Jarang Dikunjungi, Ini 3 Surga Tersembunyi di Indonesia

Indonesia terkenal dengan keindahan alam yang dapat memanjakan mata para pengunjungnya, mulai dari pantai, gunung, danau, dan lainnya. Masyarakat dalam negeri hingga luar negeri tertarik untuk menjelajahi keindahan alam di Indonesia.

Sumber: Unsplash/iniizah© Disediakan oleh Kumparan

Banyak destinasi wisata alam di Indonesia yang terkenal dan sering dikunjungi oleh para pecinta alam, seperti Kawah Ijen, Gunung Bromo, dan Labuan Bajo. Namun, sebenarnya masih banyak sekali tempat-tempat di Indonesia dengan keindahan alam yang luar biasa tetapi jarang diketahui banyak orang atau bisa disebut surga tersembunyi di Indonesia.

Ingin tahu apa saja? Simak ulasan berikut ya!

1. Pulau Siladen, Sulawesi Utara

Bagi kalian yang suka snorkeling, diving, atau sekadar menikmati ketenangan, kalian harus coba pergi ke Pulau Siladen. Pulau Siladen masih termasuk ke dalam salah satu pulau di Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara. Untuk sampai ke pulau ini, kalian hanya membutuhkan waktu 45 menit dari dermaga kota Manado dengan menggunakan kapal.

Ilustrasi wisatawan yang sedang snorkeling

Pulau ini menyediakan beberapa penginapan yang dapat digunakan bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu di Pulau Siladen lebih dari satu hari. Dengan menginap di pulau ini, kalian dapat menikmati pemandangan sunset yang sangat indah.

2. Pulau Maratua, Kalimantan

Siapa yang pengen ke Maldives? Sebelum ke Maldives, kalian dapat mengunjungi Maldivesnya Indonesia dulu nih!

Pulau Maratua merupakan pulau yang berdekatan dengan Pulau Derawan yang sama-sama berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Kenapa Pulau Maratua sering disebut sebagai Maldives-nya Indonesia?

Pulau Maratua di Berau, Kalimantan Timur

Karena Pulau Maratua memiliki keindahan bawah laut dan memiliki beberapa penginapan seperti di Pulau Maldives, yaitu resort yang persis berada di atas air laut.

Keindahan bawah laut Pulau Maratua tidak perlu diragukan lagi, karena memiliki jenis terumbu karang yang beragam. Terdapat berbagai jenis ikan, pari manta, dan biota laut lainnya yang dapat memanjakan mata para penyelam. Selain itu, garis Pantai Maratua terkenal sebagai salah satu lokasi penyu hijau yang paling besar di Indonesia bertelur. Maka dari itu, kalian dapat menemui banyak penyu di sana.

3. Telaga Biru Samares, Biak Numfor, Papua

Selain laut dan pantai, ada juga surga tersembunyi di Indonesia lainnya yaitu telaga. Telaga Biru Samares terletak di tengah hutan yang berada di Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Ilustrasi telaga di Biak, Papua

Telaga ini terkenal dengan air berwarna birunya yang sangat jernih hingga pohon, ranting, dan ikan-ikan kecil yang berada di bawah air terlihat jelas dari atas permukaan air. Telaga Biru Samares memiliki kedalaman sekitar 14 meter. Air di telaga ini merupakan air payau, karena lokasinya yang berdekatan dengan pantai, yaitu Pantai Samares.

Kalian bisa berenang, snorkeling, bahkan diving di telaga ini untuk menikmati pemandangan di bawah air dan merasakan kesegaran air di Telaga Biru Samares. Namun, jika ingin menyelam kalian harus berhati-hati karena banyaknya ranting-ranting yang bisa saja mengenai bagian tubuh kalian.

Nah, itu dia beberapa surga tersembunyi di Indonesia. Kira-kira surga tersembunyi mana nih yang membuat kalian tertarik? Kalau berkunjung, jangan lupa untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan ya!

Sumber: kumparan

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar