8 Fakta Menarik Berlian yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Berlian merupakan batu mulia berharga yang sering disebut sebagai sahabat perempuan. Berlian juga dikenal karena kecemerlangannya dan salah satu material terkeras yang ada di Bumi.

Mengutip Science ABC, berlian terbentuk jauh di dalam mantel Bumi melalui suhu dan tekanan tinggi yang menyebabkan karbon mengkristal menjadi struktur berlian.

Benua yang menghasilkan berlian paling banyak adalah Afrika, dengan beberapa negara seperti Botswana, Afrika Selatan, Angola, dan Republik Demokratik Kongo yang menjadi produsen berlian utamanya.

Itu hanya segelintir informasi mengenai berlian, masih ada fakta-fakta menarik berlian lainnya. Seperti apa berikut seperti dikutip dari Fun Facts About.

1. Berlian benar-benar tua

Berlian terbentuk bukan dalam waktu yang singkat melainkan jutaan tahun.

Setelah itu masih perlu berabad-abad bagi berlian untuk bergerak dari dalam mantel Bumi di mana mereka, menuju ke permukaan.

Gunung berapi lantas membawa mereka ke kerak tempat berlian ini kemudian akhirnya ditemukan untuk ditambang.

2. Bangsa Rowami yang kebingungan

Di Roma dan Yunani kuno, orang kebingungan saat melihat berlian. Mereka mengira berlian adalah air mata para dewa atau lebih tepatnya serpihan dari bintang jatuh.

Mereka kesulitan memahami dari mana batu-batu luar biasa itu berasal. Beberapa orang Romawi bahkan berpikir bahwa Cupid menaruh berlian di ujung anak panahnya.

Mungkin dari sini hubungan antara cinta dan berlian berasal.

3. Berlian berasal dari kata Yunani

Kata berlian berasal dari kata Yunani yaitu adamas. Kata tersebut berarti tidak dapat dihancurkan atau tidak terkalahkan.

4. Tidak ada berlian yang sama

Tidak ada dua berlian yang sama. Ini karena proses pembentukannya yang berbeda.

Perlu panas yang kuat, tekanan, dan waktu jutaan tahun untuk membentuk berlian. Masing-masing berlian juga memiliki ukuran dan bentuk yang berneda dengan warna yang unik.

5. Berlian sangat keras

Berlian adalah bahan alami terkeras yang pernah ditemukan. Faktanya, berlian mendapat peringkat 10 pada Skala Kekerasan Mohs, yang merupakan skor tertinggi mutlak.

Sebagai perbandingan, peringkat zamrud hanya 7,5. Satu-satunya hal yang dapat menggores berlian adalah berlian lain.

6. Memberikan kekuatan dan penyembuhan

Banyak peradaban kuno percaya bahwa berlian memberikan kekuatan bagi pemakainya dan melindungi mereka dalam pertempuran.

Prajurit akan berusaha keras untuk mendapatkan berlian untuk perlindungan.

Raja-raja kuno bahkan akan menghiasi baju zirah mereka dengan batu berharga tersebut.

Sementara orang Hindu kuno akan menempatkan berlian di mata patung yang mereka sembah. Mereka akan memakai berlian dengan keyakinan bahwa pemakainya akan tetap aman dari bahaya.

Sepanjang Abad Pertengahan, orang juga percaya berlian bisa menyembuhkan segalanya mulai dari sakit gigi hingga penyakit mental.

Keyakinan ini menyebabkan lonjakan perdagangan berlian dan penimbunan oleh orang kaya dan bangsawan.

7. Warna berlian bisa warna-warni

Meski kebanyakan orang membayangkan berlian sebagai batu sebening kristal, namun faktanya berlian bisa memiliki warna yang beragam.

Paling umum berlian berwarna kuning pucat atau berwarna krem. Namun berlian juga bisa berwarna biru, hijau, merah, atau hitam.

8. Ada planet berlian

Para ilmuwan telah menemukan sebuah planet yang hampir seluruhnya terbuat dari karbon dan kemungkinan sepertiga berlian.

Ilmuwan menemukannya pada tahun 2004 dan menamainya 55 Cancri e. Menakjubkan bukan?

 

 

sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar