Intip Lokasi Mistis di 5 Destinasi Terpopuler di Indonesia

Pas banget nih! Sobat Medcom malam ini malam Jumat ya. Cocok banget buat kamu para pencari adrenaline junkie yang suka akan suasana horor. Eits, tapi kali ini tempat horor atau mistis itu terdapat di destinasi populer di Indonesia lho!

Dinukil dari Agoda, ada beberapa destinasi yang punya beragam tempat mistis serta kisah-kisah urban legend. Terlepas dari apakah kamu percaya atau tidak, tempat-tempat ini tentunya akan menambah sentuhan kegembiraan sekaligus misteri dalam perjalanan kamu.

Mau tahu di mana saja lokasinya? Lima destinasi tersebut menurut Agoda juga menjadi tujuan teratas berdasarkan peringkat Agoda berdasarkan pemesanan antara bulan Maret dan September 2023. Catat tempatnya dan ajak sohib atau bestie kamu untuk mengeksplorasinya. Dijamin liburan kali ini anti-mainstream deh!

1. Bali – pulau hantu dan legenda

image medcom

image medcom© Disediakan oleh Medcom.id

(Cagar Budaya Goa Jepang. Foto: Dok. Instagram Info Singaraja dan Bali)

Dikenal sebagai Pulau Dewata, Bali tidak hanya menawarkan keindahan alam dan budaya yang kaya. Selain pantai dan pura, pulau ini juga menyimpan sisi mistis. Dari Tanah Lot, pura kuno untuk menyembah Dewa Baruna yang dilindungi ular laut berbisa, hingga Taman Festival yang kini terbengkalai dan justru menarik minat para pencinta misteri, Bali menawarkan banyak pengalaman mistis bagi para petualang.

Destinasi menyeramkan lainnya di Bali termasuk Gua Jepang Klungkung, sebuah kompleks gua yang dibangun oleh tentara Jepang selama Perang Dunia II dan konon dihantui oleh arwah-arwah mereka.

Lalu Dam Oongan, bendungan yang dibangun di atas lokasi pemakaman dan diyakini dihantui oleh roh-roh penduduk setempat yang dikuburkan di sana, hingga Pi Bedugul, hotel mewah yang terbengkalai dan angker hingga kerap disebut The Ghost Palace atau hotel berhantu.

2. Jakarta – kota dengan misteri gaib

image medcom

image medcom© Disediakan oleh Medcom.id

(Menara Saidah. Foto: Dok. Instagram Ahmad Ali Story/@bang_madali)

Jakarta, ibu kota Indonesia juga tak luput dari lokasi yang sensasional. Cocok deh untuk para penggemar hal-hal gaib. Salah satu tempat yang dikenal angker adalah TPU Jeruk Purut, di mana ada cerita tentang pastor tanpa kepala yang berkeliaran di pemakaman ini pada malam hari sambil memegangi kepalanya yang terpenggal.

Tempat lainnya adalah Taman Langsat, yang konon dihantui oleh kuntilanak (hantu wanita berambut hitam panjang dan bergaun putih). Konon, tangisannya yang menyeramkan bergema di antara pepohonan pada malam hari, dan beberapa orang bahkan melihat sosok gaibnya di dalam bayangan.

Lalu ada Menara Saidah, dulunya merupakan gedung perkantoran yang ramai, kini kosong, dengan jendela-jendela yang ditutup rapat dan lorong-lorong yang bergema. Legenda mengatakan, menara ini dihantui seorang wanita bergaun merah yang menangis dan berkeliling di koridor.

3. Batam – pulau rahasia yang mencekam

 

image medcom

image medcom© Disediakan oleh Medcom.id

(Sei Ledi. Foto: Dok. Pengling.bpbatam) Sebagai tujuan wisata yang populer menurut rilis Agoda, Batam juga memiliki beberapa tempat angker yang dihuni oleh makhluk halus. Hutan Wisata Mata Kucing, yang terkenal dengan formasi bebatuan yang unik, konon merupakan tempat perpindahan jin dan makhluk halus.

Para pengunjung melaporkan suara-suara aneh, penampakan-penampakan gaib, dan pengalaman menyeramkan di hutan ini, dengan klaim sentuhan dan goresan-goresan aneh.

Sedangkan Sei Ladi, sebuah danau kecil di dalam hutan lebat, diyakini sebagai tempat berkumpulnya arwah yang tersesat, beberapa di antaranya konon pernah dibuang ke dalam danau sebagai mayat.

Jembatan Barelang, rangkaian enam jembatan yang menghubungkan Batam dengan beberapa pulau lainnya, merupakan tempat yang telah menjadi saksi berbagai kecelakaan, dan beberapa orang percaya ada kehadiran gaib di sekitar jembatan tersebut.

4. Lombok – surga mistis

image medcom

image medcom© Disediakan oleh Medcom.id

(Pulau Gunung Wayang. Foto: Dok. Wisata di Lombok)

Lombok, permata tesembunyi di Indonesia, terkenal dengan pantainya yang menakjubkan, hutan hujan yang lebat, penduduknya yang ramah, dan legenda-legenda mistis. Salah satu kisah mistik paling populer melibatkan Desa Besari, sebuah desa misterius di Lombok Utara yang konon menghilang secara misterius pada akhir abad ke-17.

Beberapa orang percaya bahwa desa ini pindah ke alam spiritual, sementara yang lain berpikir bahwa desa itu hancur dan penduduknya tewas. Saat ini, Desa Genggelang yang dipercaya dekat dengan Desa Besari, menjadi tujuan wisata populer bagi mereka yang tertarik dengan hal-hal gaib.

Destinasi mistis lain di Lombok adalah Pulau Gunung Wayang, yang diyakini dihuni oleh roh dan makhluk gaib lainnya. Pengunjung harus meminta izin dari pemangku adat setempat sebelum mengunjungi pulau ini, karena konon siapa pun yang berkunjung tanpa izin akan mengalami nasib buruk atau bahkan kematian.

5. Yogyakarta – alam roh dan bayangan

image medcom

image medcom© Disediakan oleh Medcom.id

(Gua Selarong. Foto: Dok. Ksmtour)

Yogyakarta, sebuah daerah istimewa di Jawa Tengah, Indonesia, terkenal dengan budaya, sejarah, dan warisan mistisnya yang kaya. Gua Selarong misalnya, disebut sebagai rumah bagi orkestra gamelan yang hanya bisa didengar pada malam Selasa Kliwon, malam sakral dalam budaya Jawa saat roh-roh nenek moyang sangat aktif.

Lalu Benteng Vredeburg, yang terletak tidak jauh dari Jalan Malioboro, konon dihantui oleh hantu wanita Belanda yang sedang menunggang kuda dan sekelompok tentara tanpa kepala. Para pengunjung benteng melaporkan melihat sosok-sosok gaib ini berbaris di area benteng pada malam hari.

Gunung Merapi, sebuah gunung berapi aktif yang terletak di dekat Yogyakarta, juga memiliki makna mistis. Menurut legenda setempat, ada pasar gaib di lereng gunung berapi, di mana transaksi jual beli dilakukan bukan oleh manusia, melainkan oleh makhluk gaib.

Ada pula Jembatan Plunyon Kalikuning, yang dulunya merupakan tempat wisata alam yang indah, kini menjadi tujuan wisata berhantu di Yogyakarta. Konon, tempat ini menjadi rumah bagi berbagai macam hantu dan makhluk gaib lainnya, termasuk yang digambarkan dalam film horor ‘KKN di Desa Penari’. Jadi, sudah masuk bucket list kamu sebagai pencinta horor belum nih?

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar