Berbagai Peninggalan yang Dibuat Untuk Mengenang Peristiwa Penting di Masa Sejarah

Sejarah adalah saksi bisu dari perjalanan bangsa dan peradaban manusia. Sejarah juga merupakan sumber ilmu pengetahuan dan inspirasi bagi generasi masa kini dan masa depan. Salah satu cara untuk mempelajari dan menghargai sejarah adalah dengan mengenal berbagai peninggalan yang dibuat untuk mengenang peristiwa penting di masa sejarah.

Peninggalan sejarah adalah berbagai bentuk bukti dari masa lalu yang bisa kita gunakan untuk mengetahui atau mendapatkan gambaran mengenai peristiwa yang terjadi pada masa itu. Peninggalan sejarah bisa berupa tulisan, bangunan, benda-benda, atau karya seni.

Berikut ini adalah beberapa contoh peninggalan sejarah yang ada di Indonesia:

1. Monumen Proklamasi di Jakarta

Monumen ini dibangun untuk mengenang peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Monumen ini berada di depan rumah Jenderal Soedirman, tempat dimana Bung Karno dan Bung Hatta membacakan teks proklamasi.

2. Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah

Candi ini merupakan candi Buddha yang dibangun pada masa raja Samaratungga dari dinasti Syailendra abad 8 M dan masuk dalam 7 keajaiban dunia. Candi ini memiliki relief yang menggambarkan ajaran Buddha dan kisah hidup Siddharta Gautama.

3. Istana Maimun di Medan

Istana ini adalah istana Kesultanan Deli yang lokasinya berada di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun. Istana ini dibangun pada tahun 1888 oleh Sultan Ma’mun Al Rashid Perkasa Alamyah dengan gaya arsitektur Melayu, India, dan Eropa.

4. Kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca dari kerajaan Majapahit

Kitab ini adalah karya sastra yang menceritakan tentang kerajaan Majapahit dari abad XII-XIV M. Naskah salinannya ada di Bali. Kitab ini menjadi sumber sejarah yang penting untuk mengetahui luasnya wilayah dan kekuasaan Majapahit.

5. Masjid Agung Demak

Masjid ini adalah salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia, yang bisa terlihat dengan jelas dari arsitekturnya yang menggunakan arsitektur Jawa-Melayu. Masjid ini dibangun oleh Wali Sanga pada masa Kerajaan Demak dipimpin Raden Patah.

Itulah beberapa contoh peninggalan sejarah yang dibuat untuk mengenang peristiwa penting di masa sejarah. Peninggalan sejarah ini tidak hanya memiliki nilai estetika, tetapi juga nilai edukasi dan nasionalisme. Dengan mengenal dan menjaga peninggalan sejarah ini, kita bisa lebih menghargai jasa para pahlawan dan leluhur kita yang telah berjuang untuk membangun bangsa dan negara ini.

Demikian, peninggalan yang dibuat untuk mengenang peristiwa penting di masa sejarah.

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar