Ini Dia 7 Air Terjun Terindah di Indonesia

Ini Dia 7 Air Terjun Terindah di Indonesia© Disediakan oleh Kompasiana

Sebagai negara yang memiliki gugusan daerah perbukitan dan gunung yang menjulang tinggi, Indonesia dikaruniai dengan sumber air yang jernih dan puluhan kilometer aliran sungai. Selain itu, berbagai air terjun yang indah pun mudah ditemui. 

Berikut ini air terjun terindah di Indonesia yang pernah saya kunjungi.

1. Air terjun Saluopa, Poso, Sulawesi Tengah

Di tengah keindahan alam Desa Tonusu, terhamparlah keajaiban alam yang dikenal sebagai Air Terjun Saluopa. Terletak di Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, air terjun ini mempesona dengan jarak sekitar 264 km dari Kota Palu. Perjalanan menuju ke lokasi ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, mengharuskan pengunjung untuk membayar biaya karcis masuk dan parkir kendaraan roda empat sebesar Rp5.000. Sebuah petualangan yang menawarkan keasyikan alam yang tiada tara, memikat para penjelajah dengan gemerlap keindahan yang tak terlupakan.

2. Air terjun Tiga Bidadari, Halmahera Timur, Maluku Utara

Di sebuah desa yang tenang, Desa Dakaino, tersembunyilah pesona alam yang disebut Air Terjun Tiga Bidadari. Terletak di Kecamatan Wasile Timur, Kabupaten Halmahera Timur, lokasi ini menawarkan keindahan alam yang memesona, hanya sekitar 45 km dari Bandara Buli. Air terjun ini mengundang para pelancong untuk menikmati keajaiban alamnya yang memikat, memberikan pengalaman tak terlupakan dalam dekapan keindahan alam pedesaan.

3. Air terjun Tiu Kelep, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

Tiu Kelep, sebuah persembahan alam yang menakjubkan, berlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, tepat di dalam gemerlapnya Geopark Rinjani Lombok.

Untuk merasakan keajaiban Air Terjun Tiu Kelep, pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga Rp5.000,-. Jika menginginkan panduan lokal, pengeluaran tambahan sekitar Rp50.000,- diperlukan untuk meminta bantuan warga setempat yang akan membimbing perjalanan anda hingga ke Air Terjun Tiu Kelep. Sebuah petualangan yang memikat, menanti untuk dijelajahi di tengah keelokan alam dan gemerlapnya Geopark Rinjani.

4. Air terjun Aik Sijorni, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Pemandian alam Aek Sijorni, yang terletak di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan menyajikan potensi wisata yang memikat.

Daya tarik khusus dari Aek Sijorni ini adalah keberadaan air terjun bertingkat yang mencapai ketinggian hampir 50 meter. Keunikan lainnya terlihat pada batu cadas yang menghiasi kiri dan kanan air terjun, memberikan sentuhan indah dan memperkaya panorama alam yang dimiliki Aek Sijorni. Sebuah perpaduan keajaiban alam dan keunikan geologis yang mengundang para pengunjung untuk menjelajahi pesona yang ditawarkan oleh objek wisata ini.

5. Air terjun (Curug) Cikanteh, Sukabumi, Jawa Barat

Tersembunyi di dalam keindahan Geopark Ciletuh, sebuah surga alam bernama Curug Cikanteh memesona para pengunjung. Air terjun ini berada di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Air terjun Cikanteh menawarkan pesona tinggi sekitar 60 meter, dengan aliran air yang mengalir deras, menciptakan harmoni gemuruh air yang memenuhi udara. Keindahan Curug Cikanteh tak hanya terletak pada ketinggiannya, tetapi juga dalam keseluruhan pengalaman alam yang memanjakan setiap pengunjung yang berani menjelajahi keajaiban di dalam Geopark Ciletuh ini.

6. Air terjun Temam, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Wisata Air Terjun Temam adalah sebuah wisata alam yang terletak 11 km di selatan pusat Kota Lubuklinggau yang mengundang para pelancong untuk menjelajahi keindahannya. Berlokasi di kawasan Kelurahan Air Temam, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Sumatera Selatan, air terjun ini dianggap sebagai “Niagaranya Indonesia.” 

Dengan ketinggian mencapai 12 meter, gemuruh air yang memancar dari ketinggian tersebut dapat dinikmati dari berbagai sudut pandang. Lingkungan sekitarnya dipenuhi oleh formasi batu-batu alam yang menambahkan pesona alami dan keasrian Air Terjun Temam, menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi setiap pengunjung yang menyambangi keindahan alam ini.

7. Air Terjun Oehala, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur

Begitu berbeda dengan udara di Pulau Timor yang panas menyengat, di Kabupaten TTS (Timor Tengah Selatan) terdapat sebuah oase alam yang memberikan warna tersendiri. Udara di pegunungan, di mana Air Terjun Oehala berada, mempersembahkan keindahan yang menyegarkan.

Terletak sekitar 13 km dari pusat Kota Soe, Air Terjun Oehala menjadi destinasi yang menakjubkan. Dengan 7 tingkatan besar yang memukau dan sejumlah tingkatan kecil yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia, air terjun ini menjadi saksi bisu keajaiban alam yang tidak tergoyahkan. Dalam keheningan pegunungan dan pesona Air Terjun Oehala, setiap pengunjung dapat menikmati keindahan yang tumbuh alami, menciptakan pengalaman yang begitu istimewa di tengah keasrian alam Kabupaten TTS.

Ini hanyalah sedikit dari jutaan keindahan alam di Indonesia. Masih banyak air terjun terindah di Indonesia yang masih tersembunyi dan menunggu untuk dijelajahi. (EKW)

Sumber: https://www.kompasiana.com/

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar