Jam Kerja dan Waktu Libur

Jam kerja dan waktu libur di Indonesia

Saat menikmati momen travelling yang berjarak jauh dari rumah, tidak jarang keperluan mendesak untuk pergi ke bank, kantor pos, atau toko pasti muncul di waktu tertentu. Mungkin pada awalnya Sobat Pesona sedikit kebingungan karena jam kerja yang berlaku di negara asal berbeda dengan di Indonesia, untuk mengatasinya panduan singkat berikut bisa membantu. Perlu diingat, bahwa penjelasan ini hanya perkiraan secara umum, sebab setiap kantor dan bisnis memiliki jam operasional yang sedikit berbeda tergantung pada bidangnya masing-masing. Jadi pastikan Sobat Pesona memeriksa situs web tempat yang ingin dituju untuk memastikan informasi yang akurat. 

Kapan jam operasional dimulai di Indonesia?

Rata-rata berbagai tempat di Indonesia mulai beroperasi pukul 10 pagi, jadi Sobat Pesona bisa memulai aktivitas atau mengurus sesuatu pada jam tersebut. Tidak perlu khawatir mengenai urusan perut, sebab untuk restoran dan kafe, akan selalu ada tempat yang beroperasi secara 24 jam atau buka di waktu yang lebih pagi.

general information

Apa saja hari libur nasional di Indonesia?

Pada hari libur nasional, terdapat beberapa kantor dan toko di Indonesia yang juga tutup dan tidak beroperasi. Momen liburan seperti ini biasanya dimanfaatkan untuk menikmati waktu bersama keluarga dan istirahat di rumah. Namun ada juga kemungkinan mal dan toko akan ramai, terlebih saat hari libur nasional jatuh pada waktu akhir pekan yang panjang. Hari libur nasional di Indonesia dimulai dari perhelatan Tahun Baru pada tanggal 1 Januari, liburan ini hanya berlangsung selama satu hari. Hari libur nasional berikutnya adalah Tahun Baru Imlek yang akan jatuh pada bulan Januari atau Februari. Pada tanggal 1 Mei, Indonesia memperingati Hari Buruh dan termasuk ke dalam hari libur nasional, biasanya pada momentum ini para pekerja melakukan aksi di jalan-jalan raya untuk meminta kelayakan kerja dan upah yang lebih baik. Kemudian, pada tanggal 1 Juni, Indonesia merayakan kelahiran Pancasila, yang merupakan teori filosofis dasar kebangsaan. Indonesia juga merayakan Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus yang diadakan secara meriah. Momen liburan ini dirayakan oleh seluruh masyarakat dengan mengadakan berbagai lomba seru dan permainan tradisional unik seperti balap karung, panjat pinang, tarik tambang, dan lain sebagainya. Selain itu, suasana di berbagai wilayah akan dipenuhi dengan aksesori bendera merah putih, Sobat Pesona bisa ikut bergabung dan menikmati keseruannya yang sangat menyenangkan. 

Bagaimana dengan hari besar keagamaan yang dirayakan di Indonesia? 

Indonesia mengakui banyak agama serta libur nasional untuk merayakan hari kebesaran masing-masing agama. Sebagai negara mayoritas Muslim, hari libur yang paling meriah dirayakan adalah Idul Fitri dan Idul Adha. Setiap tahunnya hari besar tersebut jatuh ditanggal yang berbeda dan diamati sesuai kalender Islam. Pada Hari Raya Idul Fitri, waktu liburan biasanya akan diperpanjang selama sekitar 7 hingga 10 hari cuti bersama untuk hari libur nasional. Hal ini dikarenakan masyarakat umumnya berkumpul bersama sanak saudara dan keluarga besar di kampung halaman. Penting juga untuk dicatat, bahwa sebelum Hari Raya Idul Fitri masyarakat Muslim Indonesia menjalani momen Ramadhan dimana semua umat Muslim berpuasa dari fajar hingga senja. Selama Ramadhan, banyak restoran dan warung makan yang tutup sebagai bentuk toleransi orang-orang yang berpuasa. Namun, ada pula sebagian besar restoran cepat saji atau restoran besar yang masih buka, tetapi biasanya terdapat tirai penutup agar tetap saling menghormati. 

Cuti kolektif juga diputuskan untuk Natal pada tanggal 25 Desember, tetapi dengan waktu yang lebih singkat dari momen Idul Fitri. Terkadang berbagai bisnis memutuskan untuk mengumumkan liburan hingga Tahun Baru. Hari libur penting lainnya adalah Hari Raya Nyepi yang jatuh sekitar bulan Maret atau April dan diperingati setiap Isakawarsa sesuai kalender Bali, momen ini merupakan perayaan Hindu terbesar terutama di wilayah Bali. Sangat penting bagi turis untuk memperhatikan waktu kunjungan saat Hari Raya Nyepi, sebab bandara dan seluruh wilayah Bali akan ditutup selama 24 jam. Selain itu, masyarakat Hindu juga akan mematikan listrik, tidak menggunakan ponsel, dan tidak akan berjalan-jalan karena mendedikasikan diri untuk diam selama satu hari penuh. Ketika Sobat Pesona travelling di hari besar ini, tentu akan menjadi pengalaman unik untuk mengenal lebih jauh tentang budaya Bali.

Hari besar keagamaan lainnya yang juga diperingati di Indonesia antara lain :

  • Jumat Agung jatuh pada bulan Maret atau April
  • Kenaikan Yesus Kristus biasanya sekitar Mei atau Juni
  • Hari Kelahiran Buddha juga sekitar bulan Mei atau Juni
  • Tahun Baru Islam berbeda sesuai dengan Kalender Islam pada Muharram ke-1. (Beberapa tahun terakhir ini sudah sekitar Bulan September dan Oktober)
  • Kelahiran Nabi jatuh pada Rabi’al-awwal ke-12 dalam Kalender Islam (Sekitar Oktober)
  • Kenaikan Nabi juga merupakan hari libur nasional, tetapi berbeda setiap tahunnya karena ditentukan berdasarkan Kalender Islam.

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar