Destinasi Wisata Ketinggian di Nusantara, Tak Hanya Gunung Bromo

Kalibiru merupakan objek wisata alam yang berada di daerah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini memiliki tanah bergelombang dan dominan oleh perbukitan dalam area hutan lindung pada ketinggian 450 mdpl. Selain Kalibiru Yogyakarta, berikut destinasi wisata ketinggian lainnya di Indonesia.

 

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl, lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT.

Gunung Rinjani merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur. Gunung ini menjadi favorit pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya.

 

2. Gunung Bromo

Gunung Bromo atau dalam bahasa Tengger dieja “Brama”, juga disebut Kaldera Tengger, adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur yang menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

3. Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 Hekta, dan berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Di kawah Ijen pengunjung dapat melihat fenomena eternal blue fire atau api biru abadi pada pukul 2 hingga 4 dini hari, karena pendakian Gunung Ijen baru mulai dibuka jam 2 dini hari. Dari Kawah Ijen, pengunjung dapat melihat pemandangan gunung lain yang ada di kompleks Pegunungan Ijen, di antaranya puncak Gunung Marapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Rante.

 

4. Danau Kelimutu

Gunung Kelimutu merupakan gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung Kelimutu memiliki destinasi wisata 3 danau yang dikenal sebagai Danau Tiga Warna, karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Gerai Kendhil
Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply