Jarang Diketahui, Ini Dia 5 Manfaat Daun Manggis Untuk kesehatan

Manggis (Garcinia mangostana L.) dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Mulai dari buah, kulit, hingga daunnya mengandung banyak vitamin, mineral, dan zat alami yang berguna bagi tubuh. Namun kebanyakan orang hanya memanfaatkan buah dan kulit manggis. Daun manggis belum banyak digunakan sebagai bahan obat tradisional. Padahal daun manggis punya manfaat yang tak kalah baik. Simak deretan manfaat daun manggis bagi kesehatan berikut.

1. Mengatasi diare

Cara mengatasi diare tidak hanya menggunakan obat–obat kimia, tetapi juga obat tradisional yang telah digunakan masyarakat berdasarkan pengalaman. Contoh tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi diare adalah manggis . Seluruh bagian manggis seperti kulit batang, kulit buah dan daunnya yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Dilansir dari artikel Seminar Nasional Farmasi 2019 berjudul Efektifitas Ekstrak Daun Manggis sebagai Antidiare karya Sari, F., Hesturini, R. J., dan Azhar, Institut Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, daun manggis memiliki aktivitas sebagai antibakteri pada Micrococcus luteus dan Escherecia coli yang merupakan bakteri penyebab diare.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Air rebusan daun manggis yang rutin dikonsumsi, dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Pada sebagian kasus, tekanan darah tinggi bisa terjadi karena adanya penyumbatan di dalam pembuluh darah. Penyumbatan ini biasanya karena ada lemak yang menghalangi arus darah.

 

Anda dapat mengobatinya dengan menggunakan air rebusan daun manggis. Hal ini bisa dilakukan, karena lemak yang ada di pembuluh darah bisa melunak, sehingga aliran darah akan kembali lancar.

3. Menurunkan berat badan

Daun manggis yang dapat dikonsumsi dengan cara direbus, memiliki kandungan yang juga baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan dalam air rebusan daun manggis juga bisa menurunkan berat badan. Hal tersebut karena dalam rebusan daun manggis, terdapat sebuah zat yang mampu meluruhkan lemak dalam tubuh dan mampu mengurangi lemak jahat yang berpotensi menjadi kolesterol.

4. Mencegah diabetes

Dilansir dari Pharmeasy, daun manggis memiliki ekstrak antioksidan dan antidiabestes yang kuat. Adanya ekstrak tersebut mungkin menunjukkan fungsi pelindung ginjal dan hati sesuai penelitian pada hewan. Mengonsumsi daun manggis secara tradisional menunjukkan bahwa ekstraknya mungkin efektif pada manusia untuk mengatasi luka diabetes.

5. Mencegah kanker

Daun manggis memiliki manfaat untuk respon imun dan potensi aktivitas antikanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ini dapat membantu melawan berbagai jenis sel kanker pada hewan. Kandungan ini juga dapat menurunkan pertumbuhan dan volume tumor serta penyebaran kanker pada manusia.

 

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar