Harga Tiket Masuk Monas 2023

Monumen Nasional (Monas) bangunan ikonik sebagai representasi negara Indonesia terutama Jakarta ini masih populer menjadi destinasi wisata di kalangan masyarakat lokal. Menurut sejarah, awal tujuan pembangunan Tugu Monumen Nasional adalah mengenang jasa para pahlawan Revolusi Indonesia serta menularkan semangat patriotisme generasi Indonesia.

Tugu Monumen Nasional, juga sudah menjulang menjadi monumen pencakar langit sejak rampungnya pembangunan pada Agustus 1959. Kemudian, dilakukan upacara peresmiannya zaman pimpinan presiden Ir. Soekarno pada 17 Agustus 1961 sekaligus pemimpin peresmian. Namun, untuk dibuka menjadi destinasi wisata umum dibutuhkan waktu persiapan hingga 12 Juli 1975.

Seiring berjalannya waktu, bangunan sejarah ini mampu beradaptasi untuk menjadi pelopor destinasi wisata Indonesia ala mancanegara yang banyak diserbu anak-anak hingga dewasa, yaitu konsep Disney, marga satwa, dan banyak lagi yang memanjakan mata Anda.

Jam Buka, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Monas 2023

Untuk berkunjung ke Monumen Nasional (Monas) ada banyak hal yang perlu Anda ketahui dan persiapkan. Jam operasional wisata Monas 2023 mulai pukul 06.00 WIB – 16.00 WIB, setiap Selasa hingga Minggu.

Jika Anda memiliki kepentingan informasi, juga dapat menghubungi nomor telepon: (021) 3504333. Kemudian, alamat lengkapnya berada di Jalan Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10110.

Tidak seperti wisata di wilayah lainnya. Wisata Monas 2023 memiliki perbedaan yang khas. Salah satunya, jika Anda hendak pergi berkunjung harus mempersiapkan kartu ajaib alias multifungsi, yaitu JakCard. Di Mei 2023 ini, JakCard memiliki harga terbaru dari Rp 40 ribu menjadi Rp 45 ribu. Harga tersebut terdiri dari kartu JakCard itu sendiri seharga Rp 25 ribu yang ditambah isi saldo JakCard Rp 20 ribu.

Untuk mendapatkannya, Anda perlu mengantri di loket pembelian tiket masuk mulai pukul 08:00 WIB dan sebelum pukul 15.00 WIB.

Mengapa kartu JakCard disebut kartu ajaib? Jawabannya simpel karena kartu Jakcard ini dapat Anda digunakan untuk melakukan transaksi pembelian tiket di kawasan Kota Tua, Kebun Binatang Ragunan, hingga kendaraan umum JakLingko dan TransJakarta.

Terdapat 3 sesi pembelian tiket masuk. Mulai pagi, siang, dan malam. Jika Anda hendak membeli tiket masuk di pagi hari, maka naik ke Tugu Monumen Nasional hanya boleh diizinkan pada pagi hari. Hal demikian juga berlaku pada pembelian tiket masuk pada siang dan sore hari.

Tiket Monas ada 2 jenis bagian, yaitu tiket ke observatorium puncak Monas dan tiket museum Monas. Keduanya diharuskan menggunakan JakCard.

1. Harga tiket puncak Monas

  • Dewasa mulai Rp 15 ribuan
  • Mahasiswa mulai Rp 8 ribuan
  • Anak-anak mulai Rp 4 ribuan.

2. Harga tiket masuk museum Monas

  • Dewasa mulai Rp 5 ribuan
  • Mahasiswa mulai Rp 3 ribuan
  • Anak-anak mulai Rp 2 ribuan.

Persyaratan Masuk Monas 2023

Berikut syarat-syarat masuk destinasi wisata Monumen Nasional (Monas) 2023. Tidak sulit, tetapi Anda harus mematuhi protokol kesehatan dan kemudahan layanan lainnya.

  • Pengunjung harus mendaftar jadwal kunjungan secara daring melalui laman bit.ly/kunjungantugumonas. Anda dapat melakukannya satu hari sebelum waktu kunjungan.
  • Sekali pendaftaran daring tersebut dapat memuat sebanyak empat pengunjung.
  • Isi formulir pada lawan tersebut sesuatu data diri yang tercantum di KTP. Kemudian, tunggulah balasan tentang pendaftaran Anda melalui surat elektronik atau email yang didaftarkan.
  • Simpan surat bukti pendaftaran di email untuk ditunjukkan kepada petugas di loket tiket masuk Monas.
  • Bayarlah tagihan kunjungan Anda dengan saldo JakCard atau kartu yang diterbitkan Bank DKI. Jangan khawatir jika Anda belum memilikinya karena dapat membeli langsung di loket ini.

Selain itu, siapkan kartu vaksin fisik maupun digital Anda. Wisata Monas 2023 masih menyiapkan alat pendeteksi suhu tubuh di pintu masuk Lenggang. Bahkan, ada pembatasan pengunjung khusus di puncak Monas. Di mana hanya ada 200 pengunjung per jam atau 1.400 per hari karena memang hanya 1 lift yang dipakai.

Sumber: tempo.co

Author: Bang Ido

I like travel

Tinggalkan komentar