Hari Olahraga Nasional, Simak Destinasi Wisata Olahraga Pilihan di Indonesia

Tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional. Tahun ini, Haornas diharapkan menjadi titik awal berlangsungnya Grand Design Olahraga Nasional atau Desain besar Olahraga Nasional.

Bicara soal olahraga, Indonesia telah memiliki banyak sekali tempat untuk wisata olahraga. Mulai dari gunung hingga alam bawah laut yang memukau. Berikut ini beberapa daftar tempat wisata olahraga yang bisa dituju:

Rafting di Green Canyon, Pangandaran

Keindahan pemandangan tebing-tebing di sekitarnya membuat tempat ini sangat terkenal. Wisatawan bisa menaiki ban karet dan bermain-main di sungainya.

Banyak wisatawan yang senang berkunjung ke sini karena kondisi Green Canyon bisa terbilang aman. Jika ingin yang lebih menarik lagi, cobalah menaiki arung jeramnya.

Panjat Tebing di Tebing Citatah, Jawa Barat

Untuk pelancong yang ingin sedikit lebih memacu adrenalin bisa mencoba untuk memanjat tebing Citatah. Jika ditotal, Citatah memiliki tiga tebing yang bisa dinaiki. yaitu Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90 dan Tebing Citatah 125.

Kalau masih pemula, sebaiknya pilih ketinggian paling rendahnya, yakni Tebing Citatah 48 dengan tinggi 50 meter.

Diving di Pulau Weh, Aceh

Beralih ke bawah laut, salah satu spot diving yang paling keren ada di Pulau Weh, Aceh. Di sini ada terdapat banyak populasi biota laut yang jarang ditemui.

Spot diving terkenalnya ada di Batee Tokong yang menjadi habitat dari berbagai macam hiu. Ada juga Pantee Peunateung yang menjadi rumah bagi terumbu karang yang menawan.

Skydiving di Megamas, Manado

Dari bawah laut, sekarang ke atas langit. Kalau tidak takut dengan ketinggian, olahraga skydiving ini boleh dicoba. Salah satu tempat terbaiknya ada di Megamas, Manado.

Di sana, pelancong bisa melihat keindahan laut di sekitar Bunaken, bukit-bukit tinggi sekaligus area perkotaan yang modern. Semuanya bisa dilihat dari satu tempat saja lho.

Berenang dan berlari di Likupang

Terletak di Sulawesi Utara, ada banyak kegiatan olahraga yang bisa dilakukan antara lain berenang dan berlari. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saja sudah pernah ke sini untuk berolahraga.

Pelancong bisa berlari sepanjang lima kilometer dan berenang di lautnya yang indah sejauh 1.054 meter atau bahkan bisa lebih.

Olahraga Golf di Gunung Geulis

Pemandangan indah dari Gunung Geulis ini bisa dinikmati sembari bermain golf. Di sana ada lapangan hijau seluas 450 hektare dan 18 hole yang telah disediakan.

Olahraga akan terasa menyenangkan apabila didukung dengan suhu udara yang sesuai. Angin khas pegunungan yang sangat menyejukkan bisa membuat betah untuk wisata olahraga.

 

sumber: tempo.co

Gerai Kendhil
Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan Balasan