomor 7, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Buka dari pukul 07.00-21.00 WIB.

Toko roti terkenal di Yogyakarta yang selanjutnya ini sudah ada sejak tahun 1924. Toko Roti Jakarta masih konsisten dalam membuat dan menjual aneka menu roti jadul seperti roti sobek, lapis legit, hingga roti peninggalan Belanda.

Tak hanya itu saja, toko roti yang satu ini juga menerima aneka pesanan roti modern yang bisa kamu jadikan isian hantaran atau kotak jajan.

Salah satu yang otentik adalah Ontbijtkoek yang dijual dengan harga mulai dari Rp 10.000.

4. Gita Anjana

Gita Anjana memiliki tiga cabang, salah satunya berada di Jalan Diponegoro 46, Yogyakarta. Toko roti yang terkenal dengan roti sobeknya ini sudah ada sejak tahun 1978.

Ada enam pilihan roti sobek ukuran besar dengan harga mulai dari Rp 45.000. Rasa atau taburan roti sobeknya berbagai macam, ada roti sobek kismis, roti sobek cokelat, hingga roti sobek keju.

Selain roti sobek, kamu bisa pesan aneka menu kue dan bolu dalam loyang seperti Chiffon Cake, Scramble Cherry, Marmer Classic, dan Brownies dengan harga mulai dari Rp 40.000.

5. Murni Roti

Murni Roti ini sudah ada sejak tahun 1952 dengan menjajakan berbagai jenis kue, roti, pastry, hingga tart. Ada juga jajanan pasar dan snack ringan untuk dinikmati di pagi hari.

Lokasinya berada di Jalan Bintaran Kidul Nomor 30, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta. Buka dari pukul 07.00-21.00 WIB.

Ada roti danish khas Denmark dengan aneka pilihan rasa, seperti Blueberry, Kiwi, Kurma, Srikaya, Dan Cokelat dengan harga mulai dari Rp 6.000.

Di sini, kamu juga bisa menemukan aneka menu bluder dengan berbagai isian seperti Cokelat, Keju, dan Daging.

6. Omah Roti Djogja

Omah Roti Djogja berlokasi di Jalan Gowongan Kidul Nomor 58, Jetis. Buka dari pukul 10.00-18.00 WIB.

Toko roti yang sudah buka sejak tahun 1966 ini menawarkan aneka menu roti dengan berbagai isian.

Di antaranya ada roti sobek cokelat lima potong, roti pandawa dengan bentuk bunga, roti semir yang manis dengan isian buttercream dengan harga mulai dari Rp 10.000.

7. Mirota Bakery & Resto

Mirota Bakery & Resto berada di Jalan Faridan Muridan Noto Nomor 7, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Buka dari pukul 07.00-19.00 WIB.

Jika kamu ingin mencicipi aneka roti jadul yang dibuat dengan kualitas bahan turun temurun, wajib mampir ke toko roti jogja satu ini.

Toko roti yang sudah ada sejak tahun 1949 ini memiliki nama panjang yaitu Minuman, Roti, dan Tart seperti jenis yang pertama kali dijual. Kemudian berganti dan fokus untuk menjual aneka roti.

Ada pilihan menu roti, kue, hingga bolu gulung dengan harga mulai dari Rp 6.000 yang bisa kamu pesan. Salah satu snack tradisional yang bisa kamu coba beli adalah Jadah Manten dengan harga mulai dari Rp 4,500.

sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar