Indonesia Jadi Negara Terindah di Dunia, Ini 7 Keindahan Alamnya

Baru-baru ini, Indonesia mendapatkan peringkat pertama sebagai negara dengan keindahan alami di dunia versi media Inggris, Money.co.uk.

Dalam laporan tersebut, Indonesia mendapatkan skor 7,77 dari total 10 poin, sehingga mengalahkan negara-negara lain yang juga terkenal akan keindahan alamnya, seperti Selandia Baru.

Laporan keindahan alami sejumlah negara di dunia ini ditulis penulis sekaligus Personal Finance Editor Sal Haqqi.

 

Ditetapkannya Indonesia sebagai negara terindah ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, di setiap 100.000 kilometer persegi di wilayah Indonesia, terdapat keindahan alam seperti pegunungan, gunung berapi, terumbu karang, hutan tropis, atau gletser.

Metodologi dan faktor keindahan alam yang dinilai

Mengutip laman Money.co.uk, Kamis (17/2/2022), 50 negara yang ada dalam daftar tersebut dianalisis berdasarkan tujuh faktor.

Setiap faktor dihitung per 100.000 kilometer persegi (dengan angka luas lahan yang bersumber dari World Bank). Sebelum diberi skor normal 10 poin untuk setiap faktor, lalu diambil skor rata-rata dari ketujuh faktor.

 

Berikut beberapa faktor keindahan alam yang dinilai, serta alasan Indonesia memperoleh posisi pertama.

1. Gunung berapi

Jumlah gunung berapi yang dihitung dalam daftar ini adalah berasal dari Oregon State University’s Volcano Table.

Lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Nawang Jagad, Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/nawangjagad

Lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Nawang Jagad, Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/nawangjagad

Tabel ini menyebutkan Indonesia memiliki 45 gunung berapi. Melansir Kompas.com, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah gunung terbanyak.

Beberapa gunung berapi yang ada di Indonesia seperti Gunung Agung, Gunung Anak Krakatau, Gunung Bromo, Gunung Batur, Gunung Merapi, Gunung Semeru, Gunung Sinabung, dan masih banyak lagi.

2. Pegunungan

Faktor ini menunjukkan jumlah puncak yang didefinisikan sebagai ‘ultra’, atau yang memiliki ketinggian di atas 1.500 meter, menurut laman Peaklist’s World Ultras.

Pemandangan Pegunungan Tengger di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Pemandangan Pegunungan Tengger di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Dalam laman Peaklist’s World Ultras, disebutkan bahwa Indonesia memiliki sekitar 86 gunung dengan ketinggian lebih dari 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Mengutip Kompas.com, salah satu yang terkenal dan juga menjadi gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Puncak Jaya di Papua. Dengan ketinggian 4.884 mdpl, gunung bersalju ini menjadi kawasan Situs Warisan Dunia dari UNSECO.

Selanjutnya, ada Gunung Puncak Mandala, Gunung Puncak Trikora atau Wilhelmina, Gunung Engga Pilimsit, Gunung Kerinci, Gunung Rinjani, Gunung Semeru, dan lain-lain.

3. Terumbu karang

Faktor berikutnya adalah total luas terumbu karang dalam kilometer persegi menurut UNEP World Atlas of Coral Reefs.

Terumbu karang di Pantai Likupang

Terumbu karang di Pantai Likupang

 

Dalam laman tersebut, dikatakan bahwa Indonesia berada di peringkat pertama dengan luas area terumbu karang 51.020 kilometer persegi, menguasai 17,95 persen wilayah di dunia.

Bahkan, menurut laman LIPI, Kelompok Kerja Nasional Informasi Geospasial Tematik Pesisir dan Laut Program Onemap Policy menyebutkan bahwa luas ekosistem terumbu karang Indonesia diperkirakan mencapai 2,5 juta hektar.

4. Kawasan lindung

Selanjutnya, jumlah kawasan lindung termasuk Taman Nasional yang terdaftar di laman Protected Planet.

Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur DOK. Shutterstock/Agus Sudharnoko

Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur DOK. Shutterstock/Agus Sudharnoko

 

Dari laman tersebut, disebutkan bahwa Indonesia memiliki total 733 kawasan lindung, dengan 253 evaluasi efektivitas manajemen (management effectiveness evaluations).

Dengan berbagai jenisnya yaitu cagar alam, taman nasional, taman rekreasi, suaka margasatwa, taman hutan raya, taman laut, kawasan konservasi laut, hingga taman pesisir.

5. Garis pantai

Menunjukkan total panjang garis pantai suatu negara dalam kilometer menurut laman citypopulation.de.

Pantai Tanjung Aan memiliki garis pantai sepanjang 2 kilometer (km) dengan pasir putih yang unik. Ada dua jenis pasir di pantai ini, yaitu pasir halus seperti tepung dan pasir bertekstur seperti merica.

Pantai Tanjung Aan memiliki garis pantai sepanjang 2 kilometer (km) dengan pasir putih yang unik. Ada dua jenis pasir di pantai ini, yaitu pasir halus seperti tepung dan pasir bertekstur seperti merica.

 

Menurut laman tersebut, data pada 2018 menunjukkan Indonesia di peringkat ketiga setelah Kanada dan Norwegia. Panjang garis pantai Indonesia adalah 54.716 kilometer.

6. Hutan hujan

Menunjukkan total luas negara yang ditutupi oleh hutan tropis dalam kilometer persegi, menurut Mongabay.

Hutan hujan tropis di Indonesia

Hutan hujan tropis di Indonesia

Dari laman Mongabay, data hutan hujan terbesar di dunia ini menurut Food and Agriculture Organization of the United Nations: The State of the World’s Forests tahun 2003.

Indonesia berada di peringkat ketiga setelah Brazil dan Kongo, dengan luas hutan hujan mencapai 1.049.412 kilometer persegi.

7. Gletser

Faktor terakhir menggambarkan jumlah gletser yang terdaftar di GLIMS (Global Land Ice Measurements from Space).

Gunung Puncak Jaya Papua

Gunung Puncak Jaya Papua

Dalam GLIMS, Indonesia dinyatakan memiliki 128 gletser. Meski mengutip Kompas.com disebutkan bahwa gletser yang berada di Taman Nasional Lorentz di Papua merupakan gletser tropis terakhir di Asia.

 

Sal Haqqi mengatakan, keajaiban alam yang indah ini dapat menjadi daya tarik besar bagi para pelancong dari seluruh dunia.

Tak hanya terbukti memiliki keindahan alam dengan rata-rata terbanyak dan terbesar di dunia, Indonesia memiliki sejumlah destinasi wisata populer yang menyajikan keindahan alam.

Di antaranya seperti surga dunia di Bali, hutan tropis di Sumatera dan Kalimantan yang memiliki cagar alam orang utan, serta sejumlah situs warisan dunia UNESCO seperti Taman Nasional Komodo.

Berikut daftar sepuluh besar negara dengan keindahan alam terbaik di dunia:

  1. Indonesia, 7.77

  2. Selandia Baru, 7.27

  3. Kolombia, 7.16

  4. Tanzania, 6.98

  5. Meksiko, 6.96

  6. Kenya, 6,7

  7. India, 6,54

  8. Prancis, 6.51

  9. Papua Nugini, 6.39

  10. Komoro, 6.22

 

 

Sumber: kompas.com

Ido Insight
Author: Ido Insight

Leave a Reply