Inspirasi 5 Tempat Pernikahan Paling Berkesan #DiIndonesiaAja

Banyak pasangan memimpikan acara pernikahan yang berkesan dalam hidupnya. Selain konsep acara, pemilihan venue atau lokasi pernikahan menjadi aspek utama yang patut diperhatikan.

Bicara soal venue pernikahan, ada banyak tempat menarik #DiIndonesiaAja yang bisa dijadikan pilihan, lho! Selain bisa memberikan kesan spesial, deretan venue pernikahan ini juga menawarkan pemandangan yang berkesan.

Beberapa lokasi di antaranya berada di kawasan 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) yaitu Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo.

Foto udara Pantai Pink, Nusa Tenggara Timur. Foto: Rivan Awal Lingga/ANTARA FOTO

Foto udara Pantai Pink, Nusa Tenggara Timur. Foto: Rivan Awal Lingga/ANTARA FOTO

 

Dengan menggelar pesta pernikahan #DiIndonesiaAja, kamu juga bisa mendukung pemulihan pariwisata Indonesia yang dilakukan oleh pemerintah. Hal ini pun sejalan dengan komitmen Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno yang menghadirkan program-program pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tepat sasaran dan tepat manfaat.

“Harapan saya (pandemi) ini bisa segera kita lalui. Mari kita sama-sama bergandengan tangan untuk pastikan kita bisa melewati fase ini dan tetap mendorong adanya momentum kebangkitan ekonomi kita, penciptaan lapangan kerja, terus hadirkan kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu, serta memahami kebutuhan masyarakat untuk hadir dan bergerak cepat,” ujar Sandiaga seperti dikutip dari keterangan resminya “Hadapi Omicron, Menparekraf Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan dan Protokol Kesehatan”

Mulai dari museum yang terletak di bilangan Jakarta hingga eksotisnya Labuan Bajo. Berikut lima tempat pernikahan #WonderfulIndonesia yang paling berkesan dan sudah tersertifikasi CHSE (CleanlinessHealthSafety, and Environmental Sustainability) dari Kemenparekraf:

1. Museum Bank Indonesia, Jakarta

Museum Bank Indonesia. Foto: saiko3p/shutterstock

Museum Bank Indonesia. Foto: saiko3p/shutterstock

 

Museum Bank Indonesia bisa jadi saksi ikrar sumpah setiamu dengan pasangan. Berada tidak jauh dari Kota Tua, Jakarta, kamu bisa menggelar pesta pernikahan dengan nuansa klasik lewat bangunan-bangunan tua yang ada di sekitarnya.

Tepat sebelum gerbang masuk menuju Kota Tua, gedung ini terpampang megah dengan arsitektur khas Eropa. Ada dua area yang bisa disewa sebagai lokasi pernikahan, yaitu area outdoor di Gedung Heritage Bank Indonesia Wedding dan di gedung Museum Bank Indonesia.

Masing-masing memiliki fasilitas tersendiri sesuai kebutuhan. Setelah menggelar pesta pernikahan, kamu juga bisa #JelajahWisataRomantis bareng pasangan dengan mengunjungi destinasi wisata di sekitarnya seperti Taman Fatahillah, Cafe Batavia, hingga Ancol.

2. Orchid Forest Cikole, Bandung

Ilustrasi pernikahan di Orchid Forest Cikole. Foto: Orchid Forest Cikole

Ilustrasi pernikahan di Orchid Forest Cikole. Foto: Orchid Forest Cikole

 

Dari Jakarta bergeser sedikit ke Bandung, tepatnya di daerah Cikole, Lembang, Jawa Barat. Ada venue pernikahan buat kamu yang suka nuansa sejuk dan lebih intimate. Ya, Orchid Forest Cikole adalah jawabannya.

Didominasi hutan dengan pemandangan yang eksotis, kamu bisa menggelar pesta pernikahan dengan konsep outdoor. Selain itu, menggelar pernikahan di sini semakin romantis karena venue utamanya berada di tengah hutan pinus yang rindang.

Bukan hanya rindang, venue pernikahan satu ini juga bisa menampung hingga 1.000 tamu undangan, dan sudah termasuk HTM Orchid Forest Cikole Lembang, lho! Menarik, kan?

3. Plataran Borobudur, Magelang

Wedding venue di Plataran Borobudur. Foto: Instagram/@pl.borobudur

 

Menggelar pernikahan dengan latar keindahan situs warisan dunia seperti Candi Borobudur pastinya jadi momen yang tak terlupakan, bukan? Ya, pengalaman tersebut bisa kamu dapatkan di Plataran Borobudur Magelang.

Di sini kamu bisa menggelar pesta pernikahan di tempat terbuka dengan latar belakang Gunung Berapi yang megah dan Bukit Menoreh yang eksotis. Semua itu terasa kian sempurna dengan pemandangan Candi Borobudur.

Dengan pemandangan yang ditawarkan tentunya ikrar janji setiamu dengan pasangan akan jadi momen yang sangat berkesan. Dengan wedding venue yang luas, para tamu juga dapat duduk dengan nyaman dan tidak berdekatan. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap sehingga bisa mengakomodir segala kebutuhan pernikahanmu.

4. Jaeeva Klui, Lombok

Wedding venue di Jaeeva Klui Resorts. Foto: Jaeeva Klui Resorts

Wedding venue di Jaeeva Klui Resorts. Foto: Jaeeva Klui Resorts

 

Jika sebelumnya kamu bisa menemukan venue pernikahan dengan nuansa hutan atau candi, maka kamu juga bisa menggelar pernikahan dengan suguhan deburan ombak pantai dan latar pohon kelapa yang eksotis di Jeeva Klui, Lombok. Venue satu ini menawarkan lokasi pernikahan dekat pantai dengan pemandangan yang bikin jatuh hati.

Mempelai juga bisa merasakan suasana yang romantis lewat semilir angin laut yang bertiup dan ombak yang saling bersahutan. Jangan lupa dengan sedikit sentuhan dekorasi bunga yang akan membuat pernikahanmu makin terasa romantis.

5. AYANA Komodo Resort, Labuan Bajo

Wedding venue AYANA Lakodia di AYANA Komodo Resorts. Labuan Bajo. Foto: AYANA

Wedding venue AYANA Lakodia di AYANA Komodo Resorts. Labuan Bajo. Foto: AYANA

 

AYANA Komodo Resort Labuan Bajo menawarkan venue pernikahan bagi pengantin yang ingin melangsungkan prosesi pernikahan serasa di tengah laut. Ya, semua lokasinya berlatarkan laut yang luas dengan gugusan pulau. Indah!

Ada beberapa venue pernikahan yang bisa kamu pilih. Buat kamu yang ingin menikah di atas kapal pesiar, venue AYANA Lako di’a bisa jadi pilihan. Kemudian, Kukusan Terrace menawarkan venue pernikahan yang berlatar Pulau Kukusan yang masih satu gugusan Kepulauan Komodo yang sangat alami dan indah.

Kamu juga bisa memilih venue pernikahan di Naga Pier yang berlokasi di teras kayu nan luas di lautan Labuan Bajo. Deretan venue pernikahan tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Bagaimana? Sudah enggak sabar untuk mengucapkan janji suci dengan pasangan di venue yang bikin momen pernikahanmu tak terlupakan? Tentunya dengan keindahan alam yang hanya ada #DiIndonesiaAja. Selalu terapkan protokol kesehatan selama acara berlangsung, ya!

Jangan lupa, sebelum bepergian keluar rumah, selalu terapkan 6M; memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama. Dan enggak kalah pentingnya, yuk segerakan vaksinasi agar imun kita semakin kuat!

 

 

 

Cari tahu juga informasi tentang pariwisata Indonesia di akun Instagram @id.injourneylFacebook @injourney_nusantara dan kunjungi website www.kendhil.com ya!

 

sumber: kumparan.com

Ido Insight
Author: Ido Insight

Leave a Reply