8 Oleh-oleh Kuliner Lezat Khas Cirebon

Cirebon memiliki cerita unik tersendiri dari masyarakat Sunda lainnya. Kota Wali ini, berada di jalur pantai utara (Pantura) sehingga mempengaruhi kepadatan wisatawan. Jika Anda salah satu wisatawannya, jangan segan untuk melirik-lirik dagangan kaki lima atau toko oleh-oleh untuk dinikmati di rumah. Berikut rekomendasi 8 oleh-oleh kuliner lezat khas Cirebon. Asyiknya, bisa Anda bawa pulang sekaligus makan di tempat!

1. Jeniper atau Jeruk Nipis Peras

Jeniper adalah singkatan dari jeruk nipis peras. Minuman segar ini cocok Anda nikmati ditempat sambil dicampur es batu yang segar. Umumnya, Jeniper dikemas dalam botol sirup siap saji. Meski demikian, kesegaran minuman khas Cirebon ini sangat mirip sensasi jeruk nipis asli.

2. Emping Cirebon

Emping goreng Cirebon cukup tebal, kecil, dan memiliki varian rasa yang menggugah selera Anda. Paling favorit dari emping ini adalah varian rasa udang. Namun, jika Anda tidak cukup nyaman menikmati amis udang, maka ada varian rumput laut yang bisa dipilih.

3. Rengginang Terasi Udang

Rengginang memang bukanlah makanan baru karena hampir wilayah strategis seperti Tegal dan Samarinda memiliki makanan ini sebagai kuliner khas. Namun, ada yang beda dari rengginang Cirebon. Kota ini membuat inovasi beras ketan rengginang dengan campuran terasi udang yang menambah wisatawan penasaran! Varian rasa lain juga bisa Anda borong. Antara lain, rasa cumi, pedas, dan keju.

4. Tape Ketan

Tape ketan Cirebon sama saja dengan yang akan Anda temui di Kuningan. Di mana tape ketan umum difermentasi sekitar 10 hari. Tape yang fermentasinya lebih lama juga disarankan untuk tidak berlebihan dikonsumsi. Sebab, akan menyebabkan Anda seperti orang mabuk. Anda juga bisa sembari bertanya-tanya tentang kematangan tape ketan sebelum membeli jika ingin dibawa mudik.

5. Serabi Cirebon

Umumnya, serabi dipadu dengan cokelat atau nangka seperti Serabi Solo. Namun, di Kota Wali Cirebon serabi lezat tidak semata-mata hasil olahan kelapa parut dan santan. Jika Anda penggemar dage oncom dan orek tempe, maka tentu akan gembira dimanjakan dengan paduan kue serabi gurih ini. Penjual serabi Cirebon pun tetap saja menyediakan serabi varian manis. Untuk menjaga ketradisionalan, serabi dimasak menggunakan tungku tanah liat dan kayu bakar serta wajan serabi dari tanah liat.

6. Kerupuk Melarat Sambal Kacang

Kerupuk melarat khas Cirebon dimasak tanpa minyak goreng sedikitpun, tetapi menggunakan pasir khusus. Kondisi memasak inilah yang menjadi filosofi unik nama kerupuk yang dihasilkan. Kerupuk melarat ini memiliki variasi warna. Jika Anda menyantap secara langsung di pedagang kaki lima, biasanya kerupuk tapioka melarat ini akan disajikan dengan siraman bumbu sambal kacang. Kemudian, menggunakan daun pisang sebagai wadah.

7. Kue Gapit

Kue gapit oleh-oleh tradisional Cirebon telah merambat ke berbagai rasa seperti keju, bawang, kencur, kacang bawang, wijen, cokelat, jahe, dan balado untuk tetap bersaing dengan camilan modern. Kue gapit pipih ini diproses dengan penggapitan pencetak kue yang berupa besi. Anda bisa merasakan bagaimana perbedaan kue gapit dengan kue simping jika langsung berkunjung ke sini.

8. Bakpia Atom Kocir

Bakpia lumer jarang ditemukan di wilayah lain. Bahkan, bakpia Atom Kocir khas Cirebon ini memiliki rasa dari olahan daging udang, sosis, dan ikan tuna. Jika Anda lebih menyukai cita rasa keoriginalan, bakpia mere ini pun menyediakan varian asin dan manis. Anda bisa langsung mengunjungi Cirebon Super Block Mall untuk mendapatkan bakpia lumer Atom Kocir.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar