Budaya dan Masyarakat

Apa saja kelompok etnis yang ada di Indonesia?

Indonesia terdiri dari 17. 504 pulau dengan 300 kelompok etnik atau suku bangsa yang memiliki bahasa serta dialek khas yang berbeda, sebagian besar terdiri dari suku Jawa (sekitar 41% dari populasi). Setelah memperoleh kemerdekaan pada 1945, perkawinan antar-suku banyak terjadi sehingga membuat bangsa Indonesia menjadi lebih kohesif.

Apa agama dominan yang dianut masyarakat Indonesia?

Mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim, sementara wilayah Bali didominasi oleh penganut agama Hindu. Di daerah lain seperti Sulawesi Utara, dataran tinggi Toraja di Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, sebagian besar wilayah Papua, dataran tinggi Batak serta pulau Nias di Sumatera Utara, mayoritas penduduknya menganut agama Katolik atau Protestan. Secara keseluruhan, masyarakat Indonesia bersifat religius.

Apa dasar keyakinan masyarakat Indonesia?

Dasar keyakinan masyarakat Indonesia adalah Pancasila, yang berisi lima dasar kebangsaan yang terdiri dari, Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Selain itu, masyarakat Indonesia juga tetap terbuka dan toleran terhadap agama, adat istiadat dan tradisi masing-masing, sambil fokus mengikuti ajaran yang diyakini masing-masing. Indonesia juga memiliki ‘Bhinneka Tunggal Ika’ sebagai lambang negara yang berarti berbeda-beda namun tetap satu, “Unity in Diversity”.

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar