7 Wisata Hijau Bumi Journey, Tanam Mangrove dan Terumbu Karang

Wisatawan yang mencari aktivitas bertema lingkungan bisa mengikuti aktivitas dari Bumi Jorney, organisasi yang khusus menyediakan trip (perjalanan) wisata berkonsep peduli lingkungan.

Tujuannya agar kegiatan wisata tidak hanya menyenangkan bagi peserta trip, tapi berdampak baik juga bagi lingkungan yang didatangi.

“Ketika kita traveling (bepergian), sama seperti kita bertamu. Orang yang didatangi harusnya merasa bahagia dan memberikan dampak baik ketika tamu tersebut pulang,” kata tim Bumi Journey, Salsabila Firda kepada Kompas.com di Taman wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, Jakarta Utara, Jumat (4/8/2023).

Bumi Journey menawarkan beragam kegiatan yang bisa diikuti oleh wisatawan, baik dalam bentuk grup maupun bepergian sendirian atau solo traveler.

Berikut beberapa trip wisata yang diadakan oleh Bumi Journey:

Aktivitas wisata hijau Bumi Journey

1. Mangrove Advanture: Race to Net Zero

Trip ini dilaksanakan di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Aktivitasnya meliputi Climate Session (sesi pemahaman mengenai iklim dan pentingnya peran mangrove).

Kemudian ada sesi Race to Net Zero, yang mana peserta akan berperan sebagai perusahaan untuk membuat keputusan investasi terkait produksi emisi karbon dan kondisi keuangan.

Setelahnya, akan ada sesi penanaman mangrove langsung oleh peserta.

2. Pulau Seribu, Desa Laguna Regenerative

Aktivitas ini dilaksanakan di Desa Laguna, Pulau Karang Bongkok, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Aktivitasnya yakni melihat pantai pantai sembari menikmati hidangan masakan rumahan. Pada akhir kegiatan akan ada aktivitas penanaman mangrove atau karang di sekitar pulau.

3. Pulau Harapan Mangrove Conservation

Aktivitas ini dilaksanakan di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Mulanya peserta akan naik kapal motor dari Jakarta ke lokasi.

Setelah itu acara dibuka dengan pembekalan mengenai iklim (Climate Session), lalu lanjut mengenal bibit mangrove dan berkunjung ke pusat pembibitan mangrove.

Pada akhir kegiatan akan ada aktivitas menanam mangrove langsung di laut oleh peserta.

4. Jakarta Mangrove Planting Trip

Trip ini dilaksanakan di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara.

Mulanya, peserta akan ikut kegiatan dengan sesi pembekalan mengenai iklim (Climate Session) dan permainan.

Setelah itu peserta akan berkunjung ke tempat pembibitan mangrove, dan mencoba menanam di area pembibitan.

Peserta kemudian lanjut pindah ke sesi penanaman mangrove di dalam bronjong (media tanam di dalam air berlumpur).

5. Bali Reef Rehabilitation Diving Trip

Trip ini dilaksanakan di Bali. Peserta akan menyelam dan melihat lokasi rehabilitasi terumbu karang milik Bumi Journey di Padangbai, Bali.

Tidak hanya melihat, peserta juga berkesempatan untuk menanam terumbu karang di lautan.

6. Lampung Conservation Trip

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Braja Harjosari, Taman Nasional Way Kambas, Lampung.

Adapun kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta meliputi penanaman pohon di Taman Nasional bersama Kelompok Tani Hutan.

Setelah itu dilanjutkan dengan berkunjung ke suaka gajah, menjelajah hutan, berkunjung ke peternakan lebah madu, berkunjung ke hutan karet, serta belajar tari dan gamelan Bali.

7. Tanjung Puting Nasional Park (Orangutan kelotok tour)

Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah.

Peserta nantinya bisa melihat vegetasi bakau serta melihat hewan endemik, seperti bekantan, monyet daun merah, lutung perak, dan aneka burung.

Selanjutnya juga ada kegiatan memberi makan orangutan, mendaki hutan hujan Kalimantan, dan melihat satwa liar di Sungai Sekonyer.

sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar