Danau 19, Tempat Wisata Mancing di NTT yang Punya Kisah Pilu

 Kecamatan Lamba Leda di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki banyak tempat wisata hidden gem. Salah satu yang bisa dituju adalah Danau 19 di Desa Goreng Meni Utara.

Salah seorang warga Kampung Wodong di Desa Goreng Meni Utara, Upenk Keor mengatakan,  Danau 19 memiliki banyak ikan yang dilepaskan warga sekitar agar siapa saja yang berwisata di danau ini bisa sambil memancing.

 

“Orang datang mancing ikan kalau musim hujan dari pagi hingga larut malam, dari jam 06.00 (Wita) sampai pukul 22.00 wita. Yang datang mancing ikan ada yang dari Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai; bahkan dari Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat; serta dari Kota Borong, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur,” terang Keor kepada Kompas.com, Jumat (2/6/2023).

Namun siapa sangka, keberadaan danau sepanjang 300 meter ini bermula dari bencana alam.

“Awal mulanya dari bencana alam yang terjadi pada 3 Maret 2007. Dulu danau ini terletak sebuah kampung bernama Kampung Golo Gega dan sekarang penduduk sudah mengungsi ke Kampung Wodong, Desa goreng Meni Utara,” katanya.

Lantas, kenapa danau ini bernama Danau 19?

Keor menyampaikan, hal tersebut karena korban bencana waktu itu sebanyak 19 orang.

Keor menuturkan, setiap tanggal 3 Maret, warga di Kampung Wodong melaksanakan ritual adat untuk mengenang warga yang meninggal dunia akibat bencana alam.

Tahun ini pun warga Kampung Todong juga melaksanakan ritual tersebut.

Tempat wisata lain di Kecamatan Lamba Leda

Kecamatan Lamba Leda memiliki beragam tempat wisata alam yang bisa dikunjungi.

Dihubungi Kompas.com secara terpisah, Kepala Sekolah SMK Santo Bartholomeus Benteng Jawa di Kecamatan Lamba Leda, Frumensius Menjulung menyebutkan, beberapa tempat wisata tersebut, antara lain Gua Alam Cingcoleng, wisata kain tenun songke khas Lamba Leda, dan persawahan jaring laba-laba Lingko Lodok Rawang di Kampung Rawang.

Selain itu, ada juga Gua alam Tiwu Tige dan Kolam Tiwu Tige dari daerah Aliran Sungai (DAS) Wae Naong.

“Kain tenun Songke Lamba Leda menjadi ikon di sisi utara dari Kabupaten Manggarai Timur,” katanya.

Author: Bang Ido

I like travel

Tinggalkan komentar