Bagaimana Cara Menyusun Itinerary Wisata? Simak 8 Langkahnya

Salah satu persiapan sebelum berlibur adalah menyusun itinerary. Berikut cara menyusun itinerary wisata, khususnya bagi pemula.

Dalam Cambridge Dictionary, itinerary diartikan sebagai rincian rencana atau rute perjalanan. Jadi, itinerary adalah rencana perjalanan yang disusun ketika hendak bepergian.

 

Khusus untuk itinerary liburan, biasanya mencakup  daftar destinasi wisata yang akan dikunjungi, tempat menginap, restoran atau kafe, jadwal perjalanan, kegiatan yang dilakukan, perkiraan waktu, kisaran budget, transportasi, barang yang perlu dibawa, dan semua hal yang berkaitan dengan liburan.

Bagaimana cara menyusun itinerary?

Kompas.com merangkum sejumlah cara menyusun itinerary dari sumber Travel and Leisure dan Culture Trip, sebagai berikut:

1. Tentukan destinasi liburan

Hal pertama yang dilakukan dalam menyusun itinerary adalah menentukan kota atau negara destinasi liburan. Jika kamu sudah punya wish list kota atau negara destinasi liburan, tentunya akan memudahkanmu saat menyusun itinerary.

Selain kota atau negara, kamu juga bisa menentukan tempat wisata impian. Nantinya, kamu bisa mencari atraksi lainnya yang menarik di dekat obyek wisata tersebut.

2. Riset

Setelah menentukan destinasi liburan, saatnya melakukan riset mengenai kota atau negara tujuan. Kamu bisa mencari tahu tempat wisata yang menarik, transportasi, hotel, hingga restoran dengan makanan lezat di destinasi tujuan.

Riset wisata kini bukanlah hal yang sulit. Kamu bisa mencari informasi seputar tempat wisata lewat media sosial atau mesin pencari. Cara paling mudah mencari tempat wisata adalah melalui tagar di Instagram.

Jika sudah menemukan beberapa tempat wisata pilihan, kamu bisa mendalami informasinya lewat mesin pencari.

 

3. Buat daftar destinasi wisata

Setelah riset, kamu bisa mulai menyusun daftar destinasi wisata yang hendak dituju saat liburan. Termasuk, penginapan tempat kamu beristirahat nantinya.

Buat daftarnya sedetail mungkin, misalnya jarak dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Sembari menyusun daftar, kamu juga perlu berpikir pemilihan waktu secara efisien sehingga liburan kamu lebih maksimal.

Untuk setiap aktivitas, buatlah perkiraan durasi yang diperlukan untuk menikmati semua wahana di obyek wisata tersebut.

 

4. Cari transportasi

Sejalan dengan menyusun destinasi wisata, kamu bisa mencari informasi seputar transportasi menuju lokasi. Upayakan untuk memilih transportasi yang paling efisien dan nyaman.

Jika harus mencari sewa kendaraan, sebaiknya lakukan pemesanan jauh-jauh hari sehingga tidak menghambat liburanmu nantinya.

5. Buat anggaran

Setelah selesai menyusun itinerary, jangan lupa mencantumkan prediksi budget alias anggaran. Anggaran liburan ini menyesuaikan dengan kemampuan finansialmu agar tidak membebebanimu setelah liburan nantinya.

Misalnya, jika ingin liburan hemat maka pilihan penginapan yang lebih murah. Jangan sampai, setelah liburan alih-alih badan dan pikiran menjadi segar, kamu justru dibuat pusing memikirkan dana yang habis untuk liburan.

6. Konsultasi

Setelah itinerary beserta anggarannya selesai, tidak ada salahnya meminta saran kepada teman yang berpengalaman atau yang berasal dari kota tujuan. Misalnya, kamu berencana liburan ke Yogyakarta, maka bisa meminta saran kepada teman yang berasal dari sana.

7. Buat rencana cadangan

Jangan hanya berpatokan pada itinerary tersebut. Pastikan kamu selalu memiliki rencana cadangan.

Misalnya, jika salah satu atau lebih destinasi tutup, kamu punya destinasi wisata cadangan untuk dikunjungi, sehingga waktu liburan tidak terbuang sia-sia.

Selain itu, pastikan kamu sudah melakukan riset terhadap destinasi-destinasi cadangan tersebut, sehingga pengeluaran tetap sesuai anggaran.

 

8. Simpan informasi penting 

Jangan lupa untuk menyimpan informasi penting terkait itinerary wisatamu. Misalnya, kode booking hotel, nomor telepon penting, dan informasi lainnya yang kamu butuhkan selama liburan.

Upayakan, informasi penting tersebut bisa diakses dengan mudah dalam satu dokumen di smartphone. Jadi, kamu tidak menghabiskan waktu untuk mencari informasi tersebut saat liburan.

 

 

Sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar