Beragam Kuliner Jagung Khas Nusantara, Ada Sup dan Popcorn

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan sumber karbohidrat untuk manusia. Kenikmatan menyantap jagung, karena rasanya yang cenderung manis. Itu sebabnya, jagung tetap enak disantap walaupun hanya direbus. Jagung juga digunakan untuk bahan campuran makanan, misalnya sayur asem. Di Indonesia, ada banyak makanan yang berbahan jagung. Setiap jenis makanan itu cita rasanya berlainan, karena cara mengolahnya dan pengaruh bumbu.

Berikut beragam makanan khas Nusantara yang berbahan jagung:

  • Binte biluhuta

Binte biluhuta adalah sup jagung khas dari Gorontalo. Rasa sup jagung ini bercampur manis, asin, pedas. Komposisi bahan untuk memasak binte biluhuta, antara lain, jagung, parutan kelapa, kemangi. Bumbu halusnya bawang merah dan bawang putih.

  • Grontol

Grontol merupakan makanan tradisional berbahan jagung. Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas Jawa Tengah dan Yogyakarta. Rasanya gurih dan manis, karena mencampurkan jagung, parutan kelapa, gula.

  • Nasi ampok

Makanan ini mencampurkan nasi dan pipil jagung. Kuliner ini dikenal khas dari Jawa Timur, terutama Madura. Sebelum dimasak, pipil jagung ditumbuk dulu. Sajian nasi ampok juga menambahkan lauk pauk.

  • Popcorn jagung bunga

Popcorn ala Nusantara ini berbahan jagung bunga yang warna bijinya putih dan hitam. Cara mengolahnya seperti persis seperti popcorn, gongseng biji jagung sampai meletup. Jagung bunga banyak tumbuh di Raimanuk, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Kondisi tanah di kawasan itulah jagung bunga tumbuh menjadi tanaman pangan yang dominan.

 

sumber: tempo.co

Gerai Kendhil
Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply