Daftar Maskapai Penerbangan Teraman di Dunia Tahun 2021

Selama setahun belakangan, mungkin tak banyak pesawat yang mengudara. Namun, jika kita ingin melihat ke perjalanan di masa depan, maka kamu perlu melihat daftar terbaru maskapai penerbangan terbaik di dunia yang dirilis AirlineRatings.com.

Seperti dilansir dari CNN Travel, AirlineRatings.com mengawasi 385 maskapai penerbangan di seluruh dunia.

Mereka mempertimbangkan segala faktor termasuk tingkat kecelakaan maskapai penerbangan dan sejarah kecelakaan yang serius, termasuk pula usia pesawat yang digunakan.

Baca juga: 

“Tantangan untuk tahun ini adalah jumlah maskapai penerbangan yang masih mengudara, walaupun semua yang berada di daftar 20 maskapai penerbangan teraman di dunia ini masih terus terbang atau menerapkan penerbangan terbatas,” kata editor-in-chief AirlineRatings Geoffrey Thomas.

Untuk 2021, situs ini menobatkan maskapai penerbangan asal Australia Qantas di peringkat pertama.

AirlineRatings menyoroti komitmen Qantas dalam melatih kembali para pilot mereka sebelum kembali beroperasi setelah beristirahat selama pandemi.

AirlineRatings menemukan fakta bahwa 737 pilot Qantas harus mengikuti pelatihan selama enam hari sebelum kembali mengudara, termasuk satu hari berfokus pada kesehatan diri masing-masing.

Pesawat Qatar Airways.
Pesawat Qatar Airways.

Kemenangan beruntun

Qantas menyabet penghargaan maskapai penerbangan teraman di dunia mulai dari 2014 hingga 2017. Di tahun 2018, AirlineRatings menyebut bahwa mereka tidak bisa menentukan pemenang yang pasti.

Namun di tahun 2019 dan 2020, Qantas terus menerus dinobatkan sebagai maskapai penerbangan teraman di dunia.

Di beberapa kesempatan sebelumnya, AirlineRatings telah memilih pemenang mereka dan mengurutkan maskapai lainnya berdasarkan alfabet.

Namun untuk tahun 2021, situs ini mengurutkan setiap maskapai penerbangan yang berada dalam daftar 20 maskapai penerbangan terbaik di dunia ini sesuai dengan peringkatnya.

Qatar Airways menempati peringkat kedua, lalu diikuti Air New Zealand, Singapore Airlines, dan Emirates di lima besar.

Baca juga: 

Thomas mengatakan pada CNN Travel, bahwa sistem peringkat ini disesuaikan sedikit di tahun ini untuk akurasi yang lebih baik.

“Selama lebih dari dua tahun terakhir kami menyadari bahwa beberapa maskapai penerbangan, yang telah lolos audit keselamatan setiap dua tahun, tidak melakukan kegiatan sehari-hari mengikuti disiplin operasional yang disyaratkan oleh auditor,” jelas Thomas.

AirlineRatings juga menyelidiki penipuan lisensi pilot dan tuduhan penyuapan, tambah Thomas.

Hasilnya, mereka memutuskan untuk melakukan audit lima tahunan terkait insiden keselamatan serius untuk menghasilkan ke-20 maskapai penerbangan teraman.

Ilustrasi pesawat Air New Zealand.
 Ilustrasi pesawat Air New Zealand.

Ia juga menambahkan bahwa para traveler bahkan sekarang jauh lebih teliti terhadap keamanan maskapai penerbangan akibat pandemi.

“Mereka tidak menerimanya begitu saja dan tingkat pertanyaan yang kami terima telah meningkat tiga kali lipat selama enam bulan terakhir tentang berbagai masalah keamanan, tidak hanya Covid-19,” imbuh dia.

Terpisah, AirlineRatings juga menunjukkan low cost carier (LCC) teraman di dunia. Dengan daftar 10 besar sesuai dengan urutan alfabet yakni, Air Arabia, Allegiant, EasyJet, Frontier, Jetstar Group, Jetblue, Ryanair, Vietjet, Westjet, dan Wizz Air.

Baca juga: 

Pemenuhan protokol Covid

AirlineRatings juga merilis daftar terpisah untuk 20 maskapai penerbangan terbaik terkait pemenuhan protokol Covid-19 yang disusun berdasarkan alfabet.

Daftar tersebut termasuk Air Baltic, Air New Zealand, Alaska Airlines, All Nippon Airways, AirAsia, British Airways, Cathay Pacific Airways, Delta Air Lines, Emirates, Etihad Airways, Eva Air, Japan Airlines, Jetblue, KLM, Korean Airlines, Lufthansa, Singapore Airlines, Southwest, Qatar Airways, dan Westjet.

Menurut AirlineRatings, maskapai-maskapai penerbangan ini telah melakukan perlindungan yang luar biasa untuk para penumpang.

Thomas menggarisbawahi misalnya, bagaimana Qatar Airways menyediakan faceshield dan juga masker. Sementara Emirates memperkenalkan asuransi kesehatan yang mencakup Covid-19 serta alat kesehatan untuk penumpangnya.

Pesawat tipe Airbus A380 pada maskapai penerbangan Singapore Airlines, (8/10/2013).
Pesawat tipe Airbus A380 pada maskapai penerbangan Singapore Airlines, (8/10/2013).

Berikut ini daftar lengkap maskapai penerbangan teraman di dunia untuk tahun 2021:

  1. Qantas
  2. Qatar Airways
  3. Air New Zealand
  4. Singapore Airlines
  5. Emirates
  6. EVA Air
  7. Etihad Airways
  8. Alaska Airlines
  9. Cathay Pacific Airways
  10. British Airways
  11. Virgin Australia/Virgin Atlantic
  12. Hawaiian Airlines
  13. Southwest Airlines
  14. Delta Air Lines
  15. American Airlines
  16. SAS
  17. Finnair
  18. Lufthansa
  19. KLM
  20. United Airlines

sumber: kompas.com

Bang Ferry
Author: Bang Ferry

GEOLOGIST LIKE COFFIE

Leave a Reply