9 Danau Terbesar di Indonesia, Selain Danau Toba

Indonesia memiliki pesona alam yang menakjubkan seperti pantai, danau, pegunungan, sungai, dan hutan. Tahukah kamu danau terbesar di Indonesia adalah danau Toba.

Danau Toba menjadi tempat wisata populer di Sumatera Utara. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mil).

Danau Toba dinobatkan menjadi danau terdalam kedua di Indonesia yang kedalamannya mencapai 505 meter. Sedangkan danau terdalam di Indonesia adalah danau Matano.

 

Sejarah Danau Toba

WISATA MENARA PANDANG TELE DI DANAU TOBA (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.)

 

Mengutip dari indonesia.travel.id, danau Toba dibentuk dari ledakan dahsyat gunung api yaitu Gunung Toba. Ledakan ini terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu.

Ledakan dari gunung api membuat wilayah seluas 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter. Akibat letusan gunung ini membentuk sebuah pulau kecil yang disebut pulau Samosir.

Selain danau Toba, ada daftar danau terbesar di Indonesia yang masuk peringkat 10 besar. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut 9 danau terbesar di Indonesia selain danau Toba:

 

1. Danau Towuti

Danau ini terbentuk karena pergeseran lempeng tektonik. Pergeseran lempeng ini membentuk danau terbesar kedua di Indonesia.

Danau Towuti berada di Towuti, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Luas danau sekitar 561 km persegi. Kedalaman danau mencapai 203 meter. Danau ini digunakan sebagai tempat wisata dan tempat konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan.

 

2. Danau Ranau

Danau Ranau berada di dua provinsi yaitu Lampung dan Sumatera Selatan. Danau Ranau menjadi danau terbesar ke 2 di pulau Sumatera, setelah danau Toba.

Luas danau ini sekitar 125 kilometer dan kedalaman sekitar 229 meter. Danau ini terbentuk karena ledakan gunung berapi dan gempa. Akibat ledakan gunung berapi ini muncul cekungan besar yang membentuk danau.

Danau Ranau dekat dengan tempat wisata lain seperti Pulau Marisa dan Gunung Seminung. Pengunjung yang wisata di danau Ranu bisa menikmati sumber air panas untuk relaksasi di pulau Marisa.

Selain pemandian air panas, pengunjung bisa menikmati kolam renang, taman air, jetski, dan tempat makan di sekitar danau Ranau.

 

3. Danau Singkarak

Danau Singkarak mempunyai panjang 21 km, lebar 7 km, dan luas permukaan 107,8 km persegi. Danau ini berada di Kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Danau Singkarak terbentuk letusan gunung merapi yang menghasilkan cekungan. Mengutip dari solokkab.go.id, danau ini menjadi bagian dari cekungan Singkarak-Solok. Cekungan ini terbendung dari vulkanik letusan gunung berapi.

Danau di Sumatera Barat ini dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Selain itu danau dimanfaatkan sebagai tempat budidaya ikan dan pariwisata.

 

4. Danau Matano

Danau Matano (indonesia.go.id)

 

Danau Matano adalah danau terdalam di Indonesia yang memiliki kedalaman 590 meter. Di posisi kedua danau terdalam ada danau Toba (505 meter) dan posisi ketiga ada danau Poso (450 meter).

Mengutip dari indonesia.go.id, luas danau Matano sekitar 16.000 hektar. Sedangkan panjang danau sekitar 28 km dan lebarnya 8 km.

Danau ini menjadi tempat wisata dan rumah untuk hewan-hewan langka, salah satunya ikan Butini (Glossogobius matanensis). Ikan Butini dianggap sebagai ikan purba dan langka oleh warga sekitar.

Selain ikan Butini ada hewan air tawar seperti kepiting Bungka (Paratelphusa), dan keong air tawar (Brotia).

 

5. Danau Poso

Danau Poso berada di Kabupaten Posi, Sulawesi Tengah. Danau ini dibentuk sekitar 12 sampai 16 juta tahun yang lalu karena terbentuk pergeseran lempeng tektonik.

Panjang danau sekitar 32 km, lebar 16 km, dan luas permukaan sekitar 323 km persegi. Danau ini berada di ketinggian 657 mdpl di atas permukaan laut.

Uniknya, danau ini memiliki pasir putih seperti pantai dan gelombang air seperti air laut. Danau ini memiliki gradasi warna air seperti pantai. Dari kejauhan terlihat warna air biru tua. Sedangkan bagian tepi berwarna biru kehijauan.

6. Danau Sentani

Danau Sentani memiliki luas sekitar 9.360 hektar yang menjadi danau terluas di Papua. Danau ini berada di kota Jayapura sampai Kabupaten Jayapura. Danau Sentani bisa menjadi alternatif wisata setelah Raja Ampat.

Selain menjadi tempat wisata, danau ini menjadi festival budaya yang digelar setahun sekali. Festival ini menggelar kesenian dan kebudayaan masyarakat setempat, seperti tari Perang khas Papua, Tarian Isosolo, dan upacara adat.

 

7. Danau Sentarum

Danau Sentarum memiliki kedalaman 8 meter dan luasnya sekitar 275 km persegi. Letak danau berada di Kalimantan Barat yang menjadi Taman Nasional Danau Sentarum.

Disebut taman nasional karena danau ini berisi keanekaragaman hayati yang penting di pulau Kalimantan. Danau Sentarum memiliki 200 lebih spesies ikan di dalamnya. Selai ikan, area sekitar danau menjadi tempat beragam flora dan fauna.

 

8. Danau Paniai

Danau Paniai (penghubung.papua.go.id)

 

Danau Paniai memiliki luas permukaan 195 km persegi dan kedalaman mencapai 50 meter. Danau ini berada di ketinggian 1.742 mdpl di atas permukaan laut. Letak danau berada di Kabupaten Paniai, Papua.

Danau Paniai menjadi tempat wisata di area sekitar. Anda bisa menikmati penyewaan perahu dan alat memancing di sekitar danau. Selain itu ada hotel dan penginapan untuk wisatawan.

 

9. Danau Maninjau

Danau Maninjau berada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Danau ini memiliki luas 99,5 km persegi dan kedalaman 165 meter. Danau Maninjau berada di ketinggian 459 meter di atas permukaan laut.

Terbentuknya danau ini berasal dari letusan Gunung Sitinjau yang terjadi sekitar 52.000 tahun yang lalu. Letusan membentuk cekungan yang berubah menjadi danau, seperti danau Toba (Sumatera Utara) dan Danau Batur (Bali).

 

Sumber: katadata.co.id

Gerai Kendhil
Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply